Comscore Tracker

5 Daya Tarik Wisata Mbalong Kawuk Tulungagung

Kamu bisa ngopi sambil memancing di sini

Membahas tempat wisata yang ada di Tulungagung memang gak ada habisnya. Berbagai jenis tempat wisata ada di daerah ini, mulai dari tempat wisata alam hingga wisata buatan. Tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi Kabupaten Tulungagung. 

Nah, buat kalian yang saat ini bingung ingin mengisi waktu luang dengan berwisata. Ada baiknya kalian menyimak ulasan berikut ini, mengenai daya tarik yang disuguhkan oleh salah satu wisata buatan di Tulungagung, yakni Mbalong Kawuk. 

1. Sekilas, lokasi dan rute wisata Mbalong Kawuk Tulungagung

5 Daya Tarik Wisata Mbalong Kawuk TulungagungMbalong Kawuk (Instagram/mbalongkawuk_)

Sebelum dijadikan tempat wisata, lokasi Mbalong Kawuk ini dahulunya merupakan sungai yang banyak ditumbuhi tanaman liar, sehingga terlihat seperti rawa. Namun, kondisi tersebut berubah ketika tempat tersebut dibangun oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk dijadikan tempat wisata. 

Wisata Mbalong Kawuk ini terletak di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Jika kamu berangkat dari pusat Kota Tulungagung, kamu bisa mengambil jalur ke arah Timur. 

Kalian bisa mengakses lokasi wisata ini dengan menggunakan bantuan google maps. Jarak tempuh lokasi wisata dengan pusat Kota Tulungagung, kurang lebih sekitar 35 menit perjalanan. Itu pun tergantung kecepatan kendaraan yang kamu pacu. 

Baca Juga: Pantai Molang Tulungagung: Rute, Harga Tiket dan Tips

2. Fasilitas wisata Mbalong Kawuk Tulungagung

5 Daya Tarik Wisata Mbalong Kawuk TulungagungWahana bermain anak. (Instagram/mbalongkawuk_)

Kamu gak perlu khawatir soal fasilitas yang ada di sini. Pasalnya, untuk kategori tempat wisata, Mbalong Kawuk ini cukup memiliki fasilitas yang memadai. Seperti tempat parkir yang luas. 

Kamu juga gak perlu membawa bekal ketika berkunjung ke sini, karena di lokasi wisata Mbalong Kawuk ini ada banyak pilihan makanan yang dijual. 

Berbagai fasilitas itu sebagai bentuk pelayanan prima pengelola wisata. Oleh sebab itu, ketika kamu berkunjung ke Mbalong Kawuk, kamu bisa dengan tenang menikmati suasana yang ada. Tanpa harus dibingungkan dengan berbagai persoalan. Pokoknya, kamu hanya tinggal menikmati suasana yang ada. 

3. Daya tarik wisata Mbalong Kawuk Tulungagung

5 Daya Tarik Wisata Mbalong Kawuk TulungagungTampak sunset di Mbalong Kawuk. (Instagram/mbalongkawuk_)

Ada berbagai daya tarik yang disuguhkan di Mbalong Kawuk. Seperti udara yang sejuk, karena lokasi wisata di kelilingi area persawahan. Recommended banget, buat kalian yang suka view alam. 

Lokasi yang tepat bagi para penikmat kopi dan senja. Jika beruntung, kalian bisa menyaksikan live music di sini, karena tempat ini sering menggelar live music. Selain itu, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya komunitas. 

Selain itu, di lokasi ini juga banyak mainan anak-anak. Sangat cocok buat liburan bersama keluarga. 

4. Harga tiket dan jam operasional wisata Mbalong Kawuk Tulungagung

5 Daya Tarik Wisata Mbalong Kawuk TulungagungMbalong Kawuk (Instagram/mbalongkawuk_)

Kamu gak perlu khawatir, berkunjung ke wisata Mbalong Kawuk gak bakal membuat isi kantongmu jebol. Pasalnya, kamu gak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket di sini (gratis). 

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke lokasi wisata ini setiap saat, karena tempat wisata ini buka setiap hari. Mulai jam 09.00 WIB hingga 23.00 WIB. 

Namun, ketentuan tersebut dapat berubah seiring waktu, sesuai dengan kebijakan yang diatur oleh pengelola tempat wisata tersebut. 

5. Aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika berada di wisata Mbalong Kawuk Tulungagung

5 Daya Tarik Wisata Mbalong Kawuk TulungagungMemancing di Mbalong Kawuk. (Instagram/mbalongkawuk_)

Nah, ketika kamu berkunjung ke sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya, memancing. Biasanya, pada sore hari lokasi wisata Mbalong Kawuk dipenuhi mereka yang hobi memancing. Sembari memancing, kalian juga bisa menyeduh kopi. Suasana khas pedesaan bisa kalian dapatkan di sini. 

Selain itu, buat kalian yang suka berswafoto di sini juga merupakan tempat yang keren buat kalian mengabadikan momen. Berbagai spot foto di sini cukup menarik dan instagramable

Tentunya, berbagai daya tarik wisata Mbalong Kawuk itu bisa kamu rasakan sensasinya, ketika kamu telah berkunjung langsung ke lokasi. Nah, jadi kapan nih kamu akan berkunjung ke lokasi wisata ini? 

Baca Juga: Intip 11 Pesona Pantai Brumbun Tulungagung, Ada Rumah Apung

Rangga Rafi Arli Photo Community Writer Rangga Rafi Arli

Alhamdulillah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya