Comscore Tracker

5 Tips Liburan Murah di Surabaya yang Wajib Kamu Tahu!

Liburan dengan budget rendah, bisa kok!

Liburan yang menyenangkan dengan biaya yang murah tentunya menjadi keinginan semua orang. Namun tak jarang, sehabis liburan justru membuat pengeluaran bengkak, dan akhirnya memilih untuk enggan untuk pergi liburan. 

Jangan khawatir lagi! Pasalnya, di Surabaya kamu bisa liburan murah, loh. Walaupun murah, berlibur di Surabaya pasti tetap berkesan. Karena Surabaya memiliki banyak tempat wisata menarik, mulai dari museum, kebun binatang, pantai dan masih banyak lagi.

Yuk, simak tips liburan murah di Surabaya yang wajib kamu tahu, berikut ini.

1. Naik transportasi umum yang murah

5 Tips Liburan Murah di Surabaya yang Wajib Kamu Tahu!Suroboyo Bus (instagram.com/suroboyobus)

Naik transportasi umum ternyata bisa menghemat pengeluaran liburan, loh! Selain lebih murah, naik transportasi umum juga dapat mengurangi kemacetan dan menghemat energi kamu.

Jika kamu berasal dari luar kota, menuju Surabaya dapat dilakukan dengan naik kereta atau bus. Kemudian sesampainya di Surabaya, dapat naik angkutan umum. Seperti angkot kota dan Suroboyo Bus.

Tarif Suroboyo bus mulai Rp5 ribu untuk umum, dan Rp2500 untuk pelajar.

Metode pembayarannya dapat dilakukan melalui:

- Penukaran poin member Gobis.

- Voucher botol.

- QRis (scan barcode melalui m-banking, Shoppe Pay, Gopay, hingga Ovo).

- Kartu elektronik atau e-money.

Baca Juga: Nostalgia Srimulat, Mengintip Pameran Seni di Alun-alun Kota Surabaya

2. Membawa bekal sendiri

5 Tips Liburan Murah di Surabaya yang Wajib Kamu Tahu!Ilustrasi Bekal Makanan (freepik.com/author/timolina)

Ada banyak kelebihan membawa bekal sendiri. Selain hemat, bekal yang dibawa dari rumah lebih sehat dan bersih. Kamu bisa menyesuaikan bekal sesuai porsi yang diinginkan. Membawa bekal menggunakan tempat makan juga dapat mengurangi pengeluran sampah.

3. Mengunjungi tempat wisata yang murah

5 Tips Liburan Murah di Surabaya yang Wajib Kamu Tahu!Wisata Perahu Kalimas (instagram.com/wisataperahukalimas)

Di Surabaya ada banyak tempat wisata murah dengan harga tiket mulai Rp10 ribu saja, loh. Seperti di Kebun Binatang Surabaya, Surabaya North Quay, Wisata Perahu Kalimas, Museum 10 November dan masih banyak lagi. Tiket tersebut dapat dibeli melalui tiketsurabaya.surabaya.go.id.

Untuk wisata malam hari, kamu dapat mengunjungi Kya-Kya dan Jalan Tunjungan Romansa. Kedua tempat wisata tersebut tidak dikenakan biaya tiket masuk, alias gratis. Kamu bisa menemukan banyak street food yang harganya murah. Di Kya-Kya dan Jalan Jalan Tunjungan Romansa juga bisa dijadikan spot foto, karena tempatnya instagramable.

4. Pilih oleh-oleh yang murah

5 Tips Liburan Murah di Surabaya yang Wajib Kamu Tahu!Oleh-oleh Khas Surabaya (instagram.com/bogajaya)

Liburan murah, bukan berati gak bisa beli oleh-oleh buat orang tercinta di rumah. Kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh dengan harga murah di Surabaya, loh! Tepatnya berada di Pasar Ato, Toko Bogajaya dan Kya-Kya. 

Kamu bisa menemukan pakaian hingga makanan khas Surabaya, Seperti kue lapis Surabaya, kue kering, kerupuk, abon, petis, dan makanan pecinan di Kya-Kya.

5. Siapkan itinerary dan dana darurat

5 Tips Liburan Murah di Surabaya yang Wajib Kamu Tahu!Ilustrasi Dana Darurat (freepik.com/author/skata)

Itinerary atau rencana perjalanan wajib diperlukan supaya pengeluaran liburan tidak melebar. Kamu bisa mulai menentukan tempat wisata yang akan dituju, serta budget yang diperlukan. Dana darurat juga harus disisihkan untuk kebutuhan mendadak ketika liburan.

Selain budget, kamu juga harus menyiapkan kondisi tubuh yang prima. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat ketika hendak pergi liburan. Perbanyak minum air putih, karena cuaca di Surabaya panas. Dengan demikian liburanmu akan berkesan dan terasa menyenangkan, deh!

Baca Juga: Viral! 5 Pesona Museum Bawah Tanah, Alun-alun Surabaya

Nah, itu tadi simak tips liburan murah di Surabaya yang wajib kamu tahu. Selain tips di atas, pastikan untuk tidak buang sampah sembarangan, ya! Semoga liburanmu menyenangkan!

Fika Febriana Photo Community Writer Fika Febriana

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya