Megawati Akan Resmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya

Jadi Kebun Raya Mangrove pertama di Indonesia

Surabaya, IDN Times - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan meresmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya pada Rabu (26/7/2023). Hal tersebut dibenarkan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat meninjau lokasi peresmian. 

"Insyaallah jam 10 oleh ketua Dewan Pengarah BRIN, beliau juga ketua yayasan kebun raya," ujar Eri. ujarnya ditemui di Kebun Raya Mangrove. 

1. Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar jadi yang pertama di Indonesia

Megawati Akan Resmikan Kebun Raya Mangrove SurabayaKebun Raya Mangrove Gunung Anyar. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Eri menyebut, Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar akan menjadi satu-satunya kebun raya mangrove di Indonesia. Kebun raya ini selain menjadi wisata juga akan menjadi pusat edukasi, riset dan konservasi mangrove. 

"Insyallah akan ada pengembangan oleh masyarakat dan komunitas hasilnya bisa mengurangi kemiskinan," ungkap dia. 

Baca Juga: Desakan Kepala BRIN Dicopot, Sekjen PDIP: Megawati Sudah Dengar

2. Ada 57 spesies mangrove

Megawati Akan Resmikan Kebun Raya Mangrove SurabayaKebun Raya Mangrove Gunung Anyar. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Setidaknya ada 57 spesies mangrove di kebun raya tersebut. Nantinya ia akan kerjasama dengan hutan mangrove di daerah lain untuk menanam jenis mangrove di Gunung Anyar, sehingga variasi mangrove di Gunung Anyar akan semakin banyak. 

"Kalau misal ada jenis mangrove lain kita akan ambil, kita minta bibit kita taruh bibitnya sehingga, kebun raya ini semakin sempurna dengan semua jenis mangrove lain," ungkap dia. 

Di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar juga terdapar beragam wahana. Seperti ATV, Jetzki hingga perahu wisata. 

3. BRIN berharap jadi wadah penelitian perguruan tinggi

Megawati Akan Resmikan Kebun Raya Mangrove SurabayaKebun Raya Mangrove Gunung Anyar. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Sementara itu, Plt Direktur Riset dan Inovasi BRIN, Muhamad Amin mengatakan, dengan diresmikannya kebun raya ini ia berharap kebun raya tersebut menjadi wadah penelitian perguruan tinggi.  Dari 46 kebun raya yang ada di Indonesia, belum ada kebun raya mangrove. 

"Dari 46 kebun raya di Indonesia kebun raya mangrove kita belum punya, maka ini menjadi kebun raya mangrove secara nasional," terang dia. 

Selain itu, ia juga berharap setelah kebun raya tersebut diresmikan oleh Megawati, nantinya pemerintah kota bisa eksplorasi berbagai jenis mangrove dari seluruh Indonesia untuk ditanam di Gunung Anyar. Sehingga akan semakin banyak koleksinya.  

"Kalau ada masyarakat umum ingin berwisata atau mencari pengetahuan tentang mangrove dari wilayah mana bisa ke sini. Ini satu-satu-nya center untuk budidaya mangrove," tutur dia. 

Amin menambahkan, aksesibilitas juga menjadi pertimbangan mengapa Gunung Anyar dipilih sebagai kebun raya mangrove. Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar terletak di perkotaan yang mudah dijangkau masyarakat. 

"Kami berharap pengunjung banyak, bisa menambah tingkat pendapatan masyarakat, UKM ini masyarakat sekitar yang diberdayakan. Itu salah satu kelebihannya, kenapa kebun raya mangrove ini sepakat untuk dilaunching ya itu tadi aksesibilitas cukup mudah," pungkas dia. 

Baca Juga: 9 Pesona Ekowisata Mangrove Wonorejo, Alternatif Wisata di Tengah Kota

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya