Pekan Depan, 'Indonesia Raya' Berkumandang di Surabaya Tiap Jam 7 Pagi

Yoopo menurutmu rek ?

Surabaya, IDN Times - Mulai pekan depan, lagu Indonesia Raya bakal berkumandang di Kota Surabaya setiap pukul 07.00 WIB. Lagu tersebut akan berkumandang di sekolah-sekolah, Balai Kota Surabaya hingga kantor dinas. 

1. Seluruh aktivitas akan berhenti

Pekan Depan, 'Indonesia Raya' Berkumandang di Surabaya Tiap Jam 7 PagiWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dok. Humas Pemkot Surabaya)

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, ketika lagu tersebut berkumandang, siapapun yang melakukan aktivitas, termasuk pengendara motor diwajibkan untuk berhenti. Mereka diminta untuk, menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

"Jadi aktivitas kita berhenti, di sekitar Balai Kota kalau ada motor dan mobil diberhentikan, kita mengumandangkan dulu Lagu Indonesia Raya, setelah itu kita lewat lagi," ujar Eri, Selasa (14/3/2023). 

2. Lagu diputar untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air

Pekan Depan, 'Indonesia Raya' Berkumandang di Surabaya Tiap Jam 7 PagiTiga stansa lirik Indonesia Raya yang diciptakan W.R. Soepratman (IDN Times/Abraham Herdyanto)

Eri menyebut, diputarnya lagu Indonesia Raya di sekolah dan Balai Kota ini untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Sehingga, akan menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran. 

"Kalau memiliki rasa cinta tanah air, maka memiliki rasa gotong royong. Membakar rasa cinta tanah air dengan lagu kebangsaan kita," ungkap dia.

Menurut Eri, Lagu Indonesia Raya bukan hanya menggugah rasa cinta tanah air, namun juga dapat membuat rasa cinta kepada keluarga. Seperti yang dialami oleh alumni sekolah kebangsaan. 

"Anak-anak ketika kembali ke orang tuanya bisa mengucapkan terima kasih, bisa memeluk seorang ibu sampai menangis, tidak pernah anaknya mengatakan terima kasih kepada orang tua. Karena seringnya diajarkan nilai-nilai kebangsaan," katanya. 

Apalagi, lirik demi lirik Indonesia Raya sangat penuh dengan makna. Lirik itu lah yang harusnya dapat dijiwai oleh masyarakat Surabaya. 

"Bangunlah jiwanya, bangunlah raganya" , bukan hanya jiwanya tapi juga raganya, bukan hanya raganya tapi jiwa batinianya dibangun, ada gotong royong, tolong menolong. Ini yang mau saya ajarkan di Surabaya agar anak-anak yang kelak menjadi pemimpin di Surabaya memilih jiwa kebangsaan yang besar," pungkasnya. 

3. Komisi mendukung, akan buat Raperda pendidikan Pancasila

Pekan Depan, 'Indonesia Raya' Berkumandang di Surabaya Tiap Jam 7 PagiIlustrasi Bendera Merah Putih (IDN Times/Aldila Muharma)

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khatimah mengatakan, mendukung kebijakan tersebut. Lagu Indonesia Raya bisa memupuk rasa nasionalisme.

"Saya mendukung gerakan rutin mengumandangkan lagu Indonesia Raya setiap hari, sebagai upaya gerakan memupuk nasionalisme. Semua pegawai pemkot dan seluruh siswa harus menyukseskan program tersebut. Di Kantor DPRD juga perlu dilakukan hal yang sama," ujar Khusnul. 

Selain mendukung nyanyi bareng Indonesia Raya, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini, juga mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Raperda tersebut sangat penting untuk menguatkan ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kota Surabaya sudah saatnya memiliki raperda tersebut.

"Usulan Raperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini adalah upaya kita untuk menggapai cita-cita bangsa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur," pungkasnya.

Baca Juga: 6 Fakta Sejarah Terciptanya Lagu Indonesia Raya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya