Aji Santoso Resmi Dipecat Persebaya

Kabarnya Aji Santoso dilirik Arema FC

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya resmi mengakhiri kontrak pelatih Aji Santoso. Setelah sebelumnya, status Aji diistirahatkan oleh manajemen. Kemudian posisinya diisi caretaker, Uston Nawawi.

Pemberhentian Aji sebagai pelatih kepala Persebaya sudah diumumkan oleh manajemen tim Bajol Ijo lewat Instagram resmi @officialpersebaya pada Senin (14/8/2023). "Persebaya resmi mengakhiri kerja sama dengan Aji Santoso pada Minggu 13 Agustus 2023," tulis akun resmi.

Manajemen tim sebenarnya sudah menawarkan sejumlah posisi baru kepada Aji. Karena pihak manajemen tidak ingin kontrak yang sudah ada terputus begitu saja. Posisi yang ditawarkan mulai Direktur Teknik hingga Koordinator Tim Elite Pro Accademy.

"Namun Coach Aji bisa menolak tawaran itu," tambah akun resmi Persebaya.

Perjalanan Aji bersama Persebaya cukup lama. Pelatih asal Malang itu menukangi Bajol Ijo sejak tahun 2019. Saat itu Persebaya moncer. Berhasil mengakhiri kompetisi Liga 1 di posisi ke-2. 

Memasuki musim 2020-2021, kompetisi terhenti. Kemudian musim 2021-2022, Persebaya masih di papan atas. Aji Santoso membawa tim kebanggaan Bonek berada di peringkat ke-5. 

Lebih lanjut, pada musim 2022-2023, Aji mengantarkan Persebaya finish di posisi ke-6. Secara grafik, Persebaya terus turun. Tapi manajemen percaya Aji bisa membawa Persebaya juara. Alhasil pada musim 2023-2024, ditarget juara.

Tapi kenyataan berkata lain, dalam enam laga awal Persebaya mendapat hasil jauh dari ekspektasi. Bukannya bersaing di tangga juara, justru terjerembab di zona degradasi. Alhasil manajemen mengganti Aji dengan Uston Nawawi. 

Di bawah komando Uston, tim yang identik dengan jersey hijau-hijau ini mulai bangkit. Dua pertandingan, satu tandang dan satu kandang dilibas dengan kemenangan. Kini, Persebaya perlahan naik. Lepas dari zona degradasi menuju papan tengah klasemen.

Baca Juga: Persebaya Kalah Lagi, Aji Santoso Diganti Uston Nawawi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya