Comscore Tracker

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Gunung Wayang Lumajang

Bisa lihat Semeru sekaligus laut selatan

Gunung Wayang adalah salah satu gunung dengan panorama alam yang sangat menawan. Terletak di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candi Puro, Lumajang, kamu bisa menikmati keindahan Semeru dari puncak gunung Wayang ini.

Untuk sampai di Gunung Wayang, kamu cukup menempuh perjalanan selama 15 menit dari pusat kota. Sedangkan untuk sampai pada puncaknya, kamu cukup hiking selama 20 menit saja. Tidak terlalu melelahkan bukan? Hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi wisatawan. Gunung Wayang selalu dipenuhi pengunjung ketika weekend tiba.

Berikut 5 rekomendasi aktivitas seru yang bisa kamu coba ketika sampai di puncak Gunung Wayang. Liburanmu kali ini bakal sangat mengasyikkan.

1. Menikmati pemandangan Semeru dan laut selatan 

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Gunung Wayang LumajangSpot lihat Semeru dari Gunung Wayang. (instagram.com/gunungwayanglumajang)

Hal pertama yang dapat kamu nikmati ketika sampai di puncak Gunung Wayang adalah panorama indah Gunung Semeru, dan laut selatan. Pemandangan yang eksotis ini pastinya akan menghilangkan semua rasa lelah selama pendakian.

Bahkan jika beruntung kamu dapat menyaksikan pemandangan langka, ketika lava semeru keluar dari bibir kawah gunung. Wow!  Wajib banget mampir sih!

2. Olahraga Paralayang 

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Gunung Wayang LumajangParalayang Gunung Wayang. (instagram.com/pariwisata_lumajang)

Gunung Wayang memiliki ketinggian dan embusan angin yang cocok untuk olahraga paralayang. Hal inilah yang kemudian mendorong pemerintah untuk berbenah. Diketahui pada 2020, pemerintah Lumajang telah membangun tempat take off paralayang di Gunung Wayang. Kini tempat wisata alam ini, telah berkembang menjadi wisata aerosport pula.

Hingga saat ini, fasilitas paralayang di Gunung Wayang selalu aktif digunakan sebagai tempat berlatih oleh beberapa komunitas dan atlet paralayang ternama.

3. Hiking dan camping bersama kawan

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Gunung Wayang LumajangCamping di Gunung Wayang. (instagram.com/gunungwayanglumajang)

Gunung Wayang juga kerap kali menjadi jujugan camping oleh beberapa wisatawan. Track yang cukup dekat dan tidak berbahaya, membuat banyak wisatawan perempuan pun berdatangan untuk sekedar mendaki dan melihat pemandangan atau juga menginap.

Tak perlu khawatir akan kerepotan, di kawasan wisata ini juga akan kamu temui persewaan peralatan yang kamu butuhkan untuk camping. Praktis banget!

4. Menikmati sunset dari puncak

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Gunung Wayang LumajangSunset di Gunung Wayang. (instagram.com/dikyfirmansyah232)

Mendaki pada waktu sore hari dapat menjadi alternatif terbaik untuk kamu, yang tidak memiliki cukup waktu untuk menginap. Panorama sunset yang disuguhkan di puncak Gunung Wayang sangat menawan. Para pecinta alam wajib merapat, karena dijamin akan ketagihan.

Baca Juga: HUT RI ke-77, Jalur Pendakian Gunung Lawu Tetap Buka

5. Hasilkan foto paling on-point 

5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Coba di Gunung Wayang LumajangSpot foto Gunung Wayang. (instagram.com/gunungwayanglumajang)

Tentunya dengan segala pesona yang disuguhkan ini, akan rugi rasanya jika kamu tidak mengabadikan banyak momen di puncak Gunung Wayang. Berbagai spot foto indah yang ditawarkan, seringkali membuat para wisatawan berlomba-lomba untuk mengambil foto terbaiknya di sini. Jangan sampai ketinggalan, nih!

Itulah 5 aktivitas asyik yang bisa kamu coba bersama teman dan keluarga ketika berkunjung ke Gunung Wayang! Wajib masuk wishlist sekali seumur hidup, nih!

Baca Juga: Erupsi Empat Kali, Gunung Raung Masih Level 1

Egydia Artamevia Photo Community Writer Egydia Artamevia

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya