Comscore Tracker

Niat Membantu Sesama, Polisi Gresik Ini Donor Plasma Konvalesen 9 Kali

Terima kasih, Pak Polisi!

Gresik, IDN Times - Jika sudah dibantu sekali, maka aku akan membantu orang lain berkali-kali. Begitulah prinsip yang dipegang oleh sesosok polisi dari Kabupaten Gresik. Di tengah tingginya permintaan plasma konvalesen namun kurangnya pendonor, sosok polisi ini rela donor plasma konvalesen hingga sembilan kali.

1. Awalnya dibantu donor orang lain saat terkonfirmasi paositif COVID-19

Niat Membantu Sesama, Polisi Gresik Ini Donor Plasma Konvalesen 9 KaliIlustrasi pendonor plasma konvalesen saat sedang berada di PMI Kabupaten Bogor (IDN Times/Rubiakto)

Sosok polisi itu adalah Bripka Nuki Seputro asal Polres Gresik. Panggilan jiwanya berawal saat ia tengah terpapar COVID-19. Ternyata, ia mendapat banyak bantuan dari orang-orang sekitarnya termasuk donor plasma konvalesen. Berkat berbagai bantuan itu, Nuki pun berhasil sembuh dari COVID-19.

"Melatarbelakangi untuk berdonor plasma karena saya terketuk hati saya untuk membantu sesama karena dimasa pandemi ini pasti banyak yg membutuhkan donor plasma kovalesen," ujarnya, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Kisah Inisiator Gerakan Donor Plasma Konvalesen di Kota Malang

2. Bertekad untuk turut membantu sesama melalui donor plasma konvalesen

Niat Membantu Sesama, Polisi Gresik Ini Donor Plasma Konvalesen 9 KaliPerawat menunjukan plasma konvalesen milik pasien sembuh COVID-19 di Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Setelah sembuh, anggota Satlantas Polres Gresik ini pun merasa perlu membalas budi atas berbagai bantuan yang telah ia terima. Balas budi itu dengan cara turut mendonorkan plasma konvalesennya bagi para pasien COVID-19 yang membutuhkan.

"pada saya sakit tercofirm COVID-19 banyak yang membantu saya dalam penyembuhan sehingga pada saat saya sudah sembuh saya juga ingin membatu dengan cara donor plasma konvalensen di kantor PMI Gresik," tuturnya.

3. Terus donor hingga 9 kali

Niat Membantu Sesama, Polisi Gresik Ini Donor Plasma Konvalesen 9 KaliIlustrasi donor plasma konvalesen (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sudah sekali donor, ternyata Nuki tak kapok. Permintaan donor plasma konvalesen masih tinggi di tengah meningkatnya kasus COVID-19. Sedangkan, tak banyak penyintas COVID-19 yang bersedia mendonorkan plasmanya. Alhasil, Nuki pun memantapkan diri untuk donor plasma konvalesen berulang kali.

"Tidak ada kekhawatiran karena saya niatnya membantu sesama dan saya anggap ini sebagai ibadah serta saya siap membantu donor darah plasma kepada siapa saja yang membutuhkan, sampai saat ini sudah 9 kali donor plasma yg diawali mulai bulan Februari 2021 hingga bulan Juli 2021," ungkapnya

4. Dapat apresiasi dari Kapolres Gresik

Niat Membantu Sesama, Polisi Gresik Ini Donor Plasma Konvalesen 9 KaliKapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto (kanan) saat memberikan penghargaan kepada anggotanya yang donor plasmakonvalesen. Dok. Istimewa.

Atas niat ikhlasnya membantu sesama itu, Nuki mendapatkan apresiasi dari Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto. Arief memuji tindakan Nuki yang berani dan tak egois untuk membantu sesama dalam berjuang melawan COVID-19.

“Reward diberikan sebagai apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja dan sebagai motivasi bagi anggota yang lain untuk meningkatkan karena kedepan tugas kita tidak semakin ringan namun semakin berat," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terus Masifkan Donor Plasma Konvalesen

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya