Comscore Tracker

Wisata Tani Betet: Susur Sungai ala Perahu Kanal Amsterdam

Yuk baca informasi tentang lokasi, rute dan harga tiketnya!

Ingin berwisata air dengan naik perahu ala-ala wisata di Kanal Amsterdam? Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Belanda, lho! Di Nganjuk telah dibuka wahana wisata air yaitu Wisata Tani Betet atau WTB.

Perahu dengan berbagai warna siap membawamu untuk menyusuri sungai Apur sepanjang 150 meter ini sembari menikmati alam desa Betet yang sejuk. Nah, jika kamu masih ragu untuk mengunjungi wisata ini, yuk coba baca dulu ulasan menarik tentang destinasi Wisata Tani Betet berikut!

1. Sekilas tentang Wisata Tani Betet 

Wisata Tani Betet: Susur Sungai ala Perahu Kanal AmsterdamSuasana di lokasi Wisata Tani Betet. (Instagram.com/plndistrubusijatim)

Wisata Tani Betet merupakan salah satu wisata alam di Nganjuk. Pada awalnya, tempat ini merupakan sebuah sungai yang kotor. Melihat adanya potensi wisata dari sungai tersebut, seorang warga dari desa Betet memiliki inisiatif untuk menyulap sungai yang memiliki lebar sekitar 6 meter menjadi wisata air.

Dengan bergotong-royong, pada tahun 2016 tempat wisata ini pun berdiri. Berbagai wahana pun disediakan di Wisata Tani Betet seperti perahu yang terbuat dari bekas drum, sepeda air buatan lokal, taman dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Cafe Hits di Nganjuk, Tawarkan Panorama Alam

 2. Lokasi, harga tiket dan jam operasional  

Wisata Tani Betet: Susur Sungai ala Perahu Kanal AmsterdamPengunjung berswafoto di taman Wisata Tani Betet. (Instagram.com/nganjuk.galeri)

Lokasi administratif Wisata Tani Betet berada di Jalan Wisata Tani No.1, Barik, Betet, Kec. Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Kamu bisa datang ke sini setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Untuk tiket masuk tempat wisata ini terbilang cukup murah yaitu Rp3 ribu saja per orang. Namun, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dan juga belum termasuk biaya menaiki berbagai wahana di tempat ini ya!

3. Rute Wisata Tani Betet  

Wisata Tani Betet: Susur Sungai ala Perahu Kanal AmsterdamPengunjung bermain sepeda air di Sungai Apur. (Instagram.com/nganjukhitskekinian)

Wisata yang tengah populer di Nganjuk ini bisa kamu explore dengan menggunakan kendaraan pribadi baik motor, mobil ataupun kendaraan besar seperti bis karena akses jalannya yang sangat mudah. Jika kamu berkendara dari pusat kota Nganjuk, maka kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 22 km atau sekitar 32 menit saja.

Dari alun-alun Nganjuk, kamu bisa mengambil jalan besar Nganjuk - Surabaya dan lurus ke timur hingga pos polisi Barong. Lalu ambil arah ke selatan sampai masjid, belok ke timur. Dari situ, kamu akan menemukan perematan lalu belok ke kanan arah SMKN 1 Tanjunganom.

Sampai perempatan, ambil arah kanan lalu lurus saja dan kamu akan sampai dengan lokasi Wisata Tani Betet. Buat kamu yang masih asing dengan daerah Nganjuk, kamu juga bisa menggunakan navigasi google map agar tidak tersesat.

4. Fasilitas Wisata Tani Betet

Wisata Tani Betet: Susur Sungai ala Perahu Kanal AmsterdamSuasana di dalam greenhouse dengan tanaman yang disinari lampu ultraviolet. (Instagram.com/plndistribusijatim)

Pihak pengelola Wisata Tani Betet telah menyediakan fasilitas yang lengkap agar pengunjung merasa betah dan nyaman di berlama-lama di tempat ini. Beberapa fasilitas yang dimilikinya adalah area parkir wisatawan yang luas, pusat informasi, toilet, mushola serta gazebo bambu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menginap di penginapan yang tersedia, menyantap berbagai menu di kedi penjual makanan , bermain berbagai wahana permainan menarik, berswafoto di spot foto yang instagramable, serta bermain di outbond arena.

5. Spot wisata 

Wisata Tani Betet: Susur Sungai ala Perahu Kanal AmsterdamPengunjung tengah antri menaiki perahu klotok di Wisata Tani Betet. (Instagram.com/nganjukkotabayu)

Berlibur di Wisata Tani Betet Kabupaten Nganjuk Jatim, kamu akan dimanjakan dengan berbagai macam aktivitas menarik yang seru dan menyenangkan.

Beberapa wahana permainan yang tersedia antara lain sepeda air yang bisa kamu dayung dengan menggunakan kedua kaki, naik perahu klotok, bermain air di kolam dan air mancur hingga bernyanyi di panggung karaoke.

Kamu juga bisa menikmati suasana serta panorama persawahan yang hijau dan sejuk sembari bersantai di tempat-tempat duduk yang telah disediakan. Berbagai spot foto menarik seperti rumah pohon, taman bunga dan banyak lainnya dapat kamu jadikan alternatif untuk hunting fotografi.

Selain itu, di WTB juga tersedia beberapa wahana edukasi antara lain kandang kambing, area pembibitan, greenhouse dengan lampu ultraviolet (UV) serta ribuan ikan di sungai yang boleh kamu pancing lho!

Liburan ke Wisata Tani Betet tidak akan membuatmu mati gaya karena banyak sekali aktivitas seru yang bisa kamu lakukan seperti bermain air, menyusuri sungai, menikmati alam, memancing, berlajat tentang peternakan dan pembibitan tanaman serta hunting foto. Jadi, apa kamu tertarik untuk mengunjunginya juga?

Baca Juga: 5 Toko Oleh-oleh Paling Populer di Nganjuk, Yuk Buruan Borong!

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya