TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Panen Raya, Harga Cabai di Jatim Turun

Ada faktor lain yang pengaruhi

ilustrasi cabai rawit (pixabay.com/Enotovyj)

Surabaya, IDN Times - Harga caba, baik itu rawit maupun cabai besar di Jawa Timur (Jatim) terpantau turun. Turunnya harga cabai ini disebabkan panen raya yang melimpah di seluruh sentra cabai.

Data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim, harga rata-rata cabai rawit Jawa Timur adalah Rp32.026 per kilogram. Harga rata-rata tertinggi di Magetan Rp37 ribu per kilogram. Harga rata-rata terendah di Bangkalan Rp20 ribu per kilogram.

Sementara untuk harga rata-rata cabai besar Jawa Timur adalah Rp22.165 per kilogram. Harga rata-rata tertinggi di Kabupaten Ngawi Rp33.333 per kilogram Kemudian harga rata-rata terendah di Kabupaten Jember Rp15.200 per kilogram.

Wakil Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Jatim Nanang Triatmoko kepada Radar Surabaya mengatakan harga cabai rawit dan cabai besar sudah mulai turun. Hal ini disebabkan selurih sentra cabai sudah memasuki masa panen dan produksinya melimpah.  

"Untuk cabai rawit dari petani Rp20 ribu per kilogram sedangkan cabai besar Rp7 ribu per kilogram," ujarnya.

Nanang membeberkan, turunnya harga cabai ini tidak hanya disebabkan oleh masa panen. Akan tetapi juga karena pasar yang melemah. "Harapan kami ada solusi dari pemerintah untuk bisa meningkatkan penjualan," kata dia. "Karena setahu kami, kalau pas harga naik, pemerintah tidak pernah peduli" pungkasnya.  

 

Baca Juga: 8 Penyebab Daun Cabai Keriting, Salah Satunya Penyakit!

Berita Terkini Lainnya