Resmikan Unmuh Lamongan, Jokowi Puji Peran Muhammadiyah

Muhammadiyah lahirkan tokoh-tokoh besar bangsa

Lamongan, IDN Times -  Presiden Jokowi, mengaku sangat bangga atas kiprah yang selama ini dilakukan Muhammadiyah dalam membangun kemajuan bangsa Indonesia. Di usianya sudah mencapai 106 ini, Muhammadiyah dinilai banyak memberikan sumbangsih terhadap bangsa, terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.

1. Muhammadiyah lahirkan tokoh-tokoh bangsa

Resmikan Unmuh Lamongan, Jokowi Puji Peran Muhammadiyahberbagai sumber

Kemajuan bangsa Indonesia, kata Jokowi tak lepas dari kiprah tokoh Muhammadiyah, seperti, Buya Hamka, Agus Salim, Kasman Singodimedjo dan Mas Mansyur. Tokoh sentral ini kerap mewarnai perjuangan bangsa. "Untuk itu ke depan harus ada generasi yang dapat meneruskan jejak mereka," ujarnya saat meresmikan Universitas Muhammadiyah Lamongan, Senin, (19/11).

2. Muhammadiyah bangun ribuan tempat pendidikan dan rumah sakit

Resmikan Unmuh Lamongan, Jokowi Puji Peran MuhammadiyahDok IDN Times/Istimewa

Selain tokoh, Jokowi juga mengapresiasi Muhammadiyah di usianya yang menginjak 106 tahun. Muhammadiyah menurutnya telah mendirikan banyak sarana pendidikan. Saat ini, organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan tersebut sudah memiliki 7000 pesantren, 170 perguruan tinggi dan 100 rumah sakit. 

3. Muhammadiyah bangun mental anak bangsa dengan keilmuan Islam

Resmikan Unmuh Lamongan, Jokowi Puji Peran MuhammadiyahDok IDN Times/Istimewa

Dengan adanya sarana pendidikan, Muhammadiyah menurut Jokowi juga dianggap mendidik anak bangsa dengan khasanah keilmuan Islam. Peran ini sangat penting mengingat di era globalisasi ini banyak kalangan yang sudah mulai melenceng dari norma sebuah bangsa. 

Baca Juga: Blusukan di Lamongan, Jokowi Minta Pedagang dan Tengkulak Jaga Harga

4. Jokowi resmikan Universitas Muhammadiyah Lamongan

Resmikan Unmuh Lamongan, Jokowi Puji Peran MuhammadiyahDok IDN Times/Istimewa

Di akhir sambutannya, Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun Muhammadiyah yang ke-106 serta meresmikan status 6 Perguruan Tinggi Muhammadiyah. "Semoga dengan ulang tahun ini, semangat Muhammadiyah tetap membara dalam memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa Indonesia yang bermartabat dan penuh dengan kearifan budaya kita."

5. Jokowi juga hadiri Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah

Resmikan Unmuh Lamongan, Jokowi Puji Peran MuhammadiyahDokumentasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur

Setelah meresmikan Unmuh yang sebelumnya berstatus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Lamongan, Jokowi kemudian bergeser ke Unmuh Sidoarjo. Di sana ia membuka Muktamar Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang ke-21. Setelah itu Jokowi langsung bertolak ke Jakarta. 

Baca Juga: Jokowi Hadiri 2 Acara Muhammadiyah di Jatim, Ingin Mencari Dukungan?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya