Fernando Valente Sebut Persib Bandung Cobaan Terberat Arema FC

Fernando prediksi Persib Bandung akan juara Liga 1

Malang, IDN Times - Arema FC akan menjalani pekan ke-19 Liga 1 Musim 2023/2024 menghadapi Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Rabu (8/11/2023). Kedua tim sama-sama mengusung misi penting untuk mengamankan 3 poin. Persib Bandung yang tengah berlomba mendapatkan juara Liga 1, sementara Arema FC yang harus berjuang lepas dari zona degradasi.

Ini bukan pertandingan yang mudah bagi Arema FC. Tapi Pelatih Arema FC, Fernando Valente optimis timnya bisa mengamankan 3 poin di kandang Maung Bandung.

1. Persib Bandung adalah cobaan terberat Fernando Valente selama melatih Arema FC

Fernando Valente Sebut Persib Bandung Cobaan Terberat Arema FCDendi Santoso saat one by one dengan pemain Persib. (Dok. Media Officer Arema FC)

Fernando menyampaikan jika ia sudah melewati banyak pertandingan selama melatih Arema FC sejauh ini. Namun, menurutnya Persib Bandung adalah ujian terberatnya sebagai pelatih tim Singo Edan. Oleh karena itu, pertandingan sore nanti akan jadi tolak ukur seberapa level permainan Singo Edan saat ini. Anak-anak asuhnya juga telah berlatih sangat keras untuk pertandingan ini.

"Saya tahu lawan kami sangat kuat, saya berpikir mereka akan menjadi juara pada akhir musim. Tapi ini memberikan kesempatan pada pemain-pemain muda kita untuk melawan pemain-pemain yang penuh pengalaman seperti ini," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (8/11/2023).

Fernando mengatakan jika pertandingan sore nanti kedua tim memiliki motivasi yang berbeda, tapi sama-sama memiliki target 3 poin. Persib Bandung yang harus menjaga asa juara, sementara Arema FC yang harus segera lepas dari jurang degradasi. Bagi Arema FC, mereka bisa segera lepas dari zona degradasi jika berhasil mengalahkan Maung Bandung.

"Tapi dengan kita bermain dan mengambil semua kesempatan, mungkin kita bisa mengejutkan Persib Bandung. Tapi yang paling penting adalah sampai akhir pertandingan kita bisa bertarung untuk merebut 3 poin. Dan membuat suporter kita bangga," ujarnya.

Pelatihan 64 tahun ini mengatakan jika para pemainnya siap tampil semuanya. Ia mengatakan jika kemungkinan para pemain yang tampil saat menghadapi Persib Bandung tidak akan jauh berbeda dibandingkan saat mereka melawan Dewa United. Arema FC mencoba lebih konsisten, sehingga tidak banyak perubahan pada line up pemain.

"Semua pemain siap, mungkin ini lucu karena saya memiliki pemain yang sama selama 3 pertandingan. Mungkin hanya ada 1 pemain cedera, tapi semua pemain siap," ungkapnya.

Baca Juga: Arema FC vs Persib, Adu Ketajaman Dua Striker Garang

2. Fernando Valente melihat tim-tim Liga 1 Musim ini menjadi lebih kuat

Fernando Valente Sebut Persib Bandung Cobaan Terberat Arema FCFernando Valente saat memimpin latihan Arema FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Dalam kesempatan tersebut, pelatih asal Portugal ini juga menyinggung alasan Arema FC terpuruk di zona degradasi. Menurutnya, tim-tim Liga 1 menjadi lebih kuat dibanding musim sebelumnya. Sementara Arema FC tidak cepat beradaptasi untuk membangun skuad kompetitif di awal musim, sehingga mereka tertinggi dibandingkan tim-tim lain Liga 1.

"Ketika kita merencanakan sesuatu untuk liga, kita harus paham bagaimana menghadapi lawan. Pada saat saya datang, saya sudah mencoba yang terbaik, dan saya rasa ini berkembang meskipun pelan. Itu akan kita lakukan sampai akhir dan menuntut banyak dari kita untuk bertarung sampai akhir," ucapnya.

Pada putaran kedua ini, prioritas Arema FC adalah mengusahakan berbagai cara untuk keluar dari zona degradasi. Menurutnya ini tidak mudah, tapi mereka akan berjuang sekuat tenaga untuk mencapai target ini pada putaran kedua.

3. Fernando Valente jadi tambah bersemangat dengan kedatangan suporter lawan

Fernando Valente Sebut Persib Bandung Cobaan Terberat Arema FCAksi bobotoh Persib di Stadion Si Jalak Harupat. (IDN Times/Galih Persiana)

Arema FC dipastikan akan disambut ribuan suporter lawan, Bobotoh dan Viking, pada pertandingan sore nanti. Namun bagi Fernando ini adalah sebuah pesta jika ia bisa bermain di stadion besar dengan ribuan suporter. Jadi ia ingin pemain-pemain Singo Edan menunjukkan keberanian dan menjadi bagian dari pesta ini.

"Saya adalah pelatih yang sangat suka dengan suporter sepak bola, kita bekerja untuk suporter. Yang membuat saya datang ke Indonesia adalah saat saya melihat anak saya (Ze Valente) bermain dan melihat para suporter itu," bebernya.

Ia tahu jika Arema FC juga memiliki suporter yang militan, tapi memang tidak memungkinkan bagi Aremania datang ke Bandung. Jadi ia ingin kedatangan suporter lawan nanti bisa menjadi motivasi bagi anak asuhannya. Sehingga bisa mencuri poin dari kandang Persib Bandung.

"Saya selalu tidak ingin mengecewakan supporter. Sehingga kami tidak boleh kalah 2 kali baik dari hasil pertandingan maupun performa permainan. Jadi saya harapkan kita membuat performa yang bagus, dan kita mendapatkan poin di sini," ujarnya.

4. Achmad Maulana Syarif tidak gentar meskipun akan diteror di kampung halamannya sendiri

Fernando Valente Sebut Persib Bandung Cobaan Terberat Arema FCPemain Arema FC, Achmad Maulana Syarif saat konferensi pers. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pertandingan ini merupakan laga yang spesial bagi Achmad Maulana Syarif, pasalnya ia akan bermain di kampung halamannya sendiri. Tentu saja ia tidak akan disambung baik oleh Bobotoh atau Viking, tapi ia sudah siap dengan resiko itu. Ia ingin menunjukkan kapasitasnya sebagai pemain muda, meskipun di tengah teror suporter lawan.

"Saya sih biasa saja (bermain di Bandung), yang terpenting kita fokus pada permainan tim kita sendiri. Ngapain dengerin omongan atau teriakan mereka, walaupun aku ngerti tapi aku fokus ke strategi tim saja," tuturnya.

Maulana mengatakan jika ia sudah biasa bermain menghadapi Persib Bandung dengan tekanan suporter lawan, pasalnya sebelumnya ia bermain untuk Persija Jakarta. Jadi mentalnya sudah terasah mengahadapi tekanan Bobotoh dan Viking.

Selain itu, ia mengatakan jika seluruh tim Arema FC sudah siap menghadapi Persib Bandung. Mereka telah berlatih mati-matian untuk mempersiapkan pertandingan ini. Mereka siap bermain dengan mengikuti instruksi pelatih.

"Ini kesempatan untik semua pemain menunjukkan kualitasnya. Intinya kita sudah siap dengan persiapan dari coach untuk menghadapi Persib Bandung. Semoga lancar untuk pertandingan nanti sehingga mendapatkan poin penuh," pungkasnya.

Baca Juga: Persib Waspadai Tekad Arema Menjauh dari Zona Degradasi

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya