Arkhan Kaka, Pemecah Rekor Indonesia dalam Sejarah Piala Dunia

Calon bintang masa depan Indonesia, guys!

Tim Nasional Indonesia tampil mengesankan dalam laga pertamanya di Piala Dunia U-17 2023 Grup A. Berstatus tuan rumah, mereka sukses mengimbangi negara jempolan asal Amerika Selatan, Ekuador, dengan hasil akhir 1-1 pada Jumat (10/11/2023). Garuda Muda merengkuh satu poin berharga berkat sumbangsih Arkhan Kaka Putra Purwanto dalam laga itu.

Pemain yang karib disapa Arkhan Kaka ini menjadi bintang Indonesia ketika menghadapi Ekuador. Itu terjadi seusai ia mencetak gol dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Ketika itu, Kaka mencatatkan namanya di papan skor, tepatnya pada menit ke-22 pertandingan babak pertama.

Kaka dikenal sebagai pemain muda yang memiliki keterampilan mumpuni di sektor ujung tombak. Sehingga, tak ayal dirinya mampu memberi sumbangsih positif dengan golnya bagi Indonesia di Piala Dunia U-17 tahun ini. Yuk, intip fakta Arkhan Kaka lewat ulasan berikut supaya memperoleh informasi menarik!

1. Arek asli kelahiran Blitar, Jawa Timur

Arkhan Kaka, Pemecah Rekor Indonesia dalam Sejarah Piala DuniaArkhan Kaka (instagram.com/arkhan8kaka)

Arkhan Kaka merupakan pesepak bola yang biasa bermain di posisi penyerang tengah. Pemain kelahiran 2 September 2007 (16 tahun) itu memiliki naluri agresif sebagai pemain. Kaka berkesempatan jadi goal getter jempolan Indonesia pada masa yang akan mendatang.

Kaka sendiri adalah pemain asli dari Blitar, Jawa Timur. Ia merupakan pemain lulusan dari dua akademi sekolah sepak bola (SSB) lokal di sana. Pada 2019, Kaka diketahui pernah menimba ilmu di SSB Mitra Tunas Muda Blitar dan PSBK Blitar U-13.

Baca Juga: Arkhan Kaka, Gol Perdana Piala Dunia U-17 untuk Sang Ibu

2. Pemain orbitan Persis Solo

Arkhan Kaka, Pemecah Rekor Indonesia dalam Sejarah Piala DuniaArkhan Kaka (instagram.com/arkhan8kaka)

Arkhan Kaka memiliki perjalanan karier yang lumayan panjang. Setelah bersekolah bersama dua SSB dari Blitar, ia kemudian melanjutkan kariernya bareng Bhayangkara FC U-16 pada 2021. Akan tetapi, keberadaan Kaka tak bertahan lama di sana.

Pada awal 2022, selanjutnya Kaka direkrut Persis Solo U-21. Dari situ, kariernya benar-benar meningkat sebagai pemain muda. Tak menunggu waktu lama, karier Kaka mengalami kemajuan pesat sepanjang kiprah sepak bolanya di Indonesia. Ia dipromosikan ke tim senior Persis sejak 1 Januari 2023.

Di satu sisi, Persis memang percaya jika Kaka memiliki potensi besar sebagai pesepak bola muda. Buktinya, mereka telah mengandalkan sang wonderkid selama 2 musim saat berkiprah di ajang tertinggi, Liga 1 Indonesia. Untuk statistik, Kaka sudah mengemas 3 laga dengan 52 menit tampil pada 2022/2023. Lalu mencatatkan 167 menit bermain dalam 2 laga pada 2023/2024 ini, masih bisa bertambah.

3. Jadi andalan timnas junior dari beberapa golongan usia

Arkhan Kaka, Pemecah Rekor Indonesia dalam Sejarah Piala DuniaArkhan Kaka (pssi.org)

Potensi mencolok Arkhan Kaka memang sudah tercium sedari muda. Ini didukung selepas ia menjadi andalan Timnas Indonesia junior dari berbagai golongan usia. Kaka pernah memperkuat Indonesia U-16, U-17, dan U-20. Ia mengemas catatan cukup apik bersama ketiga skuad Garuda Muda yang berbeda generasi itu.

Diketahui, Kaka membukukan statistik 2 gol dari 5 caps bersama Indonesia U-16 medio Juli—Oktober 2022. Kemudian memberi kontribusi 8 gol dari 6 caps untuk Indonesia U-17 dari Oktober tahun lalu hingga kini. Menariknya, Kaka mengalami kemajuan di level timnas sejak Februari 2023. Kariernya naik pangkat setelah dipercaya memperkuat Indonesia U-20 besutan Shin Tae Yong.

Hal tersebut jadi pencapaian terbaik dalam karier Kaka. Bagaimana tidak, pada usia baru menginjak 16 tahun, ia sudah dipercaya memperkuat timnas dengan level yang berada jauh di atasnya. Secara statistik, Kaka sendiri baru mencatatkan dua caps untuk Indonesia U-20 sejauh ini.

4. Ukir sejarah baru, Arkhan Kaka pecahkan rekor di Piala Dunia

Arkhan Kaka, Pemecah Rekor Indonesia dalam Sejarah Piala DuniaArkhan Kaka (instagram.com/timnas.indonesia)

Arkhan Kaka impresif saat membela Indonesia pada laga pertama Piala Dunia U-17 2023 Grup A. Bukan tanpa alasan, melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, ia sukses mencetak satu gol krusial bagi Garuda Muda. Berkat gol itu, Kaka dan rekan-rekannya mampu mendulang poin perdana di Piala Dunia U-17 tahun ini.

Melansir situs FIFA, catatan apik Kaka itu pun bikin namanya tercatat sebagai pemain Indonesia pertama yang mencetak gol dalam semua kategori gelaran Piala Dunia. Tak heran, itu disebabkan skuad Garuda tak pernah merasakan mentas di Piala Dunia sebelumnya. Indonesia untuk kali pertama bisa merasakannya usai terpilih menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-17 tahun ini.

Menariknya lagi, nama Kaka langsung disorot media asing selepas mencetak gol perdana bagi Indonesia di Piala Dunia U-17. Ia menjadi bahan pembahasan dari media asing Argentina, Tyc Sports. Di sana, Kaka dikatakan menjadi 'pahlawan' usai membawa Indonesia meraup poin perdana di Piala Dunia U-17 2023.

Semoga perjalanan Arkhan Kaka dan kawan-kawan bisa terus melaju hingga batas terbaik mereka di Piala Dunia U-17 2023. Dengan begitu, harapan mengharumkan nama Bangsa Indonesia bisa terjadi melalui sepak bola dalam ajang megah seperti ini.

Baca Juga: Gustavo dan Arkhan Digoda Tim Lain, Pelatih Pilih Fokus Pertandingan

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya