Kim Do-hyun Terbaru, Ini 7 Pemain Korea yang Pernah Berseragam Persela

Ada In Kyun Oh, Choi Hyun Yeon, dan Han Sang Min

Persela Lamongan adalah klub yang saat ini berkompetisi di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Meski tak berkiprah di kasta tertinggi, namun keberadaan mereka tetap mendapatkan atensi tersendiri bagi publik. Hal ini karena mereka sempat eksis di level teratas Liga Indonesia.

Selain itu, Persela juga dikenal sebagai klub pengorbit pemain asing debutan di Indonesia. Mereka banyak menghasilkan pemain asing yang berkualitas. Sebut saja seperti Marcio Souza, Fabiano Beltrame, Gustavo Lopez, dan masih banyak lainnya.

Tak cuma dari Amerika Latin, Persela juga kerap mengorbitkan pemian asal Asia, seperti dari Korea Selatan. Terbaru, pada Selasa (22/8/2023), mereka mengontrak gelandang tengah, bernama Kim Doh-yun. Ini dia 7 pemain Korea Selatan yang pernah berseragam Persela.

1. Choi Hyun Yeon

Kim Do-hyun Terbaru, Ini 7 Pemain Korea yang Pernah Berseragam PerselaChoi Hyun Yeon (instagram.com/h_y_choi_)

Persela Lamongan pernah memiliki gelandang asal Korea Selatan pada musim 2016/2017. Ia bernama Choi Hyun Yeon. Pemain berusia 39 tahun yang masih aktif bermain hingga 2023.

Sayangnya, kebersamaan Persela dengan Choi Hyun Yeon tak berlangsung lama. Karena tampil tak sesuai harapan, mereka melepas sang pemain pada akhir 2016/2017. Selama setengah musim bermain, Choi Hyun Yeon membukukan 17 laga bersama Persela.

Baca Juga: 5 Striker Brasil yang Pernah Moncer Bersama Persela Lamongan

2. In Kyun Oh

Kim Do-hyun Terbaru, Ini 7 Pemain Korea yang Pernah Berseragam PerselaIn Kyun Oh (Irfan Al-Faritsi/ayobandung.com)

In Kyun Oh bisa dibilang sebagai pemain Korea jebolan Persela Lamongan paling sukses di Indonesia. Pasalnya, gelandang 38 tahun yang telah pensiun itu sudah membela banyak klub besar di Indonesia.

In Kyun Oh diketahui pernah membela PSMS Medan, Mitra Kukar, Persib Bandung, Persipura, dan Arema FC. Persela sendiri menjalin kerja sama dengan In Kyun Oh tepatnya pada musim 2012/2013. Namun, kebersamaan mereka hanya bertahan 1 musim.

3. Park Chul Hyung

Kim Do-hyun Terbaru, Ini 7 Pemain Korea yang Pernah Berseragam PerselaPark Chul Hyung (m.tribunnews.com)

Selain In Kyun Oh, Persela Lamongan memiliki satu pemain Korea Selatan lagi pada musim 2012/2013. Ia adalah Park Chul Hyung, seorang pemain yang biasa bermain di posisi bek tengah.

Namun, kebersamaan Persela dan Park Chul Hyung hanya bertahan sampai pertengahan musim 2012/2013. Ini karena sang pemain tak memperpanjang kontrak dan hijrah ke klub lain.

Diketahui, Park Chul Hyung mengukir catatan yang impresif saat memperkuat Persela pada 2012/2013. Meski seorang bek, ia berhasil mendulang 2 gol dalam16 pertandingan bersama Persela.

4. Han Sang Min

Kim Do-hyun Terbaru, Ini 7 Pemain Korea yang Pernah Berseragam PerselaHan Sang Min (perselafc.wordpress.com)

Persela Lamongan membuat keputusan cepat setelah Park Chul Hyung pergi pada 2012/2013. Mereka kembali mendatangkan pemain asal Korea Selatan yang bernama Han Sang Min.

Persela merekrutnya dari klub Korea, Daejeon KHNP. Han Sang Min sendiri berseragam Persela sejak putaran kedua pada musim 2012/2013.

5. Ahn Hyo Yeon

Kim Do-hyun Terbaru, Ini 7 Pemain Korea yang Pernah Berseragam PerselaAhn Hyo Yeon (12paz.blogspot.com)

Di urutan kelima, ada Ahn Hyo Yeon dalam daftar ini. Persela Lamongan pernah memakai jasa pemain berpaspor Korea Selatan itu pada musim 2010/2011 silam.

Keberadaan Ahn Hyo Yeon tak berlangsung lama di Persela. Ia hanya bertahan selama setengah musim pada 2010/2011. Berperan sebagai striker, Ahn Hyo Yeon diketahui membukukan 1 gol dari 8 penampilan bersama Persela.

6. Kim Yong Han

Kim Do-hyun Terbaru, Ini 7 Pemain Korea yang Pernah Berseragam PerselaKim Yong Han (12paz.blogspot.com)

Kim Yong Han jadi pemain Korea Selatan keenam yang pernah berkostum Persela Lamongan. Eks pemain Incheon United itu memperkuat Persela pada musim 2010/2011, dengan catatan 2 gol dari 12 laga.

Kim Yong Han memutuskan gantung sepatu sejak 2020. Selanjutnya, ia mulai menekuni bidang kepelatihan. Kini, Kim Yong Han menduduki jabatan sebagai asisten pelatih di klub divisi keempat Korea Selatan, Dangjin Citizen. Ia bekerja di sana sejak 15 Januari 2021.

7. Kim Do-hyun

Kim Do-hyun Terbaru, Ini 7 Pemain Korea yang Pernah Berseragam PerselaPemain baru Persela asal Korea Selatan, Kim Dohyun. instagram.com/kim.dh.22

Pemain Korea yang paling anyar didatangkan oleh Persela adalah Kim Do-hyun. Gelandang berusia 29 tahun ini terakhir bermain untuk klub Estonia, JK Trans Nava. Bersama klub kasta pertama Estonia itu, Kim bermain 17 kali.

Kim sendiri sudah malang melintang di berbagai liga di Eropa Timur. Empat musim terakhir, ia bermain untuk beberapa klub Slovenia seperti NK Triglav, NK Domzale, hingga NK Aluminij. Ia juga tercatat pernah merumput bersama klub kasta ketiga Kroasia, NK Dugo Selo. Persela sendiri merupakan klub asia kedua yang ia bela. Pada 2016, ia pernah merumput bersama klub amatir Korea Goyang Citizen. 

Itu tadi deretan pemain sepak bola asal Korea yang pernah merumput di Persela Lamongan. Kedatangan mereka selalu menjadi pembeda di lapangan. Akankah, musim ini Persela juga berjodoh dengan pemain asal Korea?

Baca Juga: Persela Lamongan Datangkan Pemain Naturalisasi, Silvio Escobar

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya