Madura United Diganyang Dewa 1-4 di Kandang

Madura kewalahan dengan strategi counter attack lawan

Madura United harus mengakui keunggulan Dewa United dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/2024. Bermain di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Tlanakan, Pamekasan, Minggu (22/10/2023) sore WIB, tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab itu tumbang dengan skor telak 1-4 atas tim tamu.

Sebenarnya, Madura United memulai pertandingan kontra Dewa United dengan ambisi yang tinggi. Terbukti, tim besutan Mauricio Souza itu nyaris membuka keran gol sejak menit-menit awal laga dimulai. Madura hampir unggul andai sepakan keras dan akurat Lulinha tidak membentur tiang gawang Dewa pada menit ke 6.

Namun, celakanya, tuan rumah justru menelan petaka setelah melakukan serangan cepat pada awal laga tadi. Tetap pada menit ke 6, Madura harus kecolongan lewat gol Egy Maulana Vikri melalui strategi counter attack cepat. Dewa pun unggul 1-0 atas tim Laskar Sappeh Kerrab.

Usai itu, Madura United terus mengepung lini pertahanan Dewa. Hingga 15 menit laga berjalan, Hugo Gomes dan kolega tampak dominan.

Benar saja, Madura sempat memperoleh peluang emas pada menit ke 14. Winger muda Madura, Malik Risaldi, hampir mencetak gol penyama kedudukan. Ia nyaris membobol gawang tim tamu melalui tendangan mendatar dari sisi flank kiri Madura. Sayang, sepakannya masih bisa ditangkap kiper Dewa.

Selama 25 menit laga berjalan, Dewa benar-benar merepotkan jantung lini pertahanan Madura United yang dikawal Cleberson dan Jacob Mahler. Tim tamu bahkan nyaris menggenapkan keunggulan melalui Alex Martins pada menit ke 24. Namun, beruntung tendangannya masih membentur tiang gawang Madura yang dijaga Wawan Hendrawan.

Akan tetapi, petaka kembali datang menghampiri tuan rumah. Madura kebobolan untuk kedua kalinya pada menit ke 26. Dewa mencetak gol kedua melalui sundulan Alex usai memanfaatkan set piece bola mati dari Dimitris Kolovos. Skor pun bertambah 2-0 bagi Dewa.

Madura United terlihat cukup kewalahan meladeni strategi permainan counter attack mematikan yang diterapkan Dewa.

Buktinya, pada menit ke 29, tim tamu lagi-lagi hampir mencetak gol ketiga. Alex kembali menjadi aktor setelah melakukan tendangan keras hingga membentur badan dari salah satu pemain Madura. Untungnya, bola masih membentur ke tiang gawang sebelah kiri dari Wawan Hendrawan.

Keberuntungan pun datang menghampiri Madura United pada menit ke 45 jelang laga paruh pertama berakhir. Mereka diberi hadiah penalti oleh wasit.

Laskar Sapeh Kerrab menerima hadiah penalti itu usai Hugo Gomes diganggu hingga terjatuh oleh Ricki Kambuaya. Bomber asing Madura, Junior Brandao, dipercaya menjadi algojo untuk mengambil tendangan 12 pas. Untungnya, kepercayaan itu dibayar sempurna setelah sepakan sang bomber meluncur bebas ke sisi kiri gawang Dewa.

Tuan rumah pun memperkecil kedudukan menjadi 1-2 atas Dewa. Skor rupanya bertahan hingga akhir laga dan menutup berjalannya laga pada babak pertama.

Kejutan terjadi lagi pada awal berjalannya babak kedua. Dewa United sukses bikin gebrakan usai mencetak gol cepat melalui Muhammad Nasir pada menit ke 47. Winger asal Tuban itu mencetak gol setelah memanfaatkan bola umpan dari rekannya. Tim tamu pun memperlebar jarak skor menjadi 3-1 atas Madura.

Meski tertinggal cukup jauh, Madura United terus berupaya untuk mengejar skor ketertinggalan. Mereka menekan lini pertahanan Dewa hingga 70 menit laga berjalan. Ada beberapa peluang tuan rumah yang diciptakan Lulinha, Rivera, dan Brandao. Namun, belum ada satu peluang dari mereka yang dapat dikonversi menjadi sebuah gol.

Pada menit ke 75, Madura hampir memperpendek jarak kedudukan. Brandao sempat mencetak gol melalui sepakan kerasnya. Tetapi, golnya itu dianulir lantaran terperangkap jebakan offside lebih dulu.

Menjelang berakhirnya waktu normal babak kedua, Madura United masih kesulitan membobol jala gawang Dewa yang dijaga kiper asing, Sonny Stevens. Skor kedudukan kedua tim pun bertahan 1-3 bagi keunggulan tim tamu sampai 90 menit laga berjalan.

Namun, sayang, alih-alih mengejar skor ketertinggalan, Madura malah kebobolan lagi oleh Dewa. Alex Martins menjadi aktor lagi setelah mencetak gol pada menit tambahan 90+7. Gol itu menjadi kill the game bagi Madura. Sebab, Dewa United menutup laga ini dengan kemenangan sempurna 4-1 atas Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan.

Baca Juga: Lawan Dewa United, Misi Madura United Rebut Puncak Klasemen

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya