TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Puluhan Umat Katolik Magetan Turut Hadiri Misa Akbar Bersama Paus

Umat Katolik dari Gereja Regina Pacis berangkat Jakarta

Puluhan umat Katolik dari jemaat Gereja Regina Pacis Magetan berangkat Jakarta. IDN Times/ Riyanto.

Magetan, IDN Times – Ribuan umat Katolik dari seluruh penjuru Indonesia bersiap mengikuti Misa Agung bersama Paus Fransiskus yang akan diadakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis (05/09/2024). Di antara mereka, puluhan umat Katolik dari Gereja Regina Pacis Magetan turut berangkat ke Jakarta untuk merasakan momen bersejarah ini.

1. Rombongan dari Magetan berangkat pagi buta

Sebanyak 52 orang dari Gereja Regina Pacis Magetan menjadi bagian dari umat yang akan menghadiri Misa Akbar tersebut. Dari jumlah tersebut, 50 orang memilih untuk berangkat bersama-sama menggunakan satu bus dari Hotel Imelda Magetan pada Rabu (04/09/2024) pukul 04.00 pagi. Sementara, dua orang lainnya berangkat secara mandiri. 

Sesampainya di Jakarta, mereka akan bergabung dengan ribuan umat Katolik lainnya dari berbagai daerah. Dari Keuskupan Surabaya sendiri, total ada 2.500 umat yang turut serta. 

“Kami sangat bersyukur bisa menghadiri Misa Akbar bersama Paus Fransiskus. Kesempatan ini sangat langka dan mungkin tidak akan datang dua kali dalam hidup kita,” ungkap Stefanus, salah satu peserta dari Magetan, yang tampak antusias.

Baca Juga: PSSI Bakal Cek Rumput SUGBK Usai Misa Akbar Paus Fransiskus

2. Tiba lebih awal untuk menghindari kendala

Stefanus menjelaskan, rombongan dari Magetan diperkirakan tiba di Jakarta pada dini hari, Kamis (05/09/2024). Mereka akan bermalam di Gereja Paroki Salib Suci, Cilincing, sebelum menuju GBK keesokan harinya.

“Kami sengaja tiba lebih awal untuk mengantisipasi kemacetan dan memastikan semuanya berjalan lancar, mengingat prosedur keamanan yang ketat karena Paus adalah tamu penting negara,” ujarnya.

Menurut Stefanus, keamanan akan sangat ketat di GBK. Sebelum Misa, umat harus melewati pemeriksaan, dan hanya barang-barang tertentu yang diizinkan dibawa ke dalam stadion, seperti handphone, uang tunai, dan tas dengan kapasitas maksimal 6 liter. “Ransel dilarang dibawa. Bahkan saat keluar stadion nanti, pengamanan tetap diperketat,” tambahnya.

Berita Terkini Lainnya