Saran Pakar Kedokteran Hewan Unair Agar Antraks Tak Mewabah

Tingkatkan edukasi dan vaksinasi

Surabaya, IDN Times - Kasus virus Antraks di Gunungkidul baru-baru ini memunculkan keprihatinan banyak pihak. Pakar Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (UNAIR), Dr Nusdianto Triakoso MP menyarankan agar pemerintah dapat meningkatkan edukasi mengenai penyebaran antraks dan melakukan vaksinasi kepada hewan.

1. Penjelasan Antraks dan saran kepada pemerintah

Saran Pakar Kedokteran Hewan Unair Agar Antraks Tak Mewabahsurat yang diduga terpapar antraks (dok. fbi.gov)

Nusdianto menjelaskan, Penyakit Antraks disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Bakteri ini bisa berubah menjadi bentuk spora bila bertemu dengan udara, dan akan mempunyai ketahanan yang sangat kuat bertahan di lingkungan atau tanah hingga berpuluh tahun. 

"Resistensi ini menyebabkan kawasan yang telah terdeteksi antraks perlu diawasi karena memiliki peluang terjadinya antraks yang lebih tinggi karena ternak terinfeksi dari pakan yang tercemar spora antraks di tanah," ujar Nusdianto.

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR tersebut menyarankan pemerintah dan dinas terkait untuk dapat melacak dan menangani sumber penularan hewan ternak yang terdeteksi antraks. Setelahnya, dinas peternakan dan kesehatan dapat memberikan edukasi utamanya pada tradisi mbrandu, ataupun gejala dan penyembuhan penyakit antraks pada hewan maupun manusia.

"Para peternak harus diingatkan bahwa seluruh hewan ternak yang mati tiba-tiba harus segera dilaporkan. Ternak yang mati tiba-tiba di daerah endemik anthraks juga tidak boleh dibuka atau dibelah. Bangkai ternak yang diidentifikasi antraks harus dikubur minimal kedalaman dua meter dan ditaburi kapur. Harapannya agar bakteri tersebut mati dan tidak muncul ke permukaan tanah dan berpotensi menularkan ke hewan dan atau manusia," terang dia.

Kawasan yang terdeteksi spora antraks harus dihindari agar jangan sampai spora anthraks mencemari pakan yang dikonsumsi hewan ternak. Sebagai langkah pencegahan di daerah endemis, semua ternak yang mati tanpa sebab harus dianggap penderita antraks meski tidak dites secara laboratorium, dan harus dikubur dalam dalam. 

“Hewan tidak boleh dibuka atau dibelah meski untuk tujuan tes laboratorium. Tes laboratorium bisa dilakukan dari sampel darah yang keluar dari lubang-lubang alami tubuh," tambahnya.

Baca Juga: Arielya Maba UNAIR Termuda Berusia 15 Tahun

2. Meningkatkan vaksinasi Antraks

Saran Pakar Kedokteran Hewan Unair Agar Antraks Tak Mewabahilustrasi antraks (pix4free.org/Nick Youngson)

Selain mencegah terinfeksinya hewan ternak, peternak juga sebaiknya meningkatkan kekebalan dengan cara melakukan vaksinasi anthrax. Dengan vaksin tersebut, ternak bisa kebal meskipun sewaktu-waktu memakan pakan yang tercemar spora bakteri antraks. Peternak juga harus sigap melapor kepada petugas bila menemukan ternak yang terlihat sakit.

"Agar bisa segera didiagnosa. Karena bila tidak terlalu parah masih bisa diberikan antibakteri agar sembuh," ungkapnya.

3. Hindari kebiasaan mengkonsumsi daging ternak yang mati karena sakit

Saran Pakar Kedokteran Hewan Unair Agar Antraks Tak MewabahIlustrasi warga menunjukkan luka akibat bakteri antraks, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Menyoal tradisi Mbrandu atau membeli dan memakan ternak mati demi meminimalkan risiko keuangan yang terjadi, Dr Nus menyebutkan bahwa hal tersebut sebagai kebiasaan yang umum ditemukan.

"Kalau di tempat lain biasa disebut dengan dipurak atau pemotongan dan pembagian daging hewan ternak yang hampir atau sudah mati. Tidak semua ternak yang sakit itu positif antraks. Tapi kebiasaan makan ternak mati atau sakit itu buruk. Sebaiknya diedukasi dari berbagai sudut pandang, baik sisi ekonomi, budaya, dan agama, sehingga hewan yang sakit atau sudah mau mati, bahkan sudah dikubur, tidak dipotong, disembelih, dan dikonsumsi," pungkas dia.

Baca Juga: Peneliti UNAIR Temukan Formula Pembuatan Kornea Artifisial

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya