7 Wisata Dekat Stasiun Malang yang Bisa Ditempuh Jalan Kaki

Wajib ke sini kalau lagi di Malang

Wisata dekat Stasiun Malang Kota kerap jadi jujugan wisatawan dari luar kota yang berkunjung ke Malang setelah menempuh perjalanan dengan kereta api.

Wisata dekat Stasiun Malang berikut ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena jaraknya yang tak begitu jauh. So, kalau kamu berlibur ke Malang menggunakan kereta api, buruan deh berwisata ke dekat Stasiun Malang berikut ini sebelum pergi ke tempat lainnya.

1. Alun-Alun Tugu

7 Wisata Dekat Stasiun Malang yang Bisa Ditempuh Jalan KakiAlun-Alun Tugu Malang. Instagram/daisydaisy_id

Jarak antara Stasiun Malang Kota dengan Alun-Alun Tugu hanya sekitar 1 kilometer saja dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Alun-Alun Tugu Malang baru saja direvitalisasi oleh pemerintah kota sehingga tampak lebih fresh. Lampu-lampu taman dan air mancur yang menyala siap menyambutmu yang baru datang ke Malang.

Lokasi: Jl. Tugu, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang

Baca Juga: 5 Warung Bakso Sekitar Stasiun Malang yang Wajib Dicoba

2. Alun-Alun Malang

7 Wisata Dekat Stasiun Malang yang Bisa Ditempuh Jalan KakiArena bermain anak di Alun-Alun Kota Malang. Dok. Dhafintya

Malang punya dua alun-alun kota yaitu Alun-Alun Tugu dan Alun-Alun Malang. Kalau lagi ke Malang, kamu wajib datengin keduanya. Alun-Alun Malang berukuran lebih luas dan lebih rindang. Serta dilengkapi dengan taman bermain anak, air mancur, skate park dan tentunya pepohonan rindang yang nyaman untuk berteduh di bawahnya. Alun-Alun Malang juga berdekatan dengan Masjid Agung Jami’ yang juga salah satu destinasi wisata.

Lokasi: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang

3. Pasar Splendid

7 Wisata Dekat Stasiun Malang yang Bisa Ditempuh Jalan KakiPasar Splendid Malang. Instagram/pesonamalangraya

Kamu pecinta hewan dan tanaman bisa berwisata ke Pasar Splendid. Atau kamu penggemar street photography bisa hunting di sini. Jarak Pasar Splendid dengan Stasiun Malang Kota hanya sekitar 1 kilometer saja. Apabila berjalan kaki bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit. Jalanan di sekitar Stasiun Malang termasuk teduh karena di kanan kiri jalan ada pepohonan besar yang menjulang tinggi. Kamu gak usah khawatir kepanasan.

Lokasi: Jalan Tumapel, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang

4. Kampung Heritage Kayutangan

7 Wisata Dekat Stasiun Malang yang Bisa Ditempuh Jalan KakiKali Sukun di Kampung Heritage Kayutangan Malang. Kemenparekraf

Kampung Heritage Kayutangan Malang menjadi destinasi wisata sejarah yang menyuguhkan jejak kejayaan kolonial. Rumah-rumah lawas yang dibangun di era kolonial Belanda tetap tegak berdiri meski usianya mencapai ratusan tahun. Sehingga pengunjung kampung ini bakal disuguhi nuansa nongkrong dengan pemandangan aktivitas perkampungan yang bersahaja. Banyak pula kafe dan tempat makan di sini. Jaraknya pun tak terlalu jauh dari Stasiun Malang dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. Kalau ke Malang wajib mampir ke sini ya!

Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang

5. Kampung Warna-Warni Jodipan

7 Wisata Dekat Stasiun Malang yang Bisa Ditempuh Jalan KakiSalah satu spot di Kampung Warna-Warni Malang. Instagram/kampung_warna_warni

Keindahan Kampung Warna-Warni Jodipan sudah terdengar ke penjuru Indonesia sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung. Tiket masuknya murah meriah hanya Rp5.000 per orang yang ditukarkan dengan stiker atau gantungan kunci. Kamu bisa berjalan menyusuri kampung Jodipan yang rumah-rumah penduduknya dicat beragam warna. Banyak spot foto yang bisa kamu abadikan di sini. Sepanjang berwisata di Kampung Warna-Warni kamu bakal disambut dengan keramahan warga lokal.

Lokasi: Jl. Zaenal Zakse, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang

6. Kampung Biru Arema

7 Wisata Dekat Stasiun Malang yang Bisa Ditempuh Jalan KakiKampung Biru Arema di Kota Malang. Instagram/yoiki_malang

Tepat di seberang Kampung Warna-Warni ada Kampung Biru yang seluruh rumah penduduknya dicat warna yang identik dengan Arema, klub sepak bola asal Malang. PengecatanKampung Biru menghabiskan sekitar 15 ton cat berwarna biru yang dikerjakan sendiri oleh warga untuk mengecat 500 rumah. Banyak spot foto yang bisa kamu ambil gambarnya di sini. Sepanjang perjalanan di Kampung Biru Arema kamu bakal menjumpai keramahan warga lokal.

Lokasi: Kidul Dalem, Klojen, Kota Malang

7. Kampung Putih

7 Wisata Dekat Stasiun Malang yang Bisa Ditempuh Jalan KakiKampung Putih Malang. Indana

Kampung tematik di Malang selanjutnya adalah Kampung Putih. Lokasinya juga tidak jauh dari Stasiun Malang. Tepatnya berada di sebelah selatan Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Sesuai namanya, semua rumah dan kawasan yang ada di kampung ini dicat putih sehingga nampak anggun dan bersih. Guna memikat wisatawan, di kampung ini juga diberikan beberapa ornamen dan spot foto. Kampung Putih memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Kampung Warna Warni dan Kampung Biru Arema karena letaknya berada di dekat bantaran sungai.

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto, Celaket, Kota Malang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata dekat Stasiun Malang yang bisa kamu jelajah. Mana nih yang bakal kamu datengin pertama kali kalau lagi berlibur ke Malang?

Baca Juga: 5 Warung Pecel Dekat Stasiun Kota Baru Malang, Bisa Buat Sarapan 

dhafintya noorca Photo Community Writer dhafintya noorca

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya