Jangan Minder, Jokowi Minta Pemuda Indonesia Tiru Nadiem Makarim

Jangan cuma naik gojeknya

Sidoarjo, IDN Times - Presiden Joko Widodo meminta kepada para pelajar dan pemuda Indonesia agar tak minder. Menurutnya, mereka harus mencontoh tokoh muda yang sukses seperti CEO Go-Jek, Nadiem Makarim dan CEO Bukalapak, Ahmad Zaky.  

1. Nadiem dan Zaky disebut sebagai sosok yang mampu mengharumkan nama Indonesia

Jangan Minder, Jokowi Minta Pemuda Indonesia Tiru Nadiem Makarimistimewa

Menurut Jokowi, kedua sosok tersebut patut ditiru karena mampu mengharumkan nama Indonesia melalui inovasi mereka. Bahkan, Go-Jek dan Bukalapak termasuk dari 4 startup di Indonesia yang sudah naik kelas menjadi Unicorn. "Di Asean barua da 7 Unicorn, 4 di antaranya dari Indonesia," kata Jokowi saat membuka Muktamar ke-21 Ikatan Pemuda Muhammadiyah di Unmus Sidoarjo, Senin (19/11). 

Baca Juga: Blusukan di Lamongan, Jokowi Minta Pedagang dan Tengkulak Jaga Harga

2. Indonesia akan masuk 4 negara terbesar di dunia

Jangan Minder, Jokowi Minta Pemuda Indonesia Tiru Nadiem MakarimDokumentasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur

Selain itu, kata Jokowi, para pemuda pemuda juga harus membuang rasa mindernya lantaran konsultan manajemen global, McKensey memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi 4 besar negara dengan ekonomi terbesar di dunia. "McKensey memprediksi hal itu akan terjadi pada 2045. Saat itu dari kalian mungkin sudah ada yang menjadi Presiden," ujarnya.  

3. Dimudahkan dengan era digital

Jangan Minder, Jokowi Minta Pemuda Indonesia Tiru Nadiem MakarimDokumentasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur

Salah satu modal utama para pemuda Indonesia adalah perkembangan digital di dalam negeri yang luar biasa. Jokowi menuturkan bahwa keberadaan era serba digital akan memudahkan para pemuda untuk lebih cepat mempelajari sesuatu. "Kita telah masuk revolusi industri 4.0, zaman big data. Silakan belajar dari sana, banyak hal baik. Tapi memang semua tak berisi kebaikian." 

4. Era digital jangan bikin lupa daratan

Jangan Minder, Jokowi Minta Pemuda Indonesia Tiru Nadiem MakarimDokumentasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur

Meski begitu, Jokowi mengatakan bahwa perubahan cepat yang melanda Indonesia jangan sampai membuat para pemuda kehilangan karakter ke-Indonesia-an serta keislaman. "Ingat, Indonesia ini negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia."  

5. Jokowi hadiri dua agenda Muhammadiyah dalam sehari

Jangan Minder, Jokowi Minta Pemuda Indonesia Tiru Nadiem MakarimDok IDN Times/Istimewa

Sebelum membuka Muktamar IPM, Jokowi sebelumnya juga melakukan peletakan batu pertama di Universitas Muhammadiyah Lamongan. Setelah melakukan kunjungan sehari semalam di Jawa Timur, Jokowi dan rombongan rencananya akan kembali bertolak ke Jakarta sore nanti. 

Baca Juga: Jokowi Hadiri 2 Acara Muhammadiyah di Jatim, Ingin Mencari Dukungan?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya