Comscore Tracker

Kopiah Hingga Tenun, 5 Kerajinan Khas Gresik yang Pas untuk Oleh-oleh

Kerajinan khas Gresik sudah merambah pasar mancanegara

Kabupaten Gresik tak hanya terkenal dengan destinasi wisata religinya saja. Namun kabupaten ini juga dikenal memiliki berbagai macam kerajinan tangan, sehingga sangat cocok untuk dibuat oleh-oleh bagi keluarga. Kerajinan khas Gresik oleh masyarakat setempat juga masih diproduksi dengan cara-cara manual. Meski pembuatannya masih tradisional, tapi kerajinan ini gak kalah sama buatan pabrik. Berikut 5 kerajinan khas Gresik.

1. Damar Kurung

Kopiah Hingga Tenun, 5 Kerajinan Khas Gresik yang Pas untuk Oleh-olehFoto Instagram damarkurung_souvernir

Kerajinan khas Gresik yang sangat populer adalah Damar Kurung. Damar kurung sendiri adalah sebuah lentera. Biasanya, pada bulan ramadhan dalam kalender Hijriyah. Warga muslim Gresik akan menggantungkan lentera damar kurung di depan rumah untuk menyambut lailatul Qodar. Kerajinan khas Gresik ini bisa anda dapatkan di beberapa toko pusat kerajinan di Gresik.

Baca Juga: 6 Oleh-oleh Khas Gresik Paling Populer Jadi Buah Tangan

2. Kursi dan meja rotan

Kopiah Hingga Tenun, 5 Kerajinan Khas Gresik yang Pas untuk Oleh-olehFoto Instagram rotan.bambu

Kedua ada kursi dan meja rotan. Sesuai namanya kerajinan yang berbahan dasar rotan ini umumnya diproduksi di Kecamatan Menganti. Selain bertani, masyarakat di sana juga umumnya membuat anyaman rotan untuk menopang kehidupan sehari-hari. 

Selain memproduksi meja dan juga kursi rotan, ada produk lainnya yang juga bisa anda bawa pulang seperti souvernir dan juga keranjang buah. Untuk bahan baku rotan sendiri masyarakat masih mengandalkan dari Sulawesi dan Kalimantan.

3. Songkok atau kopiah khas Gresik

Kopiah Hingga Tenun, 5 Kerajinan Khas Gresik yang Pas untuk Oleh-olehFoto Instagram kopiahbmhgresik

Bagi kamu yang ingin berbelanja songkok atau kopiah, di Gresik pusatnya. Songkok yang dihasilkan dari industri rumahan di wilayah Pakelingan, Bungah, Kemuteran, dan juga Kroman ini sudah sangat terpopuler. 

Bahkan industri rumahan yang umumnya ibu-ibu sebagai pengerajinnya itu sudah merambah pasar ke beberapa wilayah di Indonesia. Kopiah atau songkok ini masih diproduksi secara manual oleh masyarakat. 

4. Sarung tenun khas Gresik

Kopiah Hingga Tenun, 5 Kerajinan Khas Gresik yang Pas untuk Oleh-olehFoto Instagram sarung_gresik

Tak hanya songkok atau kopiah. Kabupaten Gresik juga dikenal sebagai daerah pengerajin sarung tenun. Industri kerajinan sarung tenun sendiri berada di Gresik ini berpusat di Kecamatan Benjeng dan Cerme.

Sarung tenun khas Gresik masih mengandalkan manusia sebagai tenaga pembuatannya. Meski terbilang masih tradisional dalam membuat, tetapi sarung ini memiliki kualitas yang baik dan diminati masyarakat luas. 

5. Batu onyx atau marmer

Kopiah Hingga Tenun, 5 Kerajinan Khas Gresik yang Pas untuk Oleh-olehFoto Instagram Bwocxclassic

Ke Kabupaten Gresik, kurang lengkap jika tidak mengunjungi sentral batu onyx atau masyarakat setempat menyebutnya batu marmer. Batu yang memiliki nilai jual tinggi ini dapat anda jumpai di sekitaran Pulai Bawean yang terletak di sebelah utara pesisir Gresik. 

Biasanya oleh masyarakat setempat, batu marmer ini akan dipahat dan dijadikan guci, vandel maupun patung. Batu onyx ini sudah merambah ke pasar mancanegara lho.

Baca Juga: Krawu hingga Jabung, 5 Makanan yang Wajib Dicicipi Saat ke Gresik

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya