Arema FC Optimis Tumbangkan Laskar Padjajaran

Arema FC belum pernah kalah dari Persikabo 1973

Malang, IDN Times - Arema FC segera menjamu Persikabo 1973 pada lanjutan pekan ke-10 Liga 1 Musim 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali pada Senin (28/8/2023) sore. Arema FC dituntut mempersembahkan kemenangan perdana pada musim ini. Apalagi kini mereka telah ditangani oleh pelatih baru asal Portugal, Fernando Valente.

Baik Arema FC maupun Persikabo sama-sama dalam kondisi tidak baik, keduanya terdampar di zona degradasi. Arema FC berada di dasar klasemen dengan perolehan 3 poin dari 9 pertandingan, sementara Persikabo 1973 berada di peringkat 16 dengan koleksi 8 poin dari 9 pertandingan.

1. Arema FC optimis bisa persembahkan kemenangan perdana

Arema FC Optimis Tumbangkan Laskar PadjajaranPemain Arema FC saat berduel dengan pemain Persikabo 1973 di Stadion PTIK. (Dok Media Officer Arema FC)

Arema FC memiliki track record bagus setiap bertemu Persikabo 1973. Dari 5 pertandingan terakhir, Singo Edan mengalahkan Laskar Padjajaran sebanyak 4 kali dan sekali imbang. Bahkan pada Liga 1 Musim 2022/2023, mereka berhasil membabat Persikabo di kandang maupun tandang.

"Kalau tahun kemarin kita dua kali menang, tapi kita juga pernah kalah di kandang lawan Persikabo. Rekor keseluruhan saya belum hafal, tapi tahun kemarin kita dua kali menang," terang Assisten Pelatih Arema FC, Kuncoro saat konferensi pers pre-match Arema FC Vs Persikabo 1973.

Meskipun demikian, mereka tidak ingin meremehkan tim yang kini telah dilatih Aji Santoso ini. Selain itu, ia merasa seluruh pemain Persikabo juga wajib diwaspadai. Pasalnya ia mengenal permainan Aji Santoso yang memiliki ciri khusus yaitu mengedepankan kolektifitas.

"Kita tahu coach Aji ini terkenal memiliki kualitas modularnya besar, tapi tentu untuk melakukan perombakan besar (Persikabo) perlu waktu. Saya tidak khawatir, insyaallah besok akan maksimal," tegasnya.

Baca Juga: Sejumlah Fakta Fernando Valente Pelatih Arema FC

2. Arema FC persiapkan plan cadangan jika Gustavo Almeida dijaga ketat

Arema FC Optimis Tumbangkan Laskar PadjajaranPemain Arema FC, Gustavo Almeida, saat melakukan latihan. (Dok Media Officer Arema FC)

Cara bermain Arema FC yang terlalu mengandalkan Gustavo Almeida sebagai ujung tombak nyatanya sangat mudah dibaca oleh tim lawan. Mereka cukup melakukan marking ketat pada striker asal Brazil ini maka keran gol Singo Edan akan mecet. Ini terbukti saat mereka tidak mampu mencetak gol ketika tumbang melawan Barito Putera, PSIS Semarang, dan Rans Nusantara.

"Gustavo sendiri memang stiker berbahaya, tapi kalau dikawal dua orang juga kesulitan. Jadi kita cari tactical game yang memudahkan untuk membuat gol. Contohnya ketika lawan Persija kita tambah stiker supaya perhatian tidak pada Gustavo saja," jelasnya.

Kuncoro mengatakan timnya akan kembali menggunakan strategi yang berbeda pada pertandingan sore nanti. Gustavo Almeida tidak akan berkerja sendirian, ia akan disokong oleh para pemain lain agar bisa lebih bebas membuka ruang di pertahanan lawan.

Baca Juga: Arema FC Lawan Persikabo di Pekan 10, Debut Pelatih Baru

3. Pemain Arema FC telah termotivasi setelah berhasil mencuri poin di kandang Persija Jakarta

Arema FC Optimis Tumbangkan Laskar PadjajaranGelandang Arema FC, Jayus Hariono saat dibayangi pemain Persija. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pada pekan sebelumnya, Arema FC berhasil menahan imbang Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Hasil ini ternyata membuat motivasi para pemain yang sempat anjlok kini mulai meningkat lagi. Ditambah kedatangan pelatih baru, Fernando Valente, membuat para pemain kian optimis menyongsong awal yang baru.

"Alhamdulillah lawan Persija bisa cetak dua gol, itu juga bagian dari taktikal kita. Sementara lawan Persikabo kita main di kandang, dan harapan kami agar pemain tampil fight seperti ketika main lawan Persija, sehingga kita bisa ambil poin penuh," paparnya.

Kepercayaan diri juga disampaikan oleh bek Arema FC, Syaeful Anwar, ia optimis bisa meraih hasil positif pada laga kali ini. Apalagi ia dan para pemain telah mendapatkan suntikan motivasi dari pelatih Singo Edan. Ia berjanji akan mempersembahkan 3 poin perdana Arema FC.

"Mungkin dari pemain ada ketidakpercayaan diri karena kita tidak bermain di Malang, takut hasilnya kurang maksimal. Tapi seteleh itu kita bangkit, insyaallah," pungkasnya.

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya