Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu Kalah

Skuad mewah, Persela wajib putus kutukan sore nanti

Persela Lamongan segera melakoni pertandingan perdana di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mereka akan melakukannya pada Minggu (10/9/2023). Tim berjuluk Laskar Joko Tongkir ini tentu wajib memanfaatkan laga pertamanya dengan hasil terbaik.

Sayangnya, Persela mengantongi statistik buruk jelang menyongsong Liga 2 musim ini. Mereka mempunyai rekor pahit selalu kalah dalam laga pertama kompetisi selama 9 musim terakhir. Terbaru, Persela harus tertunduk kecewa usai dibungkam FC Bekasi City pada laga perdana Liga 2 2022/2023.

Inilah statistik buruk Persela Lamongan selama 9 musim terakhir.

1. Persela dibantai Persipura pada 2014

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi Persipura Jayapura pada 2019. (twitter.com/PerselaFC)

Kutukan pahit Persela Lamongan sudah terjadi sejak 2014. Kala itu, mereka harus mengakui keunggulan Persipura Jayapura pada laga perdana Indonesian Super League (ISL). Persela dilibas dengan skor 0-3 dalam laga yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura. Persela tak berdaya menghadapi ketangguhan tim Mutiara Hitam yang saat itu masih dibesut Jacksen Ferreira Tiago.

2. Persela tumbang atas Barito Putera pada 2015

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi Barito Putera pada 2021. (twitter.com/Liga1Match)

Persela Lamongan kembali tumbang pada pertandingan pekan pertama di QNB League Indonesia 2015. Mereka saat itu kalah dari tim asal Kalimantan, Barito Putera. Persela dibekuk 0-2 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur.

Bermain di depan pendukung sendiri, Persela harus mengakui keunggulan taktik serangan balik yang diterapkan Barito Putera. Sebab, pelatih Persela ketika itu, Iwan Setiawan sudah mengakuinya. Laskar Joko Tingkir kalah usai kebobolan dua gol pada menit-menit akhir melalui skema counter attack Barito Putera di kompetisi 2015.

3. Persela gagal menangi derbi Jatim kontra Persegres pada 2016

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi Gresik United dalam laga uji coba pada 2022. (instagram.com/perselafc)

Persela Lamongan langsung menatap laga derbi Jawa Timur pada laga pembuka Liga Indonesia 2016. Mereka yang ketika itu ditukangi pelatih asing, Stefan Hansson, berjumpa Persegres Gresik United di Stadion Surajaya. Sayangnya, Persela harus mengakui keunggulan sang lawan 0-1 di ajang yang masih bernama Torabika Soccer Championship ketika itu.

4. Persela kalah saat bertandang ke markas PSM pada 2017

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi PSM Makassar pada 2019. (facebook.com/PSM Makassar)

Persela Lamongan melakoni laga away pada pekan perdana di Liga 1 Indonesia 2017. Mereka bertandang ke markas PSM Makassar. Persela melewatkan laga yang sulit pada saat itu. Sebab, Hery Kiswanto yang jadi kepala pelatih Persela harus bertepuk jidat usai dibungkam PSM 1-3 pada 2017.

5. Persela kembali dipecundangi Persipura pada 2018

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi Persipura Jayapura pada 2022. (twitter.com/Liga1Match)

Persela Lamongan kembali meraup hasil buruk atas Persipura Jayapura pada pertandingan pertama di Liga 1 Indonesia 2018. Persela yang dinakhodai Aji Santoso menderita kekalahan 1-2 di Stadion Mandala. Bintang Persipura, Boaz Solossa, jadi salah satu pemain yang merobek jala gawang Laskar Joko Tingkir kala itu.

6. Persela digilas Madura United di laga kandang pada 2019

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi Madura United di Piala Presiden 2019. (pssi.org)

Persela Lamongan bersua tim sesama Jawa Timur pada laga pembuka di Liga 1 Indonesia 2019. Mereka berjumpa Madura United. Sayang, Persela dibantai dengan skor 1-5 ketika itu. Aji Santoso sebagai head coach gagal membawa Persela menang lagi pada pertandingan pembuka di kompetisi tersebut.

7. Persela harus mengakui keunggulan Persib pada 2020

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi Persib Bandung pada 2019. (twitter.com/persib)

Persela Lamongan memulai start buruk di Liga 1 Indonesia 2020. Mereka menelan kekalahan saat bertandang ke kandang Persib Bandung, Stadion Si Jalak Harupat. Laskar Joko Tingkir racikan Nil Maizar kala itu tumbang dari Persib dengan skor telak 0-3 tanpa balas.

8. Musim terakhir di kasta tertinggi, Persela dibungkam PSIS pada laga perdana 2021

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi PSIS Semarang pada 2021. (facebook.com/doc. Liga 1 Indonesia)

PSIS Semarang jadi klub terakhir yang mengalahkan Persela Lamongan pada pekan pertama di Liga 1 Indonesia 2021. Mereka mengungguli tim asuhan Iwan Setiawan dengan skor tipis 1-0 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Bekasi. Kekalahan tersebut jadi awalan buruk Persela memulai kompetisi ketika itu.

Liga 1 2021 sendiri menjadi ajang terakhir Persela berkiprah di kasta tertinggi Liga Indonesia. Sebab, mereka harus terdegradasi ke Liga 2 pada musim itu. Persela diketahui turun kasta usai menduduki peringkat ke-17 dengan koleksi 21 poin saja di klasemen akhir Liga 1 2021.

9. Persela takluk atas Bekasi City di Liga 2 2022/2023

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan saat menghadapi FC Bekasi City pada 2022. (instagram.com/perselafc)

Usai terdegradasi, Persela Lamongan lagi-lagi mengulangi kutukan buruknya di Liga 2 Indonesia 2022. Mereka kembali menelan kekalahan pada laga perdana. Persela tumbang dengan skor tipis 1-2 dari FC Bekasi City di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, pada musim lalu.

10. Persela mempunyai kans putus kutukannya pada 2023/2024

Kutukan Laga Perdana Persela, 9 Musim Selalu KalahPersela Lamongan (instagram.com/perselafc)

Persela Lamongan berkesempatan memutus statistik buruknya dalam 9 musim terakhir ini. Mereka berpeluang melakukannya di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Itu terjadi setelah Persela memiliki skuad kedalaman yang mewah musim ini. Beberapa di antaranya seperti Zulham Zamrun, Herman Dzumafo, Silvio Escobar, Jonny Campbell, dan Lee Yoo-joon.

Persela Lamongan akan mengawali Liga 2 musim ini pada Minggu (10/9/2023) esok. Mereka memulai laga pertama menghadapi Persijap Jepara di Stadion Surajaya. Mampukah Laskar Joko Tingkir memutus statistik buruknya selama ini dengan meraih kemenangan pada laga perdana Liga 2 2022/2023 hari ini?

 

Baca Juga: Jamu Persijap, Persela Menarget 3 Poin

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya