Kontestan Pileg Banyuwangi Berkurang, Puluhan Nama Calon Dicoret

Ada yang bilang mereka tidak niat nyalon

Banyuwangi, IDN Times – Puluhan bakal calon legislatif pada Pemilu 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur, dipastikan berkurang. Puluhan bakal caleg tersebut dicoret dari daftar KPU Banyuwangi lantaran tidak memenuhi persyaratan.

1. Ada 38 bakal calon yang gugur sebelum kontes dimulai

Kontestan Pileg Banyuwangi Berkurang, Puluhan Nama Calon DicoretIlustrasi kampanye. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banyuwangi, Ari Mustofa menyatakan, ada sebanyak 38 nama bakal caleg yang tidak lolos tahapan perbaikan berkas. Pada penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), 38 orang tersebut dipastikan tidak akan mengikuti kontestasi Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.

"Jumlahnya menyusut menjadi 740 orang. Beberapa tidak melakukan perbaikan berkas setelah jeda verifikasi administrasi beberapa waktu lalu," kata Ari, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Pileg 2024 Banyuwangi, Anak Muda Bukan Sekadar Aksesoris Politik

2. Sudah diberikan waktu perbaikan, tapi diabaikan

Kontestan Pileg Banyuwangi Berkurang, Puluhan Nama Calon DicoretIlustrasi kampanye. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Ari menyebut, KPU telah memberikan batas waktu untuk seluruh partai agar melakukan perbaikan berkas. Bagi bakal calon yang sebelumnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), KPU memberikan kesempatan untuk perbaikan. Namun hingga batas waktu terakhir pada tanggal 11 Agustus 2023 lalu, puluhan nama yang dimaksud tidak juga menyodorkan berkas perbaikan.

Menurut Ari, pada masa perbaikan tersebut, partai politik masih bisa melakukan sejumlah perubahan. Mulai dari perubahan nomor urut, mengganti bakal calonnya, termasuk pindah Daerah Pemilihan atau Dapil. "Sudah kita berikan waktu untuk melengkapi, namun hingga waktu berakhir tidak semuanya berkas perbaikan masuk. Saat ini kita masih lakukan vermin lanjutan," jelasnya.

3. Bacaleg yang dicoret bisa bertambah

Kontestan Pileg Banyuwangi Berkurang, Puluhan Nama Calon DicoretIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari 740 bakal caleg yang tersisa saat ini, KPU Banyuwangi akan kembali melakukan pencermatan lebih ketat. Sehingga memungkinkan daftar nama bakal calon kontestan Pemilu 2024 di Banyuwangi bisa berkurang lagi.

Ari menyatakan, KPU akan mengumumkan secara komplit daftar calon sementara yang sudah diformulakan dari setiap partai. Sesuai jadwal, KPU Banyuwangi akan mengumumkan pada 19 Agustus mendatang.

"Akan kita umumkan pada hari Sabtu 19 Agustus mendatang. Siapa saja nama-nama yang masuk akan kita cantumkan," cetus Ari.

Untuk diketahui, berdasarkan verifikasi administarasi beberapa waktu lalu, KPU Banyuwangi menyatakan sebanyak 600 bakal calon yang lolos vermin. Dari 778 pendaftar, sebanyak 178 calon tidak memenuhi syarat atau TMS.

Selanjutnya selama masa perbaikan, rupanya tidak semua partai menyerahkan berkas hasil perbaikan calonnya yang sebelumnya dinyatakan TMS. Sehingga pada saat ini, dari total 778, hanya 740 bakal calon saja yang masih lanjut ke tahapan verifikasi susulan atau berkurang sebanyak 38 nama. Besar kemungkinan, setelah proses verifikasi lanjutan masih ada nama yang tercoret lagi. "Potensi nama yang mungkin berkurang lagi masih ada sebelum nanti ditetapkan sebagai daftar calon sementara atau DCS," kata Ari kepada IDN Times.

Baca Juga: Lomba Gerak Jalan Agustusan di Banyuwangi Ricuh

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya