TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Long Weekend, Penumpang Kereta di Daop 8 Surabaya Meningkat 41 Persen

Liburan ke mana sih?

Suasana Stasiun Gubeng Surabaya di hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW. (Dok. Humas PT KAI Surabaya)

Surabaya, IDN Times - Selama masa libur akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW pada 13 sampai dengan 16 September 2024, volume penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh KAI Daop 8 Surabaya mengalami peningkatan 41 persen dibanding dengan periode yang sama minggu sebelumnya. 

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan berdasarkan data pada Selasa (17/9/2024) pukul 10.00 WIB, penumpanh KA jarak jauh yang berangkat dari Daop 8 Surabaya pada 13 - 16 September 2024 tercatat 90.486 penumpang, meningkat 41 persen dibanding periode sebelumnya yang berjumlah 64.385 penumpang.

"Sementara itu, kedatangan pelanggan di Daop 8 Surabaya tercatat 84.750 penumpang, meningkat sebesar 30 persen, dibanding sebelumnya yang berjumlah 65.232 penumpang," jelasnya. 

Para penumpang di Daop 8 Surabaya mayoritas didominasi dengan KA tujuan dan dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi. KA jarak jauh yang menjadi favorit penumpang di Daop 8 Surabaya yakni KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Bandung, KA Majapahit relasi Malang - Purwokerto, KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi - Gambir, KA Tawangalun relasi Malang Kotalama - Ketapang. 

"Sedangkan stasiun dengan tujuan Daop 8 Surabaya paling favorit yakni Stasiun Surabaya Gubeng : 26.004 penumpang, Stasiun Surabaya Pasarturi : 24.157 penumpang, Stasiun Malang : 15.888 penumpang,".

Luqman Arif menambahkan,  KAI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dengan mengutamakan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan.

"Dengan ekosistem layanan yang semakin baik, KAI berusaha menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi masyarakat Indonesia, terutama saat musim liburan," pungkas Luqman Arif.

Baca Juga: Libur Maulid Nabi, 20.734 Penumpang Berangkat dari Daop 8 Surabaya

Berita Terkini Lainnya