Seorang Balita Berusia Satu Tahun di Kota Malang Positif COVID-19

Belum diketahui dari mana sumber penularan

Malang, IDN Times - Seorang balita berusia satu tahun di Kota Malang dipastikan positif COVID-19. Belum diketahui dari mana balita tersebut terinfeksi virus corona. Sebelumnya balita bersangkutan sempat menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) setelah mengalami gejala klinis pneumonia. 

1. Tak punya riwayat bepergian ke luar kota

Seorang Balita Berusia Satu Tahun di Kota Malang Positif COVID-19Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Saat dikonfirmasi, Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto menjelaskan, belum diketahui darimana balita itu terpapar virus corona. Tak ada riwayat perjalanan dari luar kota yang terekam. Saat ini proses tracing sedang dilakukan oleh tim Satgas COVID-19 Kota Malang. Namun ada dugaan, pasien bersangkutan terpapar dari transmisi lokal. 

"Bisa jadi memang dari transmisi lokal. Saat ini sedang tahap tracing dan observasi dari tim Satgas COVID-19," kata Nur Widianto, Minggu malam (26/4).

2. Jalani isolasi mandiri

Seorang Balita Berusia Satu Tahun di Kota Malang Positif COVID-19Ilustrasi. IDN Times/Wira Sanjiwani

Saat ini kondisi balita tersebut dalam keadaan baik. Gejala klinis yang sempat dialami oleh balita itu sudah mulai berkurang. Balita tersebut kini menjalani perawatan mandiri di rumah. Nur Widianto mengakui bahwa tim Satgas COVID-19 Kota Malang mengalami kesulitan dalam proses tracing

"Kekhawatiran yang muncul balita ini terpapar dari orang tanpa gejala (OTG). Terus terang ini memang agak kesulitan proses tracing-nya," imbuhnya. 

Baca Juga: Tertular Pasien, Tenaga Kesehatan di Kota Malang Positif COVID-19

3. Anggota keluarga tak ada yang ODP

Seorang Balita Berusia Satu Tahun di Kota Malang Positif COVID-19IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Berdasar penelusuran tim Satgas COVID-19 Kota Malang, belum ditemukan adanya anggota keluarga dari balita bersangkutan yang dikategorikan orang dalam pantauan (ODP). Balita itu juga tak memiliki hubungan kekerabatan dengan pasien positif lain di Kota Malang. Kini perkembangan kondisi kesehatan dari pasien bersangkutan terus dipantau. 

"Tidak ada hubungan kekerabatan dengan pasien yang sebelumnya positif," sambungnya. 

4. Total ada 14 kasus positif COVID-19 di Kota Malang

Seorang Balita Berusia Satu Tahun di Kota Malang Positif COVID-19Data sebaran terbaru kasus COVID-19 di Kota Malang. Dok/ Humas Pemkot Malang

Tambahan satu pasien positif COVID-19 membuat total ada 14 kasus di Kota Malang. Delapan di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan enam dalam perawatan. Sementara untuk total pasien dalam pengawasan (PDP) ada 155 orang. Rincianya 92 dalam perawatan, 54 sembuh dan 9 meninggal dunia. Orang dalam pengawasan (ODP) berjumlah 672, orang dengan resiko (ODR) 1909 dan orang tanpa gejala sebanyak 166 orang. 

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 di Malang Raya Kembali Bertambah

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya