Derbi Suramadu, Duel Tim yang Sedang Meroket 

Duel tim yang sama-sama meroket

Liga 1 Indonesia 2023/2024 menghadirkan dua laga derbi pada pekan ke-12. Selain derbi Jateng, nantinya ada laga derbi Jawa Timur antara Persebaya Surabaya versus Madura United di Stadion Gelora Bangkalan. Pertemuan mereka dijadwalkan pada Minggu (17/9/2023).

Duel Persebaya dan Madura United pasti begitu dinanti-nanti. Sebab, selain aroma laga derbi, pertemuan itu ditunggu lantaran grafik kedua tim yang sedang meroket. Persebaya dan Madura tangguh dalam beberapa laga di Liga 1. Diketahui, Madura United sementara ini bertengger di pucuk klasemen, sedangkan Persebaya mulai menorehkan rekor tak terkalahkan beruntun.

1. Jeda kompetisi, Uston Nawawi gembleng Persebaya demi laga derbi

Derbi Suramadu, Duel Tim yang Sedang Meroket Persebaya saat melawan Madura United di pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Liga 1 Indonesia 2023/2024 baru memasuki jeda kompetisi akibat gelaran laga internasional saat ini. Alhasil, liga sempat libur selama 1 pekan. Semua klub Liga 1 sudah menikmati waktu rehatnya pada jeda kompetisi tersebut, tak terkecuali Persebaya Suarabaya.

Tim berjuluk Bajol Ijo itu sendiri tak mau berlama-lama menikmati hari libur. Malahan, mereka justru digembleng latihan oleh Uston Nawawi. Pelatih caretaker Persebaya. Itu dilakukan tak lain guna menatap laga derbi Jatim kontra Madura United di Liga 1 pekan ke-12.

Dikutip Liga Indonesia Baru, Uston menjelaskan sudah memberi menu latihan fisik dan taktikal kepada anak asuhnya. Mereka mempelajari seperti apa strategi andalan Madura United. Sang caretaker mempersiapkan hal itu demi meraih hasil maksimal pada laga derbi nanti.

2. Menanti kolaborasi Uston Nawawi dan Josep Gombau

Derbi Suramadu, Duel Tim yang Sedang Meroket Persebaya saat melawan Madura United di pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya akhirnya mengumumkan teka-teki siapa pelatih barunya. Mereka diketahui resmi mengikat kontrak pelatih berdarah Spanyol, Josep Gombau, pada Kamis (14/9/2023). Juru taktik 47 tahun itu akan menukangi Bajol Ijo mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Sedikit informasi, Josep Gombau merupakan pelatih yang mengantongi rekam jejak mentereng. Sebelumnya, ia sempat bekerja untuk FC Barcelona dan Timnas Australia. Bahkan, secara prestasi, Gombau sudah merengkuh beberapa trofi dan gelar individu di liga tertinggi Hong Kong.

Kehadiran Josep Gombau tentu memberi warna tersendiri bagi Persebaya. kedatangannya sendiri menggeser posisi Uston Nawawi sebagai pelatih caretaker. Pastinya, kolaborasi Gombau dan Uston begitu ditunggu-tunggu publik. Apakah kehadiran pelatih asing itu memberi warna baru atau jadi pelengkap saja.

Baca Juga: Jadwal Madura United September 2023, Ada Derbi Suramadu

3. Unggul head to head, Persebaya akui kekuatan Madura United musim ini

Derbi Suramadu, Duel Tim yang Sedang Meroket Persebaya saat melawan Madura United di pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya Surabaya sebenarnya membukukan rekor head to head yang tangguh atas Madura United. Dalam 5 pertemuan terakhir, mereka sudah mengantongi 4 menang dan 1 seri dari Madura di segala ajang. Statistik itu jelas menjadi salah satu bekal berharga bagi Bajol Ijo.

Kendati demikian, Uston Nawawi tak mau melebih-lebihkan rekor ciamik tersebut. Itu karena ia melihat kekuatan Madura United jauh lebih solid pada 2023/2024 ini. Pelatih cartaker itu menuturkan jika kekuatan calon lawan merata, mulai dari sektor depan, tengah, dan belakang. Uston justru memberi catatan khusus jelang berjumpa Madura di Liga 1 pekan ke-12.

4. Madura United tak gentar hadapi Persebaya demi posisi puncak

Derbi Suramadu, Duel Tim yang Sedang Meroket Madura United saat melawan Persebaya di pekan ke-21 Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/maduraunited.fc)

Menilik persiapan Madura United, mereka tetap membidik raihan tiga poin penuh kala menjamu Persebaya Surabaya di Liga 1 2023/2024 pekan ke-12. Mereka semata-mata melakukannya untuk menjaga persaingan di papan atas klasemen. Untuk sementara, Madura bertengger di pucuk dengan 23 poin.

Madura United sendiri mengantongi modal ciamik sejauh ini. Mereka tak terkalahakan dalam 4 pertandingan terakhir dengan statistik 3 menang dan 1 seri. Paling baru, Madura sukses memecundangi Persita Tangerang dengan skor 3-1 di markas lawan pada pekan ke-11 Liga 1 2023/2024.

 

Persebaya Surabaya dan Madura United diprediksi akan melangsungkan laga alot pada pekan ke-12 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu karena ambisi mereka yang sama-sama ingin menang. Siapakah yang memenangi duel derbi Jatim ini nantinya? Menurutmu?

Baca Juga: Profil Josep Gombau, Pelatih Persebaya Jebolan Barcelona

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya