Mengintip Kans Deltras Mengunci Tiket 12 Besar Liga 2

Mereka paling berpeluang temani Persela

Deltras Sidoarjo mempunyai peluang besar untuk mengunci satu tiket 12 besar Liga 2 Indonesia 2023/2024. Kepastian itu diperoleh setelah mereka bersaing di papan atas klasemen sementara Grup 3. Menduduki posisi runner-up di bawah Persela, The Lobster mampu mengoleksi 16 poin dari 11 pertandingan.

Hanya saja, nasib Deltras masih ditentukan lewat laga pamungkas fase grup. Mereka bakal menghadapi tim yang memiliki kans lolos juga, Persijap Jepara. Duel hidup mati Deltras dan Persijap akan dihelat di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada Minggu (17/12/2023). Seperti apa hitung-hitungan peluang The Lobster untuk melenggang ke babak 12 besar Liga 2?

1. Deltras otomatis lolos jika menang melawan Persijap

Mengintip Kans Deltras Mengunci Tiket 12 Besar Liga 2Deltras dalam laga melawan Persela pada putaran kedua Liga 2 2023/2024. (instagram.com/deltras.official)

Deltras Sidoarjo mempunyai satu syarat mutlak jika ingin menembus fase 12 besar Liga 2 2023/2024. Mereka harus menang saat menghadapi Persijap pada pertandingan pamungkas Grup 3. Raihan tiga poin penuh otomatis membawa The Lobster mengunci satu tiket lolos nantinya.

Kepastian itu diperoleh karena jumlah kumpulan poin Deltras tak akan terkejar oleh dua rivalnya. Mereka adalah Gresik United dan Persijap yang sama-sama menempati tangga klasemen di bawah The Lobster. Gresik menempati tangga ke-3 dengan 16 poin sedangkan Persijap duduk di tangga ke-4 dengan 14 poin.

Tetapi, Deltras menatap pertandingan yang tak mudah saat melawan Persijap pada laga pamungkas Grup 3. Itu karena lawan juga memiliki ambisi yang sama untuk lolos ke 12 besar. Apalagi, The Lobster mempunyai catatan buruk usai takluk (0-1) dari Persijap pada pertemuan pertama Liga 2. Deltras pastinya menaruh catatan tersendiri ketika menatap pertandingan hidup mati ini.

2. Hasil imbang pun tak mengubah keadaan, Deltras tetap lolos 12 besar

Mengintip Kans Deltras Mengunci Tiket 12 Besar Liga 2Deltras dalam laga melawan Gresik United pada putaran kedua Liga 2 2023/2024. (instagram.com/deltras.official)

Menariknya, hasil imbang rupanya tetap membantu Deltras. Mereka tetap lolos meski hasil akhir sama tangguh mewarnai laga penentuan kontra Persijap. Koleksi poin The Lobster tidak akan terkejar oleh dua pesaing terdekat mereka nantinya.

Hanya saja, jika hasil imbang terjadi, posisi Deltras terancam turun di papan klasemen Grup 3. Mereka akan turun ke peringkat ke-3 jika Gresik United mampu memenangi laga pamungkas kontra PSCS Cilacap. Nantinya, Gresik bisa saja menyalip Deltras dengan raihan 19 poin sementara Deltras hanya 17 poin.

Predikat runner up Deltras sendiri relatif aman manakala Gresik United hanya imbang atau kalah saat menghadapi PSCS. Itu disebabkan jumlah perolehan poin The Lobster masih unggul. Deltras pun unggul head to head atas Gresik. Itu memberi keuntungan Deltras jika nantinya kompak mengumpulkan jumlah poin yang sama lagi dengan Gresik usai melakoni laga pamungkas Grup 3.

Baca Juga: Ricuh di Stadion Joko Samudro, Fans Gresik Tak Serang Deltras

3. Jika tumbang, nasib Deltras ditentukan lewat laga Gresik United vs PSCS

Mengintip Kans Deltras Mengunci Tiket 12 Besar Liga 2Deltras dalam laga melawan Gresik United pada putaran kedua Liga 2 2023/2024. (instagram.com/deltras.official)

Berbeda cerita jika Deltras tumbang pada pertandingan hidup mati kontra Persijap. Mereka terancam tidak lolos ke babak 12 besar Liga 2 2023/2024. Dikatakan demikian karena posisi The Lobster otomatis disalip Persijap dengan statistik 17 poin berbanding 16 poin milik Deltras.

Hanya saja, Deltras masih menggantungkan nasibnya ke laga Gresik United dan PSCS jika ingin selamat. Bila Gresik menang atau seri, maka harapan lolos The Lobster dipastikan sirna. Tetapi, jika Gresik kalah, Deltras memiliki kesempatan lolos. Itu disebabkan The Lobster masih unggul rekor head to head atas Gresik maupun PSCS.

Deltras Sidoarjo diunggulkan dalam pertandingan pamungkas kontra Persijap Jepara di Grup 3 Liga 2 Indonesia 2023/2024. Itu karena mereka berstatus tuan rumah nantinya. Seharusnya, laga kandang bisa membuka kans lolos The Lobster kian lebar ke fase 12 besar. Optimis?

 

Baca Juga: Bungkam Deltras, Persela Menang dengan Susah Payah

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya