TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Memosisikan Kepala Negara, Jokowi Dukung Semua Calon Pilpres

Pak Anies cocok, Pak Ganjar cocok, Pak Prabowo cocok

Presiden Jokowi saat apel Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023). (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Surabaya, IDN Times - Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo dalam mode memosisikan diri sebagai kepala negara yang netral, saat ditanya soal dukungannya untuk calon di Pilpres 2024. Sebagai presiden, dia menegaskan mendukung semua calon.

"Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini. Pak Anis Pak Muhaimin cocok, Pak Ganjar cocok, Pak Prabowo cocok," ujar Jokowi, usai apel Peringatan Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Jokowi juga membenarkan bahwa Sabtu kemarin telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator bidang Ekonomi Airlangga Hartanto, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Pertemuan itu adalah untuk memberi laporan karena satu minggu tidak bertemu. 

"Ya kan sudah satu minggu tidak ketemu. Ya biasa laporan laporan di hari sabtu minggu. Biasa dengan menteri ketemu, laporan," ungkapnya. 

Jokowi mengelak pertemuan tersebut untuk membicarakan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar yang mengusung Gibran menjadi cawapres. Rapimnas adalah urusan partai. 

"Rapimnas itu urusannya Golkar," ujar Jokowi  

Ditanya sebagai seorang ayah soal dukungannya kepada Gibran, Jokowi menyebut sebagai orang tua ia hanya bisa mendoakan dan merestui. 

"Orang tua hanya mendoakan dan merestui. Keputusannya karena sudah dewasa jangan terlalu mencampuri urannya yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," tegasnya. 

Dimintai tanggapan soal Gibran diusung Partai Golkar, Jokowi meminta untuk menanyakan hal ini kepada partai politik. Pengusungan capres dan cawapres adalah ranah partai politik. 

"Tanyakan, tanyakan kepada partai politik. Itu wilayahnya partai politik atau koalisi partai politik atau gabungan partai politik. Bukan urusan presiden," tegas dia. 

Baca Juga: Jokowi Merestui Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres

Berita Terkini Lainnya