Dekan FK Unair Benarkan Dipecat karena Tolak Dokter Asing ke Indonesia

Prof Budi Santoso menolak kebijakan Menkes

Surabaya, IDN Times - Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Prof. Dr. dr. Budi Santoso membernakan dirinya dipecat dari jabatannya setelah menyatakan menolak rencana Menteri Kesehatan (Menkes) yang bakal mendatangkan dokter asing.

1. Prof Bus sudah pamitan ke sejumlah grup WA

Dekan FK Unair Benarkan Dipecat karena Tolak Dokter Asing ke Indonesiailustrasi seseorang memegang hp (freepik.com/yanalya)

Diketahui, Pria yang akrab disapa Prof Bus ini telah berpamitan di sejumlah grup WA dekanat. Isi pamitan itu pun ramai dan tersebar.

"Iya. Itu kan grupnya dekan ya, ada grupnya dosen-dosen, saya pamitan karena SK-nya saya terima tadi sekitar pukul 15.00 WIB," ujarnya membenarkan.

2. Prof Bus dimintai keterangan soal pernyataannya

Dekan FK Unair Benarkan Dipecat karena Tolak Dokter Asing ke IndonesiaDekan FK Unair, Prof Budi Santoso (tengah). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Sebelum pemecatan, Prof Bus menyebut dirinya telah lebih dulu dipanggil oleh Rektor Unair, Prof M Nasih pada Senin (1/7/2024). Ia dimintai keterangan soal pernyataan menolak dokter asing.

"Prosesnya saya Senin dipanggil terkait dengan statement tidak setuju dengan dokter asing. Terus akhirnya hari Rabu keluar SK nya," sebut Prof Bus.

Barulah kemudian, pada Rabu (3/7/2024) Prof Bus menapaat Surat Keterangan (SK) Pemberhentian dari rektor.

"Kalau di SK tidak (alasan diberhentikan) ada tetapi dalam proses pemanggilan itu (dibilang soal menolak dosen asing)," pungkas dia.

Baca Juga: Dekan FK Unair Dipecat Gegara Menolak Kebijakan Menkes

2. Unair benarkan telah memecat Prof Bus

Dekan FK Unair Benarkan Dipecat karena Tolak Dokter Asing ke Indonesiailustrasi Universitas Airlangga. (dok. images.app.goo.gl)

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) UNAIR Martha Kurnia Kusumawardan, membenarkan kabar pemberhentian Prof Bus.

"Selamat malam rekan-rekan media. Terkait beredarnya pemberitaan tentang pemberhentian Dekan FK Unair di beberapa media sosial, dengan ini kami humas Universitas Airlangga menyatakan bahwa pemberitaan tersebut benar adanya," ujarnya berdasarkan keterangan yang diterima IDN Times.

Martha menyebut, alasan atau pertimbangan pimpinan Unair terkait pemberhentian ini adalah merupakan kebijakan internal untuk menerapkan tata kelola yang lebih baik guna penguatan kelembagaan khususnya di lingkungan FK Unair.

"Kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Prof Dr dr Budi Santoso SpOG(K) atas semua pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut," sebutnya.

"Semoga Unair khususnya FK Unair terus menjadi Fakultas Kedokteran yang mampu memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara Indonesia," pungkas dia.

Diketahui Prof Bus dipecat karena telah menyatakan pendapat menolak dokter asing yang rencana didatangkan Menteri Kesehatan (Menkes) RI. Prof Bus tidak setuju dengan kebijakan itu. Sebab menurutnya 92 FK di Indonesia mampu meluluskan dokter dengan kualitas yang tak kalah bagusnya dengan lulusan luar negeri.

Baca Juga: Profil Maxwell Salvador Clash of Champions, Mahasiswa Kedokteran UNAIR

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya