Sudah 4 Hari, ABK yang Terjatuh di Perairan Banyuwangi Belum Ketemu

Area pencarian sudah diperluas

Banyuwangi, IDN Times – Sudah empat hari tim SAR melakukan proses pencarian terhadap Casmundi (28), salah satu ABK kapal Indo Jaya dilaporkan hilang di perairan Banyuwangi, Jawa Timur. Hingga hari ini, tim SAR masih mendapatkan hasil nihil.

Baca Juga: Geber Gas Motor, 2 Pemuda di Banyuwangi Diamuk Massa

1. Dilaporkan sejak hari Minggu lalu

Sudah 4 Hari, ABK yang Terjatuh di Perairan Banyuwangi Belum KetemuIlustrasi kapal tenggelam. (IDN Times/ Agung Sedana)

Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi, menyatakan operasi pencarian sudah dilakukan sejak Minggu (3/9) lalu. Hingga kini, proses pencarian masih berlangsung dan belum membuahkan hasil. Wahyu merinci, dalam proses pencarian melibatkan 24 personel gabungan yang dibagi menjadi dua tim.

"Masih nihil. Sama dengan yang sebelumnya, pencarian hari ini kita bagi dua search and rescue unit (SRU), seluruhnya melakukan penyisiran di laut," kata Wahyu kepada IDN Times, Rabu (6/9/2023).

2. Perairan yang diwaspadai

Sudah 4 Hari, ABK yang Terjatuh di Perairan Banyuwangi Belum KetemuIlustrasi tenggelam. (IDN Times/ Agung Sedana)

Menurut Wahyu, kronologi kejadian bermula saat korban bersama kru kapal lainnya sedang melintasi Selat Bali dan berniat untuk menurunkan jangkar pada Sabtu (2/9). Korban diketahui sedang bertugas di bagian tersebut lalu kemudian terjatuh ke laut.

Menurut Wahyu, kondisi perairan Banyuwangi khususnya di sekitar Selat Bali memang cukup berbahaya. Wahyu menyebut, meskipun di permukaan seperti datar namun perairan ini memiliki arus bawah laut yang diwaspadai bahkan untuk kapal selam sekalipun.

"Kemungkinan besar terpeleset dan terjatuh. Dengan kondisi perairan menyebabkan korban terseret arus," jelasnya.

3. Tak butuh waktu lama, korban langsung hilang

Sudah 4 Hari, ABK yang Terjatuh di Perairan Banyuwangi Belum KetemuIlustrasi tenggelam/terseret arus/tsunami. (IDN Times/ Agung Sedana)

Salah satu, rekan korban yang mengetahui Casmundi terjatuh kemudian berteriak minta bantuan kepada ABK kapal lainnya. Beberapa orang sudah berupaya memberikan pertolongan dengan menceburkan diri ke laut. Namun, tubuh korban sudah tidak ditemukan dalam waktu sesingkat itu. Kemudian, mereka langsung bergegas menuju daratan untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polair Polresta Banyuwangi.

"Pencarian merak tidak ada hasil, akhirnya mereka lapor ke Polair. Selanjutnya, Polair meneruskan informasi ke kami, sehingga kami langsung menindaklanjutinya dengan menerjunkan tim ke lokasi," sambung dia.

Baca Juga: Nelayan Banyuwangi Dihantam Ombak, 4 Tewas dan 3 Hilang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya