Gabung Persela, Ini Kiprah Gelandang Naturalisasi Lee Yu-jun

Ia pernah juara Liga 1 Indonesia, lho!

Persela Lamongan lagi-lagi memberi kabar mengejutkan jelang bergulirnya Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mereka baru mengumumkan perekrutan pemain eks klub Liga 1 asal Korea Selatan, Lee Yu-jun. Pengumuman itu Persela lakukan pada Selasa (1/8/2023).

Lee Yu-jun sendiri memilih jadi warga Indonesia saat ini. Pemain berusia 33 tahun ini memutuskannya melalui jalan naturalisasi. Di atas lapangan, Lee Yu-jun dikenal sebagai pemain yang terampil di posisi tengah. Ia bisa berperan sebagai gelandang bertahan dan tengah.

Yuk, kenalan lebih dalam dengan sosok Lee Yu-jun! Seperti apa kiprahnya?

1. Mengawali karier di Brasil dan Korea Selatan

Gabung Persela, Ini Kiprah Gelandang Naturalisasi Lee Yu-junLee Yu-jun (instagram.com/leeyujun89)

Lee memulai karier profesional di Brasil pada 2007. Kariernya di sana berlangsung hingga 2011. Ia tercatat sudah membela beberapa klub Brasil, seperti Americano, Madureira EC, Rio Claro, Clube Atletico Sorocaba, dan Esporte Clube Juventude.

Lee kemudian melanjutkan karier di Korea Selatan pada 2012. Di negara sendiri ia bertahan cukup lama hingga 2016. Dalam perjalanannya, Lee pernah membela tiga klub Korea, seperti Icheon Citizen, Gangwon FC, dan Chungju Hummel.

Baca Juga: Silvio Escobar dan Matt Lagos Siap Tampil Uji Coba Persela Lamongan

2. Merantau ke Indonesia, Lee Yu-jun langsung juara pada 2016/2017

Gabung Persela, Ini Kiprah Gelandang Naturalisasi Lee Yu-junLee Yu-jun (instagram.com/leeyujun89)

Setelah hidup di Korea Selatan, Lee Yu-jun memilih berkarier di Indonesia sejak 2016. Ini jadi keputusan pertamanya kerja di Asia Tenggara. Lee kala itu jadi salah satu pemain andalan Bhayangkara FC.

Spesialnya, Lee Yu-jun langsung menyabet prestasi pada musim debut di Indonesia. Ia membawa Bhayangkara juara Liga 1 musim 2016/2017. Lee jadi pemain kunci di lini tengah saat itu. Tercatat, ia membukukan statistik 1 gol 1 assist dalam 32 laga bagi Bhayangkara.

3. Sempat merumput bersama Madura United pada 2022/2023

Gabung Persela, Ini Kiprah Gelandang Naturalisasi Lee Yu-junLee Yu-jun (instagram.com/leeyujun89)

Karier Lee Yu-jun lambat laun tersisihkan di Bhayangkara FC. Jasanya mulai jarang terpakai pada 2020/2021. Alhasil, kontrak kerjanya bersama Bhayangkara berakhir pada 2022/2023. 

Selanjutnya, Lee Yu-jun bekerja dengan Madura United pada 2022/2023. Sayang, kariernya hanya bertahan kurun waktu 1 musim. Di Madura, Lee total membukukan catatan 31 penampilan dengan 1.983 menit bermain.

4. Melanjutkan karier di Persela Lamongan pada 2023/2024

Gabung Persela, Ini Kiprah Gelandang Naturalisasi Lee Yu-junLee Yujun (instagram.com/perselafc)

Lee Yu-jun tampak tak melanjutkan karier di Madura United pada musim selanjutnya. Ia lantas memutuskan menerima pinangan klub Jawa Timur lainnya, Persela Lamongan. Ia akan bekerja di sana sejak 2023/2024.

Lee Yu-jun diketahui jadi sederet pemain top yang berhasil diboyong Persela jelang mengarungi Liga 2 Indonesia 2023/2024. Keberadaannya sama seperti, Matt Lagos, Herman Dzumafo, dan Silvio Escobar. Mampukah Lee Yu-jun jadi salah satu kekuatan utama Persela musim ini?

 

Di Persela Lamongan, Lee Yu-jun akan diberi tugas menjadi gelandang jangkar pada musim 2023/2024. Ini memang karena keahliannya yang andal sebagai pemain tengah. Keberadaan Lee dipastikan akan jadi kekuatan tersendiri di sektor gelandang Persela nantinya. Ayo bawa Persela juara Lee Yu-jun!

Baca Juga: Persela Lamongan Kembali Datangkan Pemain Naturalisasi

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya