Arema FC Incar Pemain Asia Tenggara yang Naturalisasi

Arema FC ngebet pemain naturalisasi Asia Tenggara

Malang, IDN Times - Manajemen Arema FC akhirnya mengkonfirmasi jika mereka akan memaksimalkan jatah 6 pemain asing. Salah satunya dengan merekrut 1 pemain asal Asia Tenggara. Pasalnya regulasi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru memperbolehkan tim Liga 1 merekrut 5 pemain asing berkewarganegaraan bebas dan 1 pemain wajib dari Asia Tenggara.

Arema FC sendiri telah memastikan merekrut 5 pemain asal Amerika Latin, Afrika, dan Australia. Mereka adalah Charles Lokolingoy dari Australia, Ichaka Diarra dari Mali, Gustavo Almeida dari Brazil, Ariel Lucero dari Argentina, dan Charles Raphael dari Brazil.

1. Arema FC mengincar pemain Asia Tenggara berstatus naturalisasi

Arema FC Incar Pemain Asia Tenggara yang NaturalisasiManajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas. (Instagram/wiebie_andriyas76)

Arema FC menegaskan tidak akan setengah-setengah dalam merekrut pemain asal Asia Tenggara. Mereka membutuhkan pemain asing yang benar-benar berkualitas untuk mendongkrak performa tim. Oleh karena itu, mereka akan mengincar pemain Asia Tenggara yang status kewarganegaraannya hasil naturalisasi.

"Kami mungkin akan mengambil pemain Asia Tenggara. Tapi kami ambilnya adalah yang naturalisasi di negara tersebut. Karena petimbangan kami adalah kebutuhan tim," terang Manajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Abdriyas saat dikonfirmasi pada Minggu (25/06/2023).

Arema FC tampaknya ingin meniru langkah yang diambil oleh Madura United. Laskar Sape Kerap baru-baru ini telah merekrut Jacob William Mahler, pemain 23 tahun kelahiran Denmark yang dinaturalisasi Singapura. Dengan begini tim-tim Liga 1 tetap bisa mendapatkan pemain asal Eropa, Amerika, hingga Afrika dalam tim mereka.

Baca Juga: Fardan Harahap dan Joko Susilo dari Arema Balik ke PSMS

2. Arema FC mendapat tawaran pemain dari 3 negara di Asia Tenggara

Arema FC Incar Pemain Asia Tenggara yang NaturalisasiDuo Singapura yang pernah dimiliki Arema, Muhammad Ridhuan dan Noh Alam Shah. (Instagram/@supersix.10)

Wiebie menjelaskan jika Arema FC saat ini telah mendapat penawaran berbagai pemain berkewarganegaraan Asia Tenggara. Mereka juga telah mengantongi nama-nama yang menarik minat staff pelatih Singo Edan. Namun, Wiebie belum mau membocorkan nama-nama tersebut.

"Yang pasti kita dapat tawaran pemain dari Singapura, Brunei (Darusallam), dan Malaysia. Tapi kita diskusikan dulu dengan pelatih akan memilih merekrut yang mana," bebernya.

Bos NZR Group ini juga belum membocorkan posisi dari pemain Asia Tenggara tersebut, pasalnya pihaknya masih melihat kebutuhan tim setelah beberapa rangkaian laga uji coba. Tapi ia memastikan jika posisi yang akan diisi bukanlah penjaga gawang. Pasalnya Arema FC ingin memaksimalkan penjaga gawang lokal untuk tim.

3. Wiebie yakin Liga 1 makin kompetitif dengan kehadiran pemain Asia Tenggara

Arema FC Incar Pemain Asia Tenggara yang NaturalisasiLogo PT Liga Indonesia Baru. (Dok. Liga Indonesia Baru)

Regulasi 6 pemain asing di Liga 1 menuai banyak kritik dari pengamat sepakbola hingga legenda sepakbola Indonesia. Mereka khawatir hal tersebut akan membuat jatah pemain lokal kian kecil sehingga berpengaruh pada regenerasi pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Namun, Wiebie justru melihat ini sebagai peluang agar Liga 1 makin kompetitif.

"Kehadiran pemain asal Asia Tenggara tentunya akan membuat Liga 1 makin kompetitif. Karena pemain yang datang pasti bagus-bagus juga," tandasnya.

Arema FC sendiri juga mengincar pemain Asia Tenggara dengan kualitas grade A. Oleh karena itu, proses negosiasi berjalan lambat karena mereka tidak merekrut pemain biasa-biasa saja. Ia berharap Aremania sabar menunggu pengumuman pemain, ia memastikan tidak akan mengecewakan pendukung Singo Edan.

Baca Juga: Putu Gede Belum Miliki Lisensi AFC Pro, Arema FC Disemprot PT LIB

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya