Hasil Drawing 12 Besar Liga 2, Begini Nasib Tim-Tim Jatim!

Ada yang masuk grup neraka

Liga 2 Indonesia 2023/2024 memasuki babak baru. Sebanyak 12 tim telah memastikan diri melenggang ke fase selanjutnya. Mereka bakal bertempur pada fase 12 besar untuk memperebutkan tiket semifinal kompetisi.

Klub-klub Jawa Timur sangat diperhitungkan pada fase 12 besar Liga 2. Maklum, mereka mendominasi dari segi jumlah tim yang lolos. Setidaknya, ada tiga kesebelasan Jatim yang bakal berlaga pada fase konckout ini, yaitu Persela Lamongan, Deltras Sidoarjo, dan Gresik United.

Lantas, seperti apa hasil drawing ketiga klub Jatim pada fase 12 besar Liga 2 2023/2024?

1. Grup Neraka! Persela dan Deltras berjumpa dalam satu grup lagi di Grup Y 12 besar Liga 2

Hasil Drawing 12 Besar Liga 2, Begini Nasib Tim-Tim Jatim!Persela dalam laga menghadapi Deltras di Liga 2 Indonesia 2023/2024 pekan ke-12. (instagram.com/perselafc)

Dua tim jempolan Jatim bertemu lagi dalam satu grup pada babak 12 besar Liga 2 2023/2024. Mereka adalah Persela Lamongan dan Deltras Sidoarjo. Keduanya tergabung dalam Grup Y pada fase gugur yang menentukan ini.

Persela dan Deltras berada dalam grup neraka pada fase 12 besar Liga 2. Itu karena mereka bakal berjumpa dengan dua tim raksasa lain. Mereka adalah FC Bekasi City dan Malut United, tim yang merajai Grup 2 pada babak penyisihan grup.

Bekasi City dan Malut menjadi ancaman nyata bagi Persela dan Deltras. Dikatakan demikian karena dua calon lawan tersebut memiliki statistik performa yang mencolok pada fase grup sebelumnya. Berstatus sebagai juara grup, Bekasi City cemerlang dengan catatan 8 menang, 2 seri, 2 kalah. Sementara, Malut dengan predikat runner-up berhasil membukukan 6 menang, 4 seri, 2 kalah.

Baca Juga: Bungkam Deltras, Persela Menang dengan Susah Payah

2. Gresik United memisahkan diri di Grup Z, jumpa raksasa Papua

Hasil Drawing 12 Besar Liga 2, Begini Nasib Tim-Tim Jatim!Gresik United dalam laga melawan Persijap Jepara pada putaran kedua Liga 2 2023/2024. (instagram.com/gresikunited)

Di sisi lain, Gresik United harus berjuang sendiri di Grup Z babak 12 besar Liga 2 2023/2024. Grup yang mereka tempati ini juga terbilang sulit. Tim Kebo Giras bakal menghadapi tiga tim kuat laiknya PSPS Biak, Persewar Waropen, dan Persipal Babel United.

Ketiga calon lawan Gresik United pun mempunyai predikat yang tak kalah mencoloknya. Itu karena PSPS, Persewar, dan Persipal merupakan tim-tim terbaik dari babak penyisihan grup sebelumnya. Mereka menjadi wakil terbaik dari Grup 4.

Diketahui, PSPS memegang status sebagai juara grup sebelumnya. Sedangkan, Persewar berstatus runner-up sementara Persipal sebagai tim juara ke-3 Grup 4. Status ketiga klub itu jelas menjadi pekerjaan rumah bagi Gresik United yang hanya menyandang predikat sebagai tim juara ke-3 dari Grup 3.

3. Format pertandingan babak 12 besar Liga 2 2023/2024

Hasil Drawing 12 Besar Liga 2, Begini Nasib Tim-Tim Jatim!Deltras dalam laga melawan Gresik United pada putaran kedua Liga 2 2023/2024. (instagram.com/deltras.official)

Format pertandingan 12 besar diketahui tidak jauh berbeda dengan format babak penyisihan grup sebelumnya di Liga 2 2023/2024. Pertama, pertandingan masih sama menggunakan sistem double round robin. Dengan kata lain, tiap klub akan memainkan dua pertandingan kandang tandang pada fase 12 besar.

Kedua, tiap klub yang menyandang gelar juara dan runner-up grup dipastikan lolos ke semifinal Liga 2 2023/2024. Hanya saja, untuk posisi juara ke-2, ada sedikit perbedaan yang terjadi. Sebelumnya, posisi runner-up ditentukan lewat statistik unggul head to head. Tetapi, pada fase 12 besar, jumlah selisih gol yang menentukan.

Berikut ketentuan lebih lengkap untuk menentukan suatu tim lolos ke semifinal Liga 2 2023/2024.

  • Jumlah poin lebih tinggi;
  • Selisih gol lebih baik;
  • Jumlah gol yang diciptakan;
  • Poin fairplay;
  • Undian.

 

Babak 12 besar Liga 2 Indonesia bakal digelar pada 6 Januari—3 Februari 2024 mendatang. Mampukah semua klub Jatim bakal memberikan kemampuan terbaiknya sehingga bisa melenggang ke semifinal?

Baca Juga: Mengintip Kans Deltras Mengunci Tiket 12 Besar Liga 2

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya