Berpisah, Ini Statistik Aji Santoso Selama Menukangi Persebaya

Pernah hampir membawa Persebaya juara

Kabar mengejutkan datang dari Persebaya Surabaya. Mereka resmi mengakhiri kontrak kerja sang kepala pelatih, Aji Santoso, per 13 Agustus 2023. Dengan begini, Persebaya tak akan lagi dibesut pelatih berusia 53 tahun itu saat melanjutkan persaingan di Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Perpisahan Aji Santoso sendiri didasari faktor kegagalan dalam mengangkat performa Persebaya di Liga 1 musim ini. Ia bertanggung jawab atas grafik menyusut Bajol Ijo pada beberapa laga awal. Bahkan, Persebaya sempat tercecer di zona degradasi. Meski terbilang mengejutkan, namun sumbangsih coach Aji patut dihargai.

Aji Santoso sendiri memahami betul seluk beluk Persebaya. Pasalnya, ia sudah menghabiskan 4 musim lebih sebagai pelatih klub kebanggaan Surabaya ini. Rekor coach Aji juga tak terlalu buruk di Persebaya. Bahkan, dominan membawa Bajol Ijo finis di papan atas klasemen akhir Liga 1 Indonesia pada tiap musimnya.

1. Menakhodai Persebaya selama 5 musim

Berpisah, Ini Statistik Aji Santoso Selama Menukangi PersebayaAji Santoso (instagram.com/officialpersebaya)

Aji Santoso mempunyai tanggung jawab yang tak sebentar di Persebaya. Pelatih kelahiran 6 April 1970 asal Malang itu sudah menghabiskan masa jabatan rentang waktu 5 musim sebagai pelatih Bajol Ijo. Coach Aji memulainya sejak 2019—2023.

Sebelum membesut Persebaya, Aji Santoso sudah mengantongi pengalaman melatih klub lain. Ia pernah menjadi kepala pelatih di tiga klub berbeda, seperti Arema FC, Persela Lamongan, dan PSIM Yogyakarta. Coach Aji sendiri merintis karier kepelatihan selama 5 tahun sebelum ke Persebaya.

2. Mengukir rekor kemenangan mentereng, salah duanya di kandang Arema FC dan Persija

Berpisah, Ini Statistik Aji Santoso Selama Menukangi PersebayaAji Santoso (instagram.com/officialpersebaya)

Aji Santoso mengukir rekor kemenangan yang hebat bersama Persebaya. Secara keseluruhan, ia meraup 41 menang dari 83 laga sebagai kepala pelatih Bajol Ijo. Sedangkan, sisanya berakhir dengan 20 hasil imbang dan 22 hasil kalah.

Tak hanya itu, coach Aji juga menjadikan Persebaya sebagai tim yang produktif dalam masa kepelatihannya. Hal itu bisa dibuktikan Persebaya mencetak total 139 gol selama dinakhodai coach Aji. Mereka juga membukukan 23 clean sheets dan 101 jumlah kebobolan.

Beberapa rekor pun dicatat pemilik sekolah sepak bola ASIFA Malang ini. Aji mampu memecahkan rekor tanpa kemenangan di kandang rival mereka, Arema FC musim lalu. Di bawah asuhan Aji, Persebaya akhirnya bisa menang di kandang Arema FC setelah 23 tahun. Sayangnya, rekor itu ternodai dengan kerusuhan di stadion Kanjuruhan yang menelan 135 korban tewas.

Rekor lain adalah kemenangan atas Persija di Gelora Bung Karno Persija 2-1 pada tahun 2019. Kemenangan itu terasa spesial karena selama 25 tahun Persebaya tak pernah menang atas Macan Kemayoran di GBK. 

Baca Juga: Persebaya Kalah Lagi, Aji Santoso Diganti Uston Nawawi

3. Membawa Persebaya dominan finis di papan atas klasemen

Berpisah, Ini Statistik Aji Santoso Selama Menukangi PersebayaAji Santoso (instagram.com/officialpersebaya)

Bersama Aji Santoso, Persebaya dominan mendapatkan hasil yang lumayan optimal pada tiap musimnya. Mereka kerap bersaing dan finis di papan atas klasemen. Bahkan, Persebaya pernah hampir juara Liga Indonesia di bawah kepelatihan coach Aji.

Selama 5 musim melatih, Aji Santoso berhasil membawa Persebaya finis di papan atas klasemen sebanyak 3 kali. Rinciannya, ia mengantarkan Bajol Ijo finis sebagai runner-up pada kompetisi 2019. Lalu membawa Persebaya finis di tangga ke-5 pada 2021 serta tangga ke-6 pada 2022.

4. Pengabdian Aji Santoso berakhir pada 2023/2024

Berpisah, Ini Statistik Aji Santoso Selama Menukangi PersebayaAji Santoso (instagram.com/officialpersebaya)

Jabatan Aji Santoso sebagai kepala pelatih Persebaya resmi berakhir pada Minggu (13/8/2023). Hal ini terjadi karena ia gagal membawa Bajol Ijo ke dalam performa terbaik pada awal bergulirnya Liga 1 2023/2024. Grafik mereka menurun dengan 1 menang, 2 seri, 3 kalah dalam 6 laga.

Dilansir akun instagram Persebaya, coach Aji sebenarnya tidak dipecat melainkan hanya diistirahatkan. Bahkan, setelahnya, pihak klub pun memberikan tawaran posisi kerja baru di Persebaya. Namun, coach Aji secara pasti telah menolak tawaran itu.

 

Aji Santoso ramai menjadi perbincangan setelah tak memegang jabatan sebagai kepala pelatih Persebaya Surabaya. Bahkan, ada sejumlah rumor yang mengatakan jika beberapa klub tertarik untuk merekrutnya. Lantas, kemanakah coach Aji akan melanjutkan karier kepelatihannya?

 

Baca Juga: Aji Santoso Resmi Dipecat Persebaya

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya