Nelayan Banyuwangi Dihantam Ombak, 4 Tewas dan 3 Hilang

Kawasan Plewangan memang terkenal keganasan ombaknya

Banyuwangi, IDN Times - Sebuah kapal nelayan dilaporkan mengalami kecelakaan di kawasan pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Kapal Mekar Jaya yang sedang mengangkut 27 orang dihantam gelombang tinggi pada Selasa (5/9/2023) tengah malam.

1. Dihantam ombak dahsyat, kapal terbalik

Nelayan Banyuwangi Dihantam Ombak, 4 Tewas dan 3 HilangIlustrasi kapal tenggelam. (IDN Times/ Agung Sedana)

Menurut keterangan Kapolsek Purwoharjo, AKP Budi Hermawan, nahas kapal tersebut terjadi sekitar pukul 23:45 WIB. Saat itu Kapal Mekar Jaya sedang perjalanan sandar ke Pelabuhan Gerajagan. Namun tiba-tiba saja ombak besar terjadi dan menghempaskan kapal tersebut hingga terbalik.

Akibatnya, 4 orang dilaporkan tewas sementara 3 orang masih dalam proses pencarian. Sedangkan 20 orang lainnya sudah berhasil dievakuasi dengan selamat.

"Kejadiannya kemarin malam. Ada kapal nelayan saat masuk ke kawasan perairan Plawangan, kapal dihantam ombak dan terbalik," kata Budi, Rabu (6/9/2023).

Baca Juga: Kapal Nelayan Karam di Banyuwangi, 1 Orang Tewas saat Berenang

2. Pencarian dilakukan

Nelayan Banyuwangi Dihantam Ombak, 4 Tewas dan 3 HilangIlustrasi tenggelam. (IDN Times/ Agung Sedana)

Budi merinci, kapal nahas tersebut dinahkodai oleh Sukar (65) yang merupakan warga Desa Karetan, kecamatan setempat. Saat ini, pihak kepolisian bersama tim SAR sedang berada di lokasi untuk melakukan pencarian terhadap korban hilang.

"Masih dalam pencarian. Nahkoda bernama Sukar merupakan daftar korban meninggal dalam insiden tersebut," jelasnya.

3. Daftar korban hilang dan tewas

Nelayan Banyuwangi Dihantam Ombak, 4 Tewas dan 3 HilangIlustrasi nelayan/mencari ikan. (IDN Times/ Agung Sedana)

Budi merinci, adapaun identitas dari para korban meninggal lainnya yakni, Marno (60) warga Tembokrejo, Muncar, Toso (55) warga Kebaman Srono, dan Wakik (35) warga Jember. Sementara untuk identitas 3 korban masih dalam pencarian adalah Tolib (55), warga Bojonegoro, Dorik (60) warga Cluring, dan To (30) warga Purwoharjo.

"Korban meninggal sudah dibawa ke rumah duka untuk dilakukan pemakaman. Untuk hasil pencarian nanti kita kabari lagi. Mohon doanya," sambungnya.

Baca Juga: Nelayan Absen Melaut, Harga Ikan di Banyuwangi Melambung

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya