Diduga Keracunan, 26 Santri di Lamongan Dirawat di RS

Sebagian sudah diperbolehkan pulang

Lamongan, IDN Times - Puluhan santri Pondok Pesantren (Ponpes) di Desa Rejosari, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan terpaksa harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soegiri Lamongan. Puluhan santri itu terpaksa dirawat karena diduga mengalami keracunan.

1. Pasien mengalami keluhan yang berbeda-beda

Diduga Keracunan, 26 Santri di Lamongan Dirawat di RSDiduga mengalami keracunan, puluhan santri dirawat di rumah sakit. Dok Istimewa

Kasubag Hukornas RSUD dr Soegiri Lamongan, Tadi mengatakan ada 26 santri yang dirawat. Para pasien tersebut mengalami keluhan yang berbeda-beda ada yang mual, sakit perut, demam dan batuk. Sementara dari observasi dan pemeriksaan dokter masih belum bisa dipastikan penyebab keracunan ini.

"Pasien mengalami keluhan yang berbeda-beda," ujar Tadi saat dikonfirmasi wartawan Minggu (10/09/2023).

Baca Juga: Dosen ITB Gagas ELAmart untuk Emak-emak Lamongan

2. Sejumlah pasien sudah diperbolehkan pulang

Diduga Keracunan, 26 Santri di Lamongan Dirawat di RSilustrasi keracunan makanan (pixabay.com/mohamed_hassan)

Tadi menjelaskan, dari 26 santri yang mengalami keracunan ada beberapa pasien yang sudah diperbolehkan pulang karena kondisinya sudah membaik. Tadi mengatakan, dugaan keracunan massal yang dialami para ini awalnya mengalami gejala pusing, mual, tenggorokan nyeri dan sakit perut. 

"Hasil pemeriksaan pagi 13 pasien pulang, sekarang tinggal 7 pasien yang masih dirawat," terangnya.

3. Santri yang mengalami gejala ringan namun tidak dilakukan perawatan

Diduga Keracunan, 26 Santri di Lamongan Dirawat di RSDiduga mengalami keracunan, puluhan santri dirawat di rumah sakit. Dok Istimewa

Untuk korban lain, sebanyak 18 orang santri dirawat di Puskesmas Deket, namun saat ini hanya tersisa 7 orang karena yang lain sudah dalam kondisi baik dan pulang ke rumahnya. Sedangkan 30 santri yang mengalami gejala ringan namun tidak dilakukan perawatan dan hanya istirahat di Pondok. 

Sementara 2 orang yang dirawat di Puskesmas Kota juga sudah dalam kondisi baik dan sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya.

Baca Juga: Kekeringan di Lamongan Meluas hingga 6 Kecamatan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya