Direnovasi, PT Waskita Karya Janjikan Kanjuruhan Lebih Futuristik

Begini penjelasan progres renovasi Kanjuruhan

Malang, IDN Times - PT Waskita Karya (Persero) dan PT Brantas Abipraya (Persero) telah memulai proses renovasi Stadion Kanjuruhan. Proses renovasi dilakukan pertama kali di sekitar pintu 13 dengan membongkar beberapa ruko. Renovasi Stadion Kanjuruhan dikabarkan akan dilakukan secara masif sehingga sebagian besar wajah stadion ini akan berubah. Beberapa fasilitas rencananya dibuat lebih nyaman dan ramah pada penonton nantinya.

1. PT Waskita Karya mengatakan jika Stadion Kanjuruhan akan diubah menjadi lebih futuristik

Direnovasi, PT Waskita Karya Janjikan Kanjuruhan Lebih FuturistikProject Manager PT Waskita Karya, Vino Pramudya. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Project Manager PT Waskita Karya, Vino Pramudya mengatakan jika desain Stadion Kanjuruhan akan membuat stadion yang menjadi markas Arema FC ini menjadi lebih futuristik dan ramah penonton. Ia mencontohkan tangga menuju tribun yang terlalu curam akan diubah menjadi lebih landai.

"Kalau untuk atap tribun, memang sesuai desain dari konsultan perencana memang hanya akan dipasang di tribun barat saja. Atap yang sekarang akan kami bongkar dan diganti dengan yang baru," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (21/9/2023).

Vino menjelaskan memang ada beberapa perubahan pada detail Stadion Kanjuruhan. Namun, ia belum bisa menjelaskan satu persatu karena masih akan melakukan konsultasi dengan konsultan perencana yang membuat desain baru Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Laporan Model B Kanjuruhan Pupus, Devi Athok: Kami Dizalimi

2. Direnovasi secara masif, wajah Stadion Kanjuruhan akan berubah

Direnovasi, PT Waskita Karya Janjikan Kanjuruhan Lebih FuturistikPenampakan proses renovasi Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Vino juga menjelaskan jika renovasi Stadion Kanjuruhan akan dilakukan secara masif. Perubahan akan dilakukan mulai dari sistem sampai fungsional bangunan. Sehingga ia tidak heran jika nantinya masyarakat Kabupaten Malang akan pangling dengan wajah Stadion Kanjuruhan yang baru nantinya.

Oleh karena itu, renovasi Stadion Kanjuruhan akan memerlukan alat-alat berat. Namun saat ini mereka masih melakukan renovasi ringan, sehingga kedatangan alat-alat berat akan menyusul nantinya.

"Saat ini kita masih melakukan proses mobilisasi dulu, jadi kita menggunakan alat yang ada dulu. Tapi saat penggantian atap kita butuh alat berat seperti mobile crane," jelasnya.

3. PT Waskita Karya belum melakukan perubahan pada bagian dalam Stadion Kanjuruhan

Direnovasi, PT Waskita Karya Janjikan Kanjuruhan Lebih FuturistikKondisi lapangan Stadion Kanjuruhan yang tidak terurus lagi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lebih lanjut, Vino mengatakan jika saat ini bagian dalam Stadion Kanjuruhan belum disentuh oleh para pekerja. Saat ini kondisi bagian dalam stadion masih sama seperti sebelumnya.

"Untuk bagian dalam stadion kami baru melakukan clearing, tapi di area gate 13 kami lakukan blok. Karena di area gate 13 kami masih menunggu pematangan desain untuk monumen," jelasnya.

Baca Juga: Keluarga Korban Ratapi Stadion Kanjuruhan yang Mulai Dibongkar

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya