Jelang Derby Jatim, Gethuk Menilai Situasi Arema dan Persik Sama

Kedua tim sama-sama belum merasakan kemenangan

Malang, IDN Times - Arema FC akan bertandang ke markas Persik Kediri di Stadion Brawijaya Kediri dalam lanjutan Liga 1 Musim 2023/2024 yang akan digelar pada Sabtu (15/07/2023) pukul 15.00 WIB. Kedua tim sama-sama mengincar poin penuh karena dalam dua laga terakhir keduanya belum mendapatkan kemenangan.

"Persiapan kami secara umum lancar, kami ucapkan terima kasih karena disambut baik saat datang ke sini. Kemarin kami sempat berlatih di Kediri, dan semua baik-baik dan semuanya bagus. Saya harap pertandingan hari ini berkualitas dan bagus. Tantu kami ingin hasil yang terbaik," terang Pelatih Arema FC, Joko 'Gethuk' Susilo saat dikonfirmasi pada Sabtu pagi.

1. Gethuk menilai kekuatan dan kondisi kedua tim Arema FC dan Persik sama

Jelang Derby Jatim, Gethuk Menilai Situasi Arema dan Persik SamaPemain Arema FC, Mikael Tata, saat melakukan latihan. (Dok Media Officer Arema FC)

Gethuk menilai jika situasi Persik Kediri musim ini sudah sangat jauh berbeda dibandingkan saat dirinya masih menangani tim ini pada 2020. Menurutnya Persik sudah berubah baik secara teknis dan non teknis. Bahkan pada musim lalu Persik Kediri tampil luar biasa agar terhindar dari posisi buncit.

Ia justru menyamakan kondisi Persik saat ini dengan Arema FC, baik dari segi poin dan situasi tim saat ini. Baik Singo Edan ataupun Macan Putih sama-sama ditahan imbang di kandang dan mengalami kekalahan pada laga away, sehingga memiliki situasi dan motivasi yang sama. 

"Jadi saya pikir dari kekuatan juga sama, kita dan Persik memiliki beberapa pemain baru. Menarik untuk pertandingan hari ini, hanya tim yang lebih siap secara mental dan teknis yang bisa memenangkan pertandingan," bebernya.

Baca Juga: Move On dari Kekalahan, Persik Kediri Siap Lawan Arema FC

2. Persik Kediri akan sulit ditaklukkan di kandangnya sendiri

Jelang Derby Jatim, Gethuk Menilai Situasi Arema dan Persik SamaPemain Arema FC saat melakukan latihan. (Dok Media Officer Arema FC)

Gethuk juga menilai jika Arema FC akan disulitkan oleh Persik Kediri sore hari nanti. Ia mengatakan kalau Persik Kediri selalu memiliki motivasi lebih kala bermain di hadapan publiknya sendiri.

"Motivasi Persik sangat baik saat bermain di kandang. Kita susah melihat pertandingan-pertandingan Persik, secara pressing mereka bagus, kemudian pemain asing mereka berkualitas," ucapnya.

Ia juga menambahkan kalau suporter tuan rumah, Persikmania, akan memberikan tekanan pada tim tamu. Namun, ia yakin kalau suporter tuan rumah akan fair. Karena ia percaya situasi di Kediri sata ini berbeda dibandingkan dulu.

"Saya kira sepakbola sekarang sudah berbeda, kemudian para suporter sudah jauh berbeda. Di seluruh Indonesia saya kira sekarang jauh kebih sportif. Saya pikir tidak masalah," tegasnya.

3. Arema FC membawa skuad penuh, 23 pemain diboyong ke Kediri

Jelang Derby Jatim, Gethuk Menilai Situasi Arema dan Persik SamaPemain Arema FC, Gustavo Almeida, saat melakukan latihan. (Dok Media Officer Arema FC)

Arema FC siap menurunkan seluruh pemain utamanya nanti sore. Ia mengatakan kalau sebanyak 23 pemain telah diboyong ke Kediri. Ia juga memastikan kalau seluruh pemain asing juga siap tampil.

"Kita mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan pertandingan sebelumnya untuk pertandingan di Kediri. Jadi semoga kami bisa mendapat hasil maksimal," tuturnya.

Sementara itu, bek kanan Arema FC, Hamdi Sula mengatakan kalau ia mengatakan sudah siap secara mental untuk menghadapi Persik Kediri. Ia juga berharap bisa mendapat poin penuh saat bertandang ke markas Persik Kediri. ia juga mengatakan akan mewaspadai seluruh pemain Persik Kediri.

"Saya baru bergabung dengan Arema FC tahun ini, jadi saya belum mengenal seluruh pemain Persik Kediri. Tapi yang pasti semua lini akan kami waspadai," pungkasnya.

Baca Juga: Gaet Jefesson Vieira, Kuota Pemain Asing Persik Lengkap!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya