Profil Robson Duarte, Suksesor Sho Yamamoto di Persebaya

Pemain yang memiliki kecepatan

Persebaya Surabaya memiliki wajah skuad yang berbeda saat mengarungi putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023/2024. Terutama untuk pemain asing, mereka melakukan perombakan yang cukup besar. Bajol Ijo telah melepas 3 pemain asing lama dan mendatangkan 3 pemain baru.

Salah satu pemain asing yang baru diboyong Persebaya sendiri adalah Robson Duarte. Winger berusia 30 tahun itu didatangkan untuk mengganti peran winger Bajol Ijo sebelumnya, Sho Yamamoto. Duarte merupakan pemain yang memiliki rekam jejak karier cukup apik. Ia pernah lama berkiprah di Brasil dan Korea Selatan.

1. Pemain kelahiran Brasil

Profil Robson Duarte, Suksesor Sho Yamamoto di PersebayaRobson Duarte (instagram.com/robson_duarte93)

Robson Duarte merupakan pemain asli kelahiran Londrina, Brasil. Ia lumayan lama menghabiskan karier di negara sendiri. Tercatat, Duarte sudah bermain di Liga Brasil kisaran waktu 3 tahun.

Kiprah Duarte bisa dibilang tak tak terlalu mentereng di Brasil. Pasalnya, ia lebih sering membela klub-klub yang bermain di kompetisi kasta kedua maupun regional. Setidaknya, ada enam klub yang dibela Duarte selama itu, seperti Santo Andre, Ituano, Agua Santa, Associacao Atletica Anapolina, Parana Clube, dan Sampaio Correa.

Meski demikian, Duarte pernah mencicipi atmosfer kasta tertinggi di Liga Brasil atau Campeonato Brasileiro Serie A. Itu terjadi saat ia menjadi salah satu bagian dari Goias EC pada 2018. Hanya saja, kiprah Duarte bertahan tidak lebih sampai 1 tahun di sana.

2. Melanglang buana di Liga Korea Selatan

Profil Robson Duarte, Suksesor Sho Yamamoto di PersebayaRobson Duarte (instagram.com/robson_duarte93)

Dalam sela-sela kiprahnya di Brasil, Robson Duarte pernah bermain di luar negeri. Ia sempat berkarier di Liga Korea Selatan selama beberapa periode. Duarte menghabiskan waktu yang tidak sebentar di Korea.

Karier Duarte di Korea Selatan dimulai saat membela Gwangju FC pada 2018. Ia bermain bersama klub yang mentas di kasta teratas Liga Korea Selatan alias K League 1 pada saat itu. Selang setahun kemudian, performa Duarte sepertinya menurun di Liga Korea.

Hal tersebut bisa dibuktikan jika Duarte harus bermain di kasta kedua Liga Korea Selatan bersama Seoul E-Land pada 2019. Bahkan, untuk 2 periode lainnya, karier sang pemain tak jauh berbeda. Duarte pernah membela Ansan Greeners (2021, 2022) dan Chungnam Asan (2023) di K League 2 Korea Selatan.

3. Bela Ansan Greeners, sempat jadi rekan satu tim Asnawi Mangkualam!

Profil Robson Duarte, Suksesor Sho Yamamoto di PersebayaRobson Duarte (instagram.com/robson_duarte93)

Karier Robson Duarte bersama Ansan Greeners sempat membuat daya tarik tersendiri di K League 2 Korea Selatan. Sebab, bagi publik Indonesia, ia merupakan mantan rekam satu tim Asnawi Mangkualam. Duarte pernah merumput bersama salah satu pemain muda andalan Timnas Indonesia.

Bahkan, kebersamaan Duarte dengan Asnawi tidak sebentar di Ansan Greeners. Mereka menghabiskan waktu selama 2 musim berkiprah di K League 2. Duarte dan Asnawi bermain bersama pada musim kompetisi 2020/2021 dan 2021/2022.

Baca Juga: Persebaya Tanpa Uston saat Lawan Persija

4. Datang ke Persebaya untuk menggantikan peran Sho Yamamoto

Profil Robson Duarte, Suksesor Sho Yamamoto di PersebayaRobson Duarte (instagram.com/officialpersebaya)

Usai memiliki pengalaman kental dengan sepak bola Korea Selatan, Robson Duarte kemudian mencoba tantangan baru ke negara Asia lainnya pada 2023. Ia memutuskan untuk bermain bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Duarte datang pada putaran kedua kompetisi.

Kedatangan Duarte dipastikan mengganti peran yang ditinggalkan winger asal Jepang, Sho Yamamoto. Itu disebabkan mereka mempunyai keahlian yang sama sebagai pemain sayap saat bermain di atas lapangan. Mampukah Duarte jadi suksesor Sho di Persebaya sampai akhir musim 2023/2024 ini?

 

Robson Duarte sudah melakoni debutnya bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Menghadapi RANS Nusantara pada pekan ke-21 liga, ia bermain selama 90 menit penuh. Namun, Duarte gagal membawa Bajol Ijo menang kala itu usai meraih hasil imbang.

 

Baca Juga: Statistik Sho Yamamoto Selama Berkarier di Persebaya

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya