Performa 5 Bintang Persebaya Ini Melempem, Termasuk Duo Asing

Sampai ada yang sudah memutuskan pergi

Persebaya Surabaya sudah merampungkan semua pertandingan di putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. Dari 17 pertandingan, tim asuhan Josep Gombau itu hanya mengemas 6 menang, 4 imbang, 7 kalah. Statistik tersebut untuk sementara mengantarkan Bajol Ijo finis di tangga ke-10 klasemen liga paruh musim.

Pencapaian Persebaya itu bisa dibilang jauh di bawah harapan. Dikatakan demikian karena mereka merupakan tim yang sempat digadang-gadang jadi pesaing kuat guna menyabet gelar juara liga musim ini. Hal itu disebabkan Bajol Ijo memiliki materi pemain yang berkualitas. Hanya saja, ada beberapa pemain top mereka yang grafik penampilannya malah menurun sejauh ini.

Inilah 5 bintang Persebaya yang performanya melempem di paruh musim Liga 1 2023/2024.

1. Ketajaman Paulo Victor mulai tumpul

Performa 5 Bintang Persebaya Ini Melempem, Termasuk Duo AsingPaulo Victor (instagram.com/officialpersebaya)

Paulo Victor gagal menunjukkan ketajamannya lagi untuk Persebaya. Di paruh musim Liga 1 2023/2024, predator asal Brasil itu hanya mengemas catatan 1 gol dari 14 penampilan. Torehan itu jelas menurun bilamana dibandingkan dengan capaian Victor musim lalu.

Persebaya sendiri tak ada habisnya memberikan kepercayaan penuh kepada Victor sebelumnya. Buktinya, sang pemain telah mengoleksi total 1.027 menit bermain sepanjang liga putaran pertama berlangsung. Tetapi, apalah daya, ia belum menunjukkan kebolehannya lagi musim ini.

Baca Juga: Inilah Deretan Eks Persebaya yang Membela Persik Kediri

2. Sempat bersinar, performa Sho Yamamoto meredup

Performa 5 Bintang Persebaya Ini Melempem, Termasuk Duo AsingSho Yamamoto (instagram.com/officialpersebaya)

Sho Yamamoto jadi pemain asing kedua Persebaya yang penampilannya menurun di paruh Liga 1 2023/2024. Ia baru membukukan 2 gol dari 17 pertandingan (1.357 menit tampil). Meski selalu jadi pilihan utama, tetap saja grafik Sho berbeda jauh bila dibandingkan pada musim lalu.

Di Liga 1 2022/2023, Sho berhasil mengoleksi rekor 10 gol dan 10 assists. Ia menorehkannya dalam 33 laga selama semusim penuh kompetisi. Sho benar-benar menjadi predator ganas Persebaya pada musim itu.

3. Alwi Slamat kehilangan tempat utama

Performa 5 Bintang Persebaya Ini Melempem, Termasuk Duo AsingMuhammad Alwi Slamat (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya sempat memiliki gelandang asal Maluku yang impresif pada 2022/2023 lalu. Ia adalah Alwi Slamat, gelandang muda berusia 24 tahun. Dirinya sempat jadi pilihan utama setelah mendulang statistik 2.434 menit bermain dalam 29 pertandingan.

Hanya saja, performa apik Alwi tak berlanjut pada 2023/2024 ini. Itu terbukti usai sang gelandang baru mengemas dalam 2 laga (118 menit) untuk Persebaya. Bahkan, Alwi kini telah meninggalkan Bajol Ijo untuk menerima pinangan dari Malut United. Ia akan membela klub tanah kelahirannya itu saat berkiprah di Liga 2 musim ini.

4. Muhammad Hidayat juga mengalami nasib serupa

Performa 5 Bintang Persebaya Ini Melempem, Termasuk Duo AsingMuhammad Hidayat (instagram.com/officialpersebaya)

Muhammad Hidayat merupakan mantan rekan duet Alwi Slamat di lini tengah Persebaya pada 2022/2023 lalu. Pemain 27 tahun jebolan Borneo FC itu tampil mentereng usai menuai statistik 27 laga dengan 1.781 menit bermain. Musim lalu, Hidayat jadi gelandang lokal andalan Persebaya.

Nasib Hidayat pun serupa dengan Alwi Slamat. Statistiknya menurun dengan catatan 6 laga dengan 106 menit tampil di Liga 1 2023/2024. Persebaya hanya menjadikan Hidayat sebagai gelandang pilihan kedua musim ini.

5. Gol-gol kejutan Muhammad Iqbal jarang terlihat lagi

Performa 5 Bintang Persebaya Ini Melempem, Termasuk Duo AsingMuhammad Iqbal (instagram.com/officialpersebaya)

Di urutan terakhir ada mantan supersub Persebaya. Ia bernama Muhammad Iqbal, pemain yang biasa bermain di pos winger atau gelandang serang. Pemuda 23 tahun itu sempat mencuri perhatian setelah mengantongi 3 gol hanya dari 9 laga di Liga 2022/2023. Performa Iqbal menanjak menjelang kompetisi berakhir musim lalu.

Di Liga 1 2023/2024, gol-gol kejutan Iqbal sudah jarang terlihat. Posisinya tersingkirkan oleh pemain anyar Persebaya, Wildan Ramdhani. Buktinya, Iqbal baru mencatatkan 5 penampilan dengan 153 menit tampil musim ini. Ia belum mencetak gol sekali pun untuk Bajol Ijo.

Sejauh ini baru Alwi Slamat yang memilih meninggalkan Persebaya Surabaya untuk membela klub lain pada musim 2023/2024. Siapa lagi yang akan menyusul? Apakah duo asing Bajol Ijo?

Baca Juga: Josep Gombau Beberkan Penyebab Kekalahan Telak Persebaya

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya