Comscore Tracker

5 Pesona Pantai Popoh, Wisata Favorit di Tulungagung 

Tawarkan pesona pantai yang memukau

Secara geografis, daerah selatan Tulungagung berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Karena hal tersebut, Tulungagung memiliki banyak wisata pantai yang memesona, salah satunya adalah Pantai Popoh.

Pantai yang menawarkan pesona laut biru tersebut sering menjadi incaran wisatawan saat berkunjung ke Tulungagung. Selain menawarkan pesona yang memukau, akses menuju Pantai Popoh juga mudah dilalui kendaraan. Harga tiket masuk Pantai Popoh sebesar Rp10 ribu per orang.

Yuk, simak pesona Pantai Popoh berikut ini, biar kamu semakin ingin berlibur ke sana.

1. Dikelilingi pegunungan kapur 

5 Pesona Pantai Popoh, Wisata Favorit di Tulungagung Pantai Popoh (instagram.com/tulungagungtourism)

Berlokasi di Desa Besole, Kec. Besuki, kamu akan disuguhi pemandangan pegunungan kapur di sepanjang jalan menuju Pantai Popoh. Karena berada di kawasan pegunungan kapur, air di Pantai Popoh dingin dan jernih. Wisatawan bisa bermain air di tepi pantai. Namun karena laut selatan Tulungagung menghadap langsung ke Samudra Hindia, wisatawan dihimbau untuk berhati-hati dengan ombak.

Hawa di Pantai Popoh masih sejuk dan asri. Sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, saudara maupun teman.

Baca Juga: 10 Potret Panorama Pantai Popoh, Pantai Indah di Kabupaten Tulungagung

2. Lokasi favorit berburu sunset 

5 Pesona Pantai Popoh, Wisata Favorit di Tulungagung Pantai Popoh (instagram.com/tulungagungsparkling)

Anak-anak senja doyan banget loh berburu sunset di Pantai Popoh ini. Langit senja dengan panorama laut lepas pasti akan memanjakan mata. Selain itu deburan ombak pantai juga menambah vibes dream beach di Pantai Popoh ini.

Banyak wisatawan yang memotret dan merekam sunset di Pantai Popoh karena pesonanya yang sangat indah. Kalau berkunjung ke Pantai Popoh, pastikan gak melewatkan sunset, ya!

3. Jadi lokasi upacara Larung Sembonyo ketika bulan Muharram 

5 Pesona Pantai Popoh, Wisata Favorit di Tulungagung Larung Sembonyo di Pantai Popoh (instagram.com/prokopim_tulungagung)

Jika berkunjung di bulan Muharram (dalam kalender tahun Hijriyah) wisatawan akan sangat beruntung. Pasalnya wisatawan dapat menyaksikan langsung upacara Larung Sembonyo. Larung Sembonyo adalah upacara adat yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Upacara ini dilakukan dengan melarung kepala kerbau dan hasil bumi ke laut.

Upacara khas Tulungagung ini menjadi daya tarik wisatawan. Bahkan wisatawan dari luar kota berbondong-bondong untuk menyaksikan salah satu budaya Indonesia ini.

4. Padepokan Reco Sewu yang menghadap pantai 

5 Pesona Pantai Popoh, Wisata Favorit di Tulungagung Padepokan Reco Sewu (instagram.com/portal.tulungagung)

Tak jauh dari kawasan pantai, terdapat Padepokan Reco Sewu. Reco atau arca di padepokan tersebut berjumlah mencapai 2.999. Arca yang ada di padepokan adalah arca Reco Pentung (arca Dwarapala yang membawa pentung). Arca tersebut adalah maskot penjaga Kabupaten Tulungagung yang juga diletakkan di setiap perbatasan Tulungagung.

Padepokan Reco Sewu telah dibangun sekitar tahun 1986–1993. Arca yang ada di sana masih terawat dengan baik. Wisatawan dapat melihat ribuan arca dan berfoto dengan latar belakang arca-arca tersebut. 

5. Melihat aktivitas nelayan 

5 Pesona Pantai Popoh, Wisata Favorit di Tulungagung Pantai Popoh (instagram.com/kitatulungagung)

Wisatawan dapat melihat perahu nelayan yang singgah dengan rapi di bibir pantai. Deretan kapal nelayan ini sungguh unik dan sangat estetik untuk dipotret. Tak jarang, banyak wisatawan yang mengabadikan momen tersebut.

Pemandangan nelayan dengan hasil tangkapan juga dapat disaksikan di Pantai Popoh, loh. Dijamin benar-benar berada di perkampungan nelayan.

Bagi wisatawan yang hobi icip-icip, dapat menikmati beragam olahan ikan yang dijual dengan harga terjangkau. Wisatawan juga dapat berburu pernak-pernik khas Pantai Popoh di kios-kios pedagang. 

Itu tadi pesona yang dimiliki Pantai Popoh yang tak lekang oleh zaman. Sudah semakin membuatmu ingin mengunjungi Pantai Popoh, kan!

Baca Juga: 5 Pantai Paling Hits di Tulungagung, Wisatawan Wajib Mampir!

Fika Febriana Photo Community Writer Fika Febriana

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya