Kebakaran Nyaris Hanguskan Wisata Akbar Zoo Banyuwangi 

Pegawai dan pengunjung sempat panik

Banyuwangi, IDN Times - Akbar Zoo, objek wisata keluarga di Desa Paspan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, dilaporkan mengalami kebakaran, Sabtu (7/10/2023). Sumber api yang muncul pertama kali di atap nyaris menghanguskan bangunan sebuah resto utama di lokasi tersebut.

1. Asap mengepul tinggi

Kebakaran Nyaris Hanguskan Wisata Akbar Zoo Banyuwangi Ilustrasi kebakaran. (IDN Times/ Agung Sedana)

Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Damkar Banyuwangi, Salam Bikwanto, membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran tersebut. Dia menyebut, kepulan asap pertama kali diketahui sekitar pukul 08.50 WIB yang berada di atap resto.

"Laporan yang kami terima sekitar pukul 08.0 WIB. Mendapati laporan dan melihat gambaran laporan, dua unit kendaraan bersama petugas langsung menuju lokasi," kata Salam kepada IDN Times.

Baca Juga: Ke Banyuwangi, Sekjen Gerindra Bocorkan Kriteria Cawapres Prabowo

2. Api sulit dijangkau pemadaman manual

Kebakaran Nyaris Hanguskan Wisata Akbar Zoo Banyuwangi Ilustrasi api. (IDN Times/ Agung Sedana)

Salam mengatakan, sebelum petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi, para pekerja di Akbar Zoo tidak dapat berbuat banyak. Sumber api yang sulit terjangkau membuat para pekerja kesulitan melakukan pemadaman secara manual.

"Petugas langsung melakukan pemadaman. Api baru padam sekira pukul sekira pukul 09.30 WIB," kata Salam.

3. Polisi masih selidiki penyebabnya

Kebakaran Nyaris Hanguskan Wisata Akbar Zoo Banyuwangi Ilustrasi pemeriksaan/penyelidikan. (IDN Times/ Agung Sedana)

Terkait penyebab kebakaran, Salam belum dapat menyimpulkan secara pasti. Dugaan sementara, api muncul karena adanya pemanasan di bagian atap ysng kemudian memicu korsleting. Untuk memastikan hal tersebut, pihak kepolisian yang datang masih melakukan olah TKP dan serangkaian penyelidikan.

Meskipun tidak ada korban jiwa, peristiwa kebakaran tersebut sempat membuat pegawai dan pengunjung panik. Sementara untuk kerugian, pihak pengelola Akbar Zoo masih melakukan kalkulasi secara mendetil.

"Diduga kebakaran akibat atap yang mengalami pemanasan dan menyebabkan terjadinya percikan api. Untuk berapa potensi kerugian masih ditaksir oleh pengelola," cetusnya.

Baca Juga: Kata Polisi Minim Bukti, Pemerkosa Siswi di Banyuwangi Belum Ditangkap

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya