Preview El Classico Persija vs Persebaya, Siapa Terkuat?

Kedua klub sempat bertanding di laga uji coba 2023

Pertandingan dua klub Perserikatan akan tersaji dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/2024. Laga yang memasuki pekan ke-5 ini mempertemukan Persebaya Surabaya versus Persija Jakarta. Duel mereka berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (30/7/2023) pukul 19.00 WIB.

Ada satu fakta menarik jelang menyambut laga el classico ini. Mereka sempat berjumpa di laga uji coba sebelum kompetisi 2023/2024 dimulai. Duel mereka sendiri berakhir imbang (2-2) kala itu. Hasil ini sedikit banyak akan jadi tolak ukur kekuatan mereka saat bertanding di Liga 1 musim ini. Lantas, siapakah yang akan menang nantinya? Atau justru akan berakhir sama kuat lagi?

Yuk, simak preview jelang laga Persebaya Surabaya versus Persija Jakarta berikut ini!

1. Gagal akhiri tren buruk, Persebaya terancam kehilangan beberapa pemain kunci

Preview El Classico Persija vs Persebaya, Siapa Terkuat?Persebaya Surabaya saat menghadapi RANS Nusantara pada putaran pertama di Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya dibayang-bayangi catatan buruk jelang melawan Persija Jakarta di Liga 1 2023/2024 (pekan 5). Mereka gagal memutus rekor menang dalam tiga laga terakhir. Persebaya hanya membukukan 1 menang, 2 imbang, 1 kalah. Paling baru, mereka harus bermain imbang 2-2 kontra RANS Nusantara di kandang sendiri (pekan 4).

Selain itu, Persebaya juga memiliki kendala lain jelang melawan Persija. Mereka terancam kehilangan beberapa pemain karena cedera, seperti Bruno Moreira dan Reva Adi Utama. Kondisi keduanya masih dalam pertimbangan untuk tampil. Di sisi lain, Persebaya sudah dipastikan tak diperkuat Song Ui Young dan Ernando Ari karena mereka mengalami cedera yang parah.

Baca Juga: Persebaya 3 Pertandingan Gak Menang, Ini Catatan Aji Santoso

2. Aji Santoso mewaspadai kolektivitas Persija

Preview El Classico Persija vs Persebaya, Siapa Terkuat?Persebaya Surabaya saat menghadapi RANS Nusantara pada putaran pertama di Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/officialpersebaya)

Aji Santoso, pelatih Persebaya, sudah mengantongi kekuatan Persija yang harus diwaspadai jelang bersua di Liga 1 2023/2024 (pekan 5). Mereka mengakui jika kolektivitas permainan calon lawan terbilang sangat baik. Dengan kata lain, permainan kerja sama antarpemain Persija jadi unggulan.

Aji Santoso akan memberi instruksi anak asuhnya untuk tidak semena-semena saat melawan Persija. Itu agar mereka tak kecolongan sejak awal laga bergulir. Hal ini berguna bagi Persebaya untuk mendulang hasil terbaik nantinya.

Baca Juga: Sah! Persija Jamu Persebaya pada 30 Juli di GBK

3. Tak mampu menangi laga terakhir, Persija berharap dukungan suporter

Preview El Classico Persija vs Persebaya, Siapa Terkuat?Persija Jakarta saat menghadapi Bhayangkara FC pada putaran pertama di Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/persija)

Hampir serupa dengan Persebaya, Persija juga gagal memenangi laga terakhir di Liga 1 2023/2024. Mereka harus legawa setelah menelan kekalahan kontra Persita Tangerang (pekan 4). Ini jadi pelajaran penting Persija jelang menjamu Persebaya (pekan 5).

Kepala pelatih Persija, Thomas Doll, sudah menangkap penyebab timnya kalah pada laga terakhir. Ia mengatakan jika kekalahan itu terjadi karena kurangnya persiapan strategi lantaran kondisi yang tak mendukung. Ini selaras dengan skuad Persija saat ini. Sejumlah pemain mereka tengah absen lantaran cedera.

4. Gelandang baru Persija siap debut lawan Persebaya

Preview El Classico Persija vs Persebaya, Siapa Terkuat?Oliver Bias (instagram.com/persija)

Persija baru mengumumkan pemain ASEAN baru pada 2023/2034. Ia bernama Oliver Bias (22 tahun). Gelandang jebolan RB Leipzig yang aktif memperkuat Timnas Filipina U-23. Persija berharap kedatangan Oliver Bias akan menambah kekuatan di lini tengah. Itu berguna bagi mereka saat mengarungi Liga 1 2023/2024. Oliver Bias sendiri berpeluang debut di Indonesia saat melawan Persebaya (pekan 5).

Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta memiliki skuad kedalaman pemain yang mumpuni pada musim 2023/2024. Ini mendukung perkiraan jika laga mereka akan berlangsung sengit. Siapakah yang keluar sebagai pemenang nantinya? Apakah Persebaya? Atau Persija?

Baca Juga: Hasil Minor, Manajemen Persebaya Panggil Jajaran Pelatih

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya