Profil 5 Calon Pemain Asing Arema FC, Ada Mantan Kapten Timnas Mali

Baru 2 yang sudah deal

Malang, IDN Times - Singo Edan Arema FC akhirnya mulai membeberkan siapa saja calon pemain asing mereka untuk mengarungi Liga 1 musim 2023/2023. Kelimanya adalah Gustavo Almeida, Ichaka Diarra, Yukiya Sugita, Tomas Bastos, dan Vinicius Duarte.

Arema FC tampaknya tidak perlu terlalu khawatir setelah ditinggal seluruh pemain asingnya seperti Adilson Maringa, Sergio Silva, Renshi Yamaguchi, dan Abel Camara. Pasalnya kelima pemain asing incaran Arema FC memiliki pengalaman yang lumayan bagus di tim sebelumnya.

1. Gustavo Almeida, striker moncer di Liga Super Malaysia

Profil 5 Calon Pemain Asing Arema FC, Ada Mantan Kapten Timnas MaliPemain asing baru Arema FC berposisi striker, Gustavo Almeida. (Instagram/@gustavo_70)

Gustavo Almeida dos Santos merupakan pemain 26 tahun yang sukses di Liga Super Malaysia Musim 2021/2022 bersama Negeri Sembilan FC. Gustavo sebagai pemain depan memiliki postur tubuh dengan tinggi 185Cm dan berat 80Kg.

Semusim bersama Negeri Sembilan FC, ia mencatatkan 21 pertandingan dengan 17 gol, dan satu assist berdasarkan situs Transfermarkt. Ia lalu berpindah ke tim asal Kuwait, Al-Nasr, namun tampaknya karirnya tidak berjalan baik karena belum pernah dimainkan di Liga Super Kuwait Musim 2022/2023.

Seperti layaknya striker, pemain kelahiran Sao Paulo ini memiliki kekuatan pada finishing yang tenang untuk mencetak gol. Memiliki kemampuan penempatan posisi yang tepat dan kuat dalam duel bola udara. Selain itu, ia juga memiliki shooting yang keras dengan kaki kanannya. Meskipun agak kurang dalam kemampuan dribling bola.

Gustavo Almeida disebut sudah deal dengan Arema FC, kemungkinan akan mendarat di Malang pada Rabu (17/05/2023) atau Kamis (18/05/2023). Ia diplot menggantikan Abel Camara yang gagal menjadi ujung tombak Singo Edan.

Baca Juga: Arema FC Bocorkan Deretan Pemain Asing Baru

2. Ichaka Diarra, Mantan Kapten Timnas Mali yang malang melintang di Timur Tengah

Profil 5 Calon Pemain Asing Arema FC, Ada Mantan Kapten Timnas MaliPemain asing baru Arema FC berposisi Center Back, Ichaka Diarra. (Instagram/@diarraichaka222)

Nama kedua yang akan memperkuat Arema FC adalah Ichaka Diarra, pemain berusia 28 tahun. Mantan Kapten Tim Nasional (Timnas) Mali ini memiliki tinggi badan 192Cm dan merupakan pemain dengan kaki kidal. Memiliki statistik 19 permainan dan 1 gol bersama Al-Ansar di Liga Super Lebanon Musim 2022/2023.

Dilansir dari Transfermarkt, ia sudah malang melintang di tim-tim Timur Tengah seperti Sahab SC, Al-Arabi SC, Al-Thoqbah, sampai ASC Jaaraf. Ia juga sudah memperkuat Timnas Mali sejak usia di bawah 20 tahun, dan saat ini masih menjadi pilihan dalam skuat Les Aigles (julukan Timnas Mali).

Permainan Ichaka Diarra sekilas mengingatkan Aremania dengan bek legendaris Arema, Pierre Njanka, saat menjuarai Indonesian Super League 2009/2010. Tubuhnya yang tinggi besar sangat kokoh berdiri di pertahanan, sliding tackle yang dimilikinya juga akurat. Tak hanya bertahan ia juga sering membantu serangan dengan karena juga kuat di duel udara. Namun, ia memiliki kekurangan dalam hal speed atau kecepatan.

Sama seperti, Gustavo Almeida, Ichaka disebut sudah deal dengan Arema FC, kemungkinan akan mendarat di Malang pada Rabu (17/05/2023) atau Kamis (18/05/2023). Ia diplot menggantikan Sergio Silva yang memutuskan pulang kampung ke Portugal.

3. Yukiya Sugita, Samurai lincah di Liga Iran

Profil 5 Calon Pemain Asing Arema FC, Ada Mantan Kapten Timnas MaliPemain asing incaran Arema FC, Yukiya Sugita. (Instagram/@yukiya_sugita)

Yukiya Sugita jadi nama yang santer disebut akan memperkuat Arema FC, pemain berkebangsaan Jepang ini kini berusia 30 tahun. Memiliki tinggi 164Cm, ia berposisi sebagai winger di sebelah kiri.

Dilansir dari Transfermarkt, klub terakhir yang ia perkuat adalah Fooland FC yang bermain di Liga Iran Musim 2022/2023. Namun, ia hanya bermain sekali dan hanya mencatatkan 16 menit penampilan sepanjang musim. Penampilan terbaiknya pada 2020 bersama tim Swedia IK Sirius FK yang berlaga di Liga Allsvenskan, ia saat itu mencatatkan 28 penampilan dan 7 gol.

Ia bermain bersama IK Sirius FK selama 3 tahun dari 2020 sampai 2022, bermain sebanyak 49 kali dan mencetak 8 gol dan 6 assist. Sebelum kemudian pindah ke Fooland FC di tahun 2022.

Meskipun memiliki postur yang tidak tinggi, Yukiya memiliki kelebihan dalam mengolah bola dan kecepatan yang khas dimiliki pemain berpostur pendek. Menggunakan kaki kanan atau kaki kiri sama baiknya, Yukiya juga seringkali menusuk dari sisi sayap dan melepaskan tendangan tajam ke gawang lawan. Sayangnya, pemain seperti Yukiya agak kurang dalam membagikan bola.

Arema FC tampaknya masih sulit untuk merekrut pemain asal Jepang ini, karena sang agen pemain belum yakin dengan Singo Edan. Padahal pemain ini kini belum memiliki klub karena kontraknya bersama Fooland FC akan berakhir pada Juni 2023 dan tampaknya tidak akan diperpanjang klub asal Iran tersebut.

4. Tomas Bastos, Playmaker yang diidamkan Putu Gede untuk Arema FC

Profil 5 Calon Pemain Asing Arema FC, Ada Mantan Kapten Timnas MaliPemain asing incaran Arema FC, Tomas Bastos. (Instagram/@tonas_basto)

Tomas Almino Bastos Silva, pemain 31 tahun asal Tocantins, Brazil. Memiliki tinggi 178Cm dan berat badan 70Kg. Ia berposisi sebagai gelandang serang, dan seringkali berperan sebagai Playmaker atau jenderal lapangan tengah.

Dilansir dari Transfermarkt, ia malang melintang di tim-tim kasta bawah Brazil seperti Centro Sportivo Alagoano di Liga C Brazil. Di tim ini ia hanya mencatatkan 3 permainan dan 1 gol. 

Penampilan terbaiknya pada Serie C Brazil 2021/2022 bersama Operário Ferroviário Esporte Clube dengan 26 permainan dan 2 gol. Selama 3 tahun ia memperkuat tim ini dari 2020 sampai 2022.

Tomas Bastos adalah gelandang flamboyan seperti playmaker Arema era Esteban Guillen dan Gustavo Lopes. Ia memiliki skill individu layaknya pemain samba dan kemampuan membagi bola di atas rata-rata, ia juga memiliki tendangan yang akurat sebagai eksekutor tendangan bebas. Sayangnya, tidak jarang ia terlalu lama mendelay bola sehingga mudah direbus lawan.

Arema FC berpeluang besar merekrut Bastos karena Centro Sportivo Alagoano tampaknya tak ingin mempertahankan sang pemain. Selain itu, Arema FC saat ini adalah satu-satunya yang berminat pada pemain berkaki kidal ini.

5. Vinicius Duarte, Ngebet gabung Arema FC

Profil 5 Calon Pemain Asing Arema FC, Ada Mantan Kapten Timnas MaliPemain asing incaran Arema FC, Vico Duarte. (Instagram/@vicoduarte11)

Vinicius Duarte alias Vico, pemain 26 tahun asal Brazil ini memiliki postur tinggi 174Cm. Ia kerap dipasang sebagai winger kanan di tim sebelumnya yaitu Mirassol SP yang bermain di Serie B Brazil.

Dilansir dari situs Transfermarkt, ia hanya memainkan 1 pertandingan di Serie B Brazil bersama Mirassol SP. Selain itu, sepanjang karir profesionalnya ia hanya memperkuat 7 tim saja yaitu Gremio, Ponte Preta, EC Vitoria, Clube de Regatas, Dhofar Club, dan Atlético Clube Goianiense, dan Mirassol SP.

Vico memiliki atribut menonjol dalam eksekusi bola mati, ia juga cukup baik dalam memberikan passing. Selain sebagai wingger dengan kaki kidal, ia juga memiliki kemampuan sebagai striker saat dibutuhkan. Sayangnya, ia haris beradaptasi ektra pada sepakbola Indonesia yang keras, ia memiliki kekurangan dalam kekuatan otot.

Melihat kesuksesan senior-seniornya di Liga Indonesia, alasan itulah yang tampaknya membuat pemain muda ini ngeber bergabung dengan Arema FC. Sayangnya, langkah Singo Edan untuk merekrut sang pemain agak terganjal dengan langkah Mirassol yang ingin memperpanjang kontrak sang pemain.

 

Itulah 5 calon pemain asing Arema FC untuk mengarungi Liga 1 Musim 2023/2024. Arema FC juga telah bersikap menambah 1 pemain asing lagi seandainya PSSI membuat regulasi 6 pemain asing. Patut ditunggu siapa saja pemain asing yang akan memperkuat Singo Edan.

Baca Juga: Arema FC Resmi Perkenalkan 6 Amunisi Lokal Baru, Siapa Saja?

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya