Atasi Kemacetan, Bakal Ada Jalan Tol Alternatif Probolinggo-Lumajang 

Atasi Kemacetan dan kuatkan kunjungan wisata ke Semeru

Jember, IDN Times - Jalur rawan macet antara Kota Probolinggo- Lumajang bakal disiasati dengan pembuatan jalur cabang dari proyek Tol Trans Jawa. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menjelaskan, proyek jalan Tol Trans Jawa, khususnya di jalur Probolinggo- Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bakal diberi cabang baru atau jalur alternatif antara Probolinggo menuju Lumajang.

"Dari jalan tol yang ke arah Banyuwangi, dari Probolinggo juga bercabang ke Lumajang," kata Bambang saat meninjau Universitas Jember, Rabu sore (31/7).

1. Untuk atasi kemacetan

Atasi Kemacetan, Bakal Ada Jalan Tol Alternatif Probolinggo-Lumajang IDN Times/Hana Adi Perdana

 

Pembuatan jalur alternatif di jalan Tol ini, kata Bambang perlu dipikirkan untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi di jalan provinsi antara Probolinggo-Lumajang.

"Untuk kemacetan, solusinya dengan jalan tol di Probolinggo-Lumajang. Kan sekarang sudah ada jalan, nah ini dipikirkan jalan tol Probolinggo -Lumajang," ujarnya.

2. Sedang dalam proses kajian

Atasi Kemacetan, Bakal Ada Jalan Tol Alternatif Probolinggo-Lumajang IDN Times/Teatrika Handiko Putri

 

Namun, saat ini, jalan tol Probolinggo-Lumajang yang direncanakan bakal dibangun, sedang dilakukan proses kajian untuk mengetahui kebutuhannya.

"Targetnya juga tahun 2020, tapi sekarang sedang diteliti untuk mengetahui kebutuhannya," jelasnya.

Baca Juga: JLLB Surabaya, Jalan Raya, Sirkuit, Sekaligus Landasan Pesawat

3. Juga untuk menguatkan sektor wisata di Lumajang

Atasi Kemacetan, Bakal Ada Jalan Tol Alternatif Probolinggo-Lumajang pixabay/fajaraddana91

Gagasan tersebut, bermula saat Bambang bertemu dengan Bupati Lumajang beberapa waktu lalu. Pihaknya juga berbicara bagaiamana memperkuat kunjungan destinasi wisata di Lumajang.

"Dengan bupati di Lumajang kita bicara mengenai penanganan di kaki Gunung Semeru, Ranu pane, Ranu Kumbolo. Bagaimana mengembangkan destinasi wisata di Lumajang," jelasnya.

Baca Juga: Latihan Akhir, Pesawat Tempur TNI Serang AWR Pandan Wangi Lumajang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya