Comscore Tracker

Menikmati Sunset di Pantai Konang Trenggalek

Spot terfavorit menikmati sunset ala pesisir selatan Jatim

Trenggalek merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di kawasan pesisir selatan. Dengan letak geografis yang dimiliki, maka tak heran kalau Trenggalek memiliki banyak wisata pantai yang memesona. Salah satunya adalah Pantai Konang.

Mungkin belum banyak yang tahu dengan Pantai Konang ini. Namun ketika sudah datang ke sana, dijamin mau balik lagi, deh! Hal itu karena Pantai Konang memiliki panorama pantai yang indah, dan terkenal dengan spot berburu sunsetnya. Penasaran, kan? Yuk, simak informasi berikut ini.

1. Lokasi dan rute

Menikmati Sunset di Pantai Konang TrenggalekPantai Konang (instagram.com/explore_trenggalek)

Pantai Konang berlokasi di Nglebeng, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Kecamatan Panggul memang terkenal dengan wisata pantainya. Sekitar 3 kilometer dari Pantai Konang juga terdapat wisata Pantai Pelang.

Untuk menuju Pantai Konang dibutuhkan waktu tempuh lebih dari 1 jam baik menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Dari pusat kota Trenggalek kamu harus ke selatan menuju Kecamatan Panggul. Kecamatan Panggul termasuk dataran tinggi jadi medannya naik turun. Namun akses menuju Pantai Konang sudah mudah dengan aspal.

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Trenggalek: Lokasi dan Harga Tiket

2. Tiket masuk gratis

Menikmati Sunset di Pantai Konang TrenggalekPantai Konang (instagram.com/explore_trenggalek)

Untuk memasuki kawasan Pantai Konang, wisatawan tidak dikenakan biaya alias gratis. Wisatawan dapat menikmati keindahan pesisir pasir putih, dengan laut kebiruan, serta deburan ombak.

Meskipun tidak dikenakan biaya masuk, namun wisatawan dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan kawasan pantai. Wisatawan juga tidak diperkenankan terlalu ke tengah laut, mengingat ombak pantai selatan yang cukup tinggi.

3. Spot terbaik berburu sunset

Menikmati Sunset di Pantai Konang TrenggalekPantai Konang (instagram.com/exploretrenggalek)

Pantai Konang terkenal dengan spot berburu sunsetnya. Waktu terbaik berburu sunset adalah sore hari sekitar pukul 17.00 sampai menjelang malam. Jadi sebelum melihat sunset, pengunjung dapat bersantai dulu menikmati keindahan Pantai Konang.

Datang lebih awal juga bertujuan supaya tidak melewatkan sunset. Mengingat waktu sunset terjadi hanya singkat. Tak hanya sekedar memandang, wisatawan juga sering mengabadikan momen cantik ini melalui foto.

4. Terdapat kampung nelayan

Menikmati Sunset di Pantai Konang TrenggalekPantai Konang (instagram.com/dwiyunar1026)

Tak jauh dari bibir pantai, terdapat perkampungan warga setempat. Karena kebanyakan mata pencaharian warga adalah nelayan, maka kampung tersebut juga dinamai kampung nelayan.

Di kampung nelayan ini wisatawan dapat berbelanja ikan dan aneka tangkapan laut di kios-kios yang tersedia. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati versi matangnya di warung-warungnya. Rasa ikan dan olahan lautnya segar karena berasal langsung dari tangkapan nelayan Pantai Konang.

5. Fasilitas di Pantai Konang

Menikmati Sunset di Pantai Konang TrenggalekPantai Konang (instagram.com/trutusan_trenggalek)

Meskipun memasuki wisata Pantai Konang tidak dikenakan biaya, bukan berarti fasilitas yang tersedia tidak lengkap. Di sini sudah banyak memiliki fasilitas untul menunjang kenyamanan pengunjung. Seperti area parkir yang luas, kamar mandi, musala, tempat duduk, hingga tempat makan di sepanjang bibir pantai.

Pantai Konang merupakan destinasi wisata andalan Trenggalek yang mungkin masih belum banyak diketahui orang. Maka dari itu, jika sedang mencari destinasi liburan pantai, bisa banget menuju Pantai Konang, sembari mengenalkan dan memajukan pariwisata lokal.

Baca Juga: 16 Wisata Di Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jatim

Fika Febriana Photo Community Writer Fika Febriana

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya