KPK Minta Korupsi Berjamaah di Malang Jadi Pelajaran Legislator Baru

Kalau masih nakal lagi, angkut aja pak semua

Malang, IDN Times - Anggota DPRD Kota Malang mendapatkan sosialisasi antikorupsi dari wakil ketua KPK, Laode M Syarif, Jumat (6/9). Sosialisasi antikorupsi tersebut merupakan rangkaian dari roadshow bus KPK jelajah negeri yang saat ini berada di Kota Malang. Kesempatan tersebut disambit antusias oleh anggota DPRD Kota Malang. 

1. Harap kota Malang jadi percontohan antikorupsi

KPK Minta Korupsi Berjamaah di Malang Jadi Pelajaran Legislator BaruIDN Times/ Alfi Ramadana

Pada kesempatan tersebut Laode menyampaikan beberapa hal kepada anggota DPRD Kota Malang. Salah satunya adalah mengenai beberapa permasalahan yang kerap menyebabkan anggota DPRD terjebak praktik korupsi. Juga beberapa contoh kasus korupsi dan cara pencegahanya turut dijelaskan dihadapan anggota DPRD Kota Malang. 

"Semua tahu bahwa sebelumnya sempat ada musibah yang menimpa DPRD Kota Malang. Oleh karena itu, kami mengharapkan Kota Malang ini bisa menjadi pusat percontohan antikorupsi masa depan di Indonesia," ucapnya, Jumat (6/9/2019).

2. DPRD harus bisa membantu pemerintah kota

KPK Minta Korupsi Berjamaah di Malang Jadi Pelajaran Legislator BaruIDN Times/ Alfi Ramadana

Laode menyatakan bahwa DPRD Kota Malang ke depan harus benar-benar bisa memberikan kontribusi nyata. Terutama benar-benar memainkan peran membantu pemerintah Kota Malang, terutama memaksimalkan peran pengawasan. 

"DPRD juga harus membantu dalam hal pembuatan regulasi. Termasuk juga permasalahan planning E-budgeting," tambahnya. 

3. Tak boleh lagi ada penindakan

KPK Minta Korupsi Berjamaah di Malang Jadi Pelajaran Legislator BaruIDN Times/ Alfi Ramadana

Laode juga menekankan bahwa DPRD Kota Malang harus benar-benar belajar dari kasus yang telah lalu. Sebab, saat itu Kota Malang benar-benar kacau setelah nyaris seluruh anggota DPRD harus berurusan dengan KPK. 

"Kami berharap kasus di kota Malang sudah selesai. Artinya DPRD yang sekarang masih baru harus memahami dan belajar dari kasus sebelumnya. Kurang apa lagi coba pembelajaran dari kasus kemarin," sambungnya. 

Baca Juga: 10 Mantan Anggota DPRD Kota Malang Jalani Sidang Perdana

4. Dapat banyak masukan

KPK Minta Korupsi Berjamaah di Malang Jadi Pelajaran Legislator BaruIDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Ketua DPRD sementara, I Made Rian Diana Kartika mengaku sangat senang dengan apa yang dilakukan KPK. Hal itu menjadi pembekalan yang bagus khusunya bagi anggota DPRD Kota Malang yang baru. Tujuanya agar DPRD Kota Malang bisa mengerti langkah dan menghindari hal-hal yang berpotensi terjadi tindak pidana korupsi. 

"Kami yakin dengan arahan dari KPK ini bisa membuat kami menjadi lebih baik. Kami berkomitmen untuk bisa mengembalikan marwah DPRD Kota Malang," tandasnya. 

Baca Juga: 10 Mantan Anggota DPRD Kota Malang Divonis Penjara 4 Tahun Lebih 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya