Derbi Jatim Lawan Persebaya, Persik Diuntungkan Statistik

Bajol Ijo dihantui catatan hasil laga yang menurun

Pertandingan Derbi Jawa Timur akan tersaji di Liga 1 Indonesia 2023/2024 pekan ke-17. Duel itu mempertemukan Persik Kediri versus Persebaya Surabaya. Nantinya, pertandingan penutup paruh musim pertama ini akan digelar di Stadion Brawijaya, Kediri, pada Jumat (27/10/2023) pukul 15.00 WIB.

Kedua tim memiliki perbedaan yang cukup mencolok dalam segi statistik sejauh ini. Persebaya tak mengantongi modal positif usai gagal meraup kemenangan dalam beberapa laga terakhir. Sementara, Persik yang sempat terseok-seok malah tren performanya mengalami peningkatan. Duel kedua tim dipastikan berjalan sengit. Persebaya dan Persik kompak mengejar poin demi memperbaiki posisi di papan klasemen Liga 1.

1. Persebaya dirundung hasil tiga laga nirkemenangan, Gombau buka suara

Derbi Jatim Lawan Persebaya, Persik Diuntungkan StatistikPersebaya ketika melawan Persik di putaran pertama Liga 1 2022/2023. (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya tak memiliki bekal menonjol jelang bertandang ke markas Persik di Liga 1 2023/2024 pekan ke-17. Performa tim besutan Josep Gombau itu cukup menurun setelah gagal menang dalam tiga laga beruntun. Persebaya membukukan statistik 1 hasil seri dan 2 hasil kalah.

Persebaya sempat bermain imbang melawan Dewa United (pekan 14) kemudian kalah beruntun dari Persib Bandung (pekan 15) dan Bali United (pekan 16). Hasil itu bikin posisi mereka melorot di papan klasemen sementara Liga 1 2023/2024. Kini, Bajol Ijo harus bersaing di tangga ke-9 dengan raihan 22 poin.

Pelatih Persebaya, Josep Gombau telah membuka suara atas hasil menurun penampilan anak asuhannya ini. Dirujuk situs Liga Indonesia Baru, ia mengatakan jika para pemain Bajol Ijo masih acap melakukan blunder dan kehilangan fokus saat bertanding. Kendati begitu, Gombau akan berupaya untuk segera memperbaiki masalah itu guna menatap laga berikutnya.

Baca Juga: Inilah Deretan Eks Persebaya yang Membela Persik Kediri

2. Ketajaman Paulo Victor dipertanyakan!

Derbi Jatim Lawan Persebaya, Persik Diuntungkan StatistikPaulo Victor (instagram.com/officialpersebaya)

Selain itu, problematika yang dialami Persebaya sejauh ini adalah tumpulnya ketajaman di lini depan. Itu didukung setelah Bajol Ijo sangat bergantung kepada winger-nya asal Brasil, Bruno Moreira, dalam urusan mencetak gol. Ia telah mengemas rekor 8 gol dan 2 assist dari 15 penampilan di Liga 1 2023/2024.

Di samping itu, performa bomber asing Persebaya justru terus mendapatkan sorotan. Ia adalah Paulo Victor, striker asal Brasil. Penampilannya menurun musim ini usai baru mengemas 1 gol dari 13 pertandingan. Bila sang bomber tak segera menunjukkan kapasitas terbaiknya, boleh jadi Persebaya akan mempertimbangkan untuk mendepak Victor pada paruh musim kedua Liga 1 2023/2024.

3. Sho Yamamoto cedera ankle sprain, apakah bakal absen?

Derbi Jatim Lawan Persebaya, Persik Diuntungkan StatistikSho Yamamoto (instagram.com/officialpersebaya)

Persebaya sempat ditimpa rasa khawatir setelah Sho Yamamoto menderita cedera pada laga terakhir Liga 1 2023/2024. Melansir laman resmi klub, pemain asal Jepang itu rupanya tengah mengalami cedera ankle sprain di kaki sebelah kanan. Itu jelas menjadi kerugian besar jika Bajol Ijo kehilangan Sho ketika menatap Persik pada laga selanjutnya.

"Kaki Sho mengalami bengkak akibat bertabrakan. Ia benar-benar tak bisa melanjutkan permainan. Pastinya, kita akan berupaya melihat bagaimana perkembangan cedera Sho ke depannya," kata dokter tim Persebaya Ahmad Ridhoi.

Beruntungnya, pemulihan cedera Sho diketahui sudah berjalan dengan baik. Bahkan, sang pemain sudah mengikuti sesi latihan bareng tim Persebaya meski terpisah. Kendati demikian, belum diketahui secara pasti peluang Sho tampil saat menghadapi Persik pada pekan ke-17 Liga 1 2023/2024.

4. Berada dalam momentum positif, Persik lebih dijagokan

Derbi Jatim Lawan Persebaya, Persik Diuntungkan StatistikPersik saat menghadapi Persebaya di putaran pertama Liga 1 2022/2023. (instagram.com/persikfcofficial)

Berbeda dengan Persebaya, Persik malah berada dalam momentum cukup positif di Liga 1 2023/2024. Mereka tak terkalahkan dalam 4 pertandingan dengan 2 kali menang dan 2 kali imbang. Statistik itu jelas menjadi bekal positif Persik saat menjamu Persebaya pada laga penutup paruh musim pertama liga.

Persik bisa dibilang cukup diunggulkan saat harus menghadapi Persebaya. Apalagi, pertandingan akan digelar di markas mereka sendiri nantinya. Itu tentu menjadi modal berharga lainnya bagi Renan Silva dan kolega untuk melawan Persebaya.

Pertandingan bertajuk derbi biasanya diwarnai dengan tensi laga yang berlangsung sengit. Itu sangat mungkin terjadi dalam laga Persebaya Surabaya versus Persik Kediri di Liga 1 Indonesia 2023/2024 pekan ke-17. Tim manakah yang kamu unggulkan, nih?

 

Baca Juga: Persebaya Disikat Persib 2-3, Gombau Salahkan Pemain

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya