Comscore Tracker

5 Goa Paling Populer di Alas Purwo, Sering Jadi Wisata Spiritual  

Menenangkan diri boleh, mintanya tetap sama Tuhan ygy!

Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) tidak hanya diminati para wisatawan yang ingin menyaksikan flora dan fauna. Alas Purwo juga memiliki peminat khusus dengan kategori wisatawan rohani atau spiritual. Para wisatawan spiritual ini biasanya datang ke sejumlah tempat sakral di Alas Purwo, seperti goa untuk menenangkan diri, bertapa dan ragam tujuan lainnya.

Seperti di ketahui, Alas Purwo tercatat memiliki 44 goa. Namun, dari semua itu, terdapat 5 goa yang paling sering dikunjungi wisatawan pada umumnya karena paling mudah terjangkau dan paling populer. Berikut 5 goa di Alas Purwo yang sering jadi wisata spiritual.

1. Goa Istana  

5 Goa Paling Populer di Alas Purwo, Sering Jadi Wisata Spiritual  Goa Istana di Alas Purwo/Instagram.com @tripalaspurwo

Goa Istana merupakan salah satu yang paling populer di Alas Purwo dibandingkan yang lain. Selain aksesnya yang sudah mudah dan menjadi destinasi wisata, goa ini juga punya nilai sejarah yang kuat. Ir Soekarno bahkan dipercaya pernah berkunjung ke sana.

Untuk menuju Goa Istana, kamu cukup memarkir kendaraan di Pantai Pancur kemudian harus jalan kaki menuju lokasi goa. Dari pantai Pancur, jarak tempuh ke Goa Istana sekitar 1,5 kilometer. Selama perjalanan kamu akan melintasi jalanan setapak di tengah belantara hutan dengan aneka tanaman, terutama bambu.

Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir tersesat. Sebab pihak Taman Nasional Alas Purwo sudah menyediakan petunjuk arah yang di pasang di setiap jalan bercabang. Sesampai di sana, kamu masih harus naik tangga karena lokasinya berada di ketinggian.

Baca Juga: 6 Satwa Khas yang Bisa Kamu Jumpai Saat Berkunjung ke Alas Purwo

2. Goa Padepokan   

5 Goa Paling Populer di Alas Purwo, Sering Jadi Wisata Spiritual  Goa Padepokan di Alas Purwo./Instagram.com @tedjo_rifai

Goa Padepokan berada tidak jauh dari Goa Istana, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan petugas Taman Nasional Alas Purwo.

Jarak Goa Padepokan dengan Goa Istana hanya beberapa ratus meter dengan rute jalan setapak. Goa Padepokan ini terkenal memiliki bentuk lorong yang tinggi dengan tempat cukup lebar. Seperti Goa Istana, di sini juga sering jadi tempat orang bersemedi.

3. Goa Mayangkoro  

5 Goa Paling Populer di Alas Purwo, Sering Jadi Wisata Spiritual  Papan arah menuju Goa Mayangkoro/Instagram.com @tripalaspurwo

Goa Mayangkoro juga berada tidak jauh dari Goa Padepokan dan Goa Istana, hanya berjarak beberapa ratus meter. Goa Mayangkoro memiliki bentuk yang lebih lebar. Untuk menuju ke goa-goa ini disarankan tidak saat musim hujan karena jalan tanah menjadi licin dan becek.

4. Goa Jepang  

5 Goa Paling Populer di Alas Purwo, Sering Jadi Wisata Spiritual  Goa Jepang di Alas Purwo/Instagram.com @triptelukbiru

Di Taman Nasional Alas Purwo juga terdapat Goa Jepang. Seperti namanya, goa tersebut memang pernah dimanfaatkan Jepang saat menduduki Indonesia.

Goa Jepang tepatnya berada di semenanjung Sembulungan, yang masih satu gugusan Alas Purwo. Untuk menuju ke sana, bisa melalui jalur darat dan laut. Di Goa Jepang masih terdapat peninggalan peralatan perang seperti meriam.

5. Goa Mangleng  

5 Goa Paling Populer di Alas Purwo, Sering Jadi Wisata Spiritual  Goa Istana di Alas Purwo/Instagram.com @tripalaspurwo

Goa Mangleng juga jadi salah satu yang populer di kalangan para pelaku spiritual. Meski lokasinya jauh dari jangkauan, kamu jangan sekali kali ke sana bila tidak didampingi pemandu wisata yang sudah memahami peta lokasi. Goa Mangleng terkenal jadi tempat favorit para pelaku spiritual karena dinilai jadi tempat yang sakral.

 

 

itu tadi 5 goa yang ada di Alas Purwo Banyuwangi yang kerap jadi tujuan wisata spiritual. Menenangkan diri di goa sih boleh aja, cuma mintanya tetap sama Tuhan ya ges.

Baca Juga: Informasi Wisata Goa Gong Pacitan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 

Mohamad Ulil Albab Photo Community Writer Mohamad Ulil Albab

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya