5 Fakta Derbi Jatim Madura United vs Persik Kediri

Kedua klub sempat melakoni uji tanding sebelumnya

Pertandingan derbi Jawa Timur jilid pertama akan tersaji pada pekan kedua di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Duel itu mempertemukan Madura United versus Persik Kediri. Laga kedua klub akan berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Minggu (9/7/2023) sore WIB.

Madura United dan Persik sebenarnya telah melakoni laga uji coba sebelum berhadapan di kompetisi resmi pada 2023. Hasil itu diperkirakan bikin mereka sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing kubu. Siapakah yang akan memenangi duel Jatim ini nantinya?

Sebelum itu, simak lima fakta jelang laga Madura United versus Persik Kediri berikut ini.

1. Kedua klub sempat bertanding dalam laga uji coba pada 2023

5 Fakta Derbi Jatim Madura United vs Persik KediriMadura United saat menghadapi Persik Kediri dalam laga uji coba pada 2023. (instagram.com/maduraunited.fc)

Madura United dan Persik Kediri sempat beruji tanding sebelum berjumpa di kompetisi resmi pada 2023. Laga keduanya telah berlangsung di Stadion Brawijaya, Kediri. Dalam laga itu, Madura United keluar sebagai pemenang.

Madura United sendiri mengalahkan Persik dengan skor tipis 1-0. Winger senior Madura, Bayu Gatra, berhasil jadi pahlawan setelah mencetak satu-satunya gol kemenangan. Hasil laga ini diperkirakan bakal jadi salah satu motivasi bagi kedua klub jelang berhadapan di Liga 1 2023/2024.

Baca Juga: 4 Andalan Bali United Absen Menjelang Kontra Madura United

2. Debut positif pelatih baru Madura United di Liga 1 2023/2024

5 Fakta Derbi Jatim Madura United vs Persik KediriMadura United saat menghadapi Persib Bandung pada putaran pertama di Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.comp/maduraunited.fc)

Mauricio Souza, pelatih anyar Madura United, mendulang hasil positif pada tugas pertamanya di Liga 1 2023/2024. Ia membawa Madura mencuri satu poin kala bertandang ke markas Persib pada pekan perdana sebelumnya. Mereka menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jawa Barat. Hasil ini dipastikan akan jadi modal berharga Madura United jelang menjamu Persik pada pekan kedua.

3. Madura United sudah kantongi hasil evaluasi yang harus dibenahi

5 Fakta Derbi Jatim Madura United vs Persik KediriMadura United saat menghadapi Persib Bandung pada putaran pertama di Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/maduraunited.fc)

Meski menuai hasil positif pada laga debut, pelatih kepala Madura United merasa ada hal yang masih perlu dievaluasi. Dilansir Liga Indonesia Baru, Mauricio Souza sebagai pelatih mengungkapkan jika lini serang Madura belum bermain lepas.

Berkaca pada laga kontra Persib sebelumnya, Madura United memang unggul soal pengusaan bola hingga 54 persen. Namun, mereka masih kalah dari Persib dalam urusan menciptakan peluang gol. Mauricio Souza merasa bahwa hal itulah yang wajib dibenahi saat melawan Persik pada laga selanjutnya di Liga 1 2023/2024.

4. Persik mengawali kompetisi tanpa kemenangan di kandang

5 Fakta Derbi Jatim Madura United vs Persik KediriPersik Kediri saat melawan Madura United dalam laga uji coba pada 2023. (instagram.com/persikfcofficial)

Di sisi lain, Persik justru menuai hasil imbang kala melakoni laga perdana di Liga 1 2023/2024. Mereka bermain imbang 1-1 kontra Borneo FC di markas sendiri. Hasil itu bukanlah hasil yang memuaskan bagi Persik jelang menghadapi Madura United pada laga selanjutnya. Apalagi, klub berjuluk Macan Putih itu nantinya akan bermain di kandang lawan, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan.

5. Persik juga memiliki satu kekurangan yang wajib diperbaiki

5 Fakta Derbi Jatim Madura United vs Persik KediriMadura United saat melawan Persik Kediri dalam laga uji coba pada 2023. (instagram.com/persikfcofficial)

Pelatih baru Persik, Marcelo Rospide, mengatakan jika timnya masih memiliki satu persoalan yang harus dibenahi. Pelatih asal Brasil itu merasa jika sektor gelandang Macan Putih bermain kurang baik. Ia akan segera mengevaluasi hal itu agar meraih hasil maksimal di laga derbi Jatim kontra Madura United selanjutnya di Liga 1 2023/2024.

Madura United dan Persik Kediri bakal mengusung ambisi besar jelang berhadapan pada pekan kedua di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Anggapan itu tak lepas usai keduanya memiliki komposisi pemain yang berkualitas. Menurutmu, siapakah yang akan memenangi laga ini nantinya?

Baca Juga: Hanya Raih 1 Poin, Pelatih Persik Kediri Sebut Hasil yang Adil

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya