Penyuplai Paket Obat-obatan Terlarang di Rutan Situbondo Terungkap

Petugas juga sudah mendata siapa yang memesannya

Situbondo, IDN Times – Diberitakan sebelumnya, seseorang tak dikenal berbaju hitam menggunakan motor Honda Scoopy tertangkap kamera CCTV melemparkan sebuah bungkusan hitam ke dalam Rutan Kelas IIB Situbondo, Jawa Timur. Setelah dilakukan pemeriksaan, bungkusan tersebut ternyata berisi ratusan butir obat-obatan terlarang. Terbaru, petugas telah mengetahui siapa tahanan yang memesan paket tersebut sekaligus siapa identitas pengirim paket tersebut.

1. Pelaku dalam proses pengejaran

Penyuplai Paket Obat-obatan Terlarang di Rutan Situbondo TerungkapPetugas Rutan Situbondo menemukan paket pil koplo terbungkus rapi. (Humas Rutan Situbondo)

Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo Rudi Kristiawan menyebut, identitas pemesan paket obat terlarang tersebut terungkap setelah petugas melakukan penggeledahan di seluruh kamar tahanan. Setelah identitas mereka dikantongi, penyelidikan berlanjut hingga berhasil mengorek keterangan terkait identitas penyuplai.

"Kami juga mengantongi identitas terduga pelaku yang melempar ratusan butir pil dobel L tersebut, selanjutnya pelaku juga akan ditangkap untuk diperiksa," ujar Rudi Kristiawan kepada wartawan, Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Terekam CCTV Pria Lempar Paket Pil Koplo di Rutan Situbondo

2. Lima penghuni rutan terindikasi penyelundupan

Penyuplai Paket Obat-obatan Terlarang di Rutan Situbondo TerungkapIlustrasi narkoba/narkotika. (IDN Times/ Agung Sedana)

Menurut Rudi, sedikitnya ada lima orang warga rutan yang terlibat upaya penyelundupan obat-obatan terlarang tersebut. Setelah menjalani pemeriksaan, mereka kedapatan memesan pil tersebut dengan modus melempar ke dalam kawasan rutan. Rencananya, setelah paket tersebut diterima, mereka akan menggunakannya atau bahkan menjual ke tahanan lainnya.

“Ada lima orang WBP yang diduga kuat memesan pil tersebut, mereka meminta seseorang melempar ke Branggang Rutan,” sambung Rudi

3. Penyelidikan lebih lanjut dilakukan

Penyuplai Paket Obat-obatan Terlarang di Rutan Situbondo TerungkapIlustrasi pemeriksaan/penyelidikan. (IDN Times/ Agung Sedana)

Rudi mengatakan, meski identitas pemesan sudah diketahui, namun lima orang tersebut belum ditetapkan sebagai tersangka. Mengingat kasus ini juga masih dalam penyelidikan polisi. Demi mengungkap kasus peredaan obat terlarang ini hingga ke akar-akarnya, ia menolak untuk membeberkan indentitas para terduga secara gamblang.

"Kita tunggu hasil dari penyidikan, kalau statusnya sudah ditetapkan sebagai tersangka, nanti akan kita umumkan secara terbuka," pungkasnya.

Baca Juga: Sejarah Kelam di Balik Monumen 1000 Km Anyer Panarukan Situbondo

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya